idblognet barcode

Cara Membuat QR Code Dengan Mudah

Buat Barcode Sendiri, Pada zaman sekarang ini pasti anda sudah tidak merasa asing lagi mendengar kata QR Code. QR Code adalah sebuah kode yang berbentuk matrix ataupun barcode 2 dimensi. QR Code pertama kali di perkenalkan di jepang pada tahun 1994 dijepang.

Sesuai julukannya QR ( Quick Reponse ) maka QR ini berfungsi untuk menyimpan URL, nomor telepon, teks, konten majalah, iklan, kartu nama, majalah dan lain sebagainya. Sebagai contoh penggunaan QR Code adalah Pin BBM, Anda tidak perlu memasukan satu persatu digit pin untuk invite teman hanya dengan scan code nya maka bereslah urusannya.

Baca Juga : Tips Bagaimana Menjadi Blogger Sukses

Menarik bukan jika memiliki QR Code sendiri untuk website atau blog pribadi. Apa keuntungannya? keuntungannya kita memberikan data website atau blog kita kepada orang tersebut. Data yang saya maksud seperti Link website, alamat, email, dan lain sebagainya.

Contoh anda memasang QR Code blog anda pada blog lain dan jika anda pengunjung yang scan barcode anda maka jreeeeen alamat blog anda sudah terlihat dengan berbagai data data lainnya. Walaupun terlihat sedikit kurang efektif tapi apa salahnya dicoba buat barcode sendiri.

Cara Buat Barcode Sendiri Untuk Blog

A. Langkah Pertama

Silahkan sobat pilih beberapa tools generator berikut untuk membuat QR Code secara gratis

  1. https://www.the-qrcode-generator.com/
  2. http://goqr.me/
  3. http://www.qr-code-generator.com/

Baca Juga : Jenis Konten Yang Banyak Dicari Orang

B. Langkah Kedua

Sebagai contoh saya menggunakan tools yang kedua, Silahkan masukkan data yang anda ingin buatkan Kode Batang, disitu ada berbagai macam pilihan seperti kartu nama, url, kode wifi, email,lokasi dan lain sebagainya.

Keterangan :

  1. Type, Berbagai macam pilihan untuk anda buat qr code, disini kita menggunakan url
  2. Masukan URL Blog anda pada kolom yang tersedia
  3. Centang pada kolom kecil dibawah alamat url ( seperti digambar)
  4.  Kode Batang sudah jadi dan bisa di download langsung
  5. Kode Batang dapat anda embed dan langsung memasukkannya pada blog anda

C. Langkah Ketiga

Karena kita ingin memasukkan kode kedalam halaman blog maka silahkan anda pilih Embed. Setelah itu anda dapat merubah Foreground, Background, Dan Size dari QR Code anda. Jika sudah selesai maka silahkan anda ambil kode HTML nya dan letakkan di widget blog atau halaman tertentu sesuai kebutuhan anda. Berikut hasil barcode saya, coba anda scan.

buat barcode sendiri

Untuk Scan QR Code anda bisa mengunduh QR Code Scan Reader di Playstore atau Toko App lainnya yang anda gunakan

Nah sekarang anda sudah sukses dalam buat barcode sendiri.

Bagaimana sangat gampang sekali bukan, hanya butuh beberapa menit saja kode anda sudah rampung dan dapat segera digunakan. Coba sobat scan kode batang saya di gambar palign atas dan lihat apa hasilnya. Itulah sedikit pengetahuan yang bisa saya berikan semoga dapat bermanfaat, terima kasih.