cara memulai bisnis online paling laris

Tips Belajar Cara Memulai Bisnis Online Paling Laris

Cara Memulai Bisnis Online Paling Laris – Halo Indonesian Blogger, Pada kali ini saya akan berbagi sedikit ilmu bisnis. Tepatnya adalah belajar dan bagaimana cara memulai bisnis online paling laris dengan omset jutaan. Artikel yang saya bagikan ini sangat cocok untuk anda yang baru ingin memulai bisnis online.

cara memulai bisnis online paling laris

Disini saya berikan poin poin dasar dalam cara memulai bisnis online paling laris. Tapi didalam poin tersebut, saya sampaikan beberapa rahasia sukses bagaimana berjualan di internet. Cara cara ini adalah himpunan pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan dari webinar yang saya ikuti, berikut ini adalah poin yang akan kita bahas :

  1. Produk
  2. Target Market
  3. Leads
  4. Konversi
  5. Promosi

Panduan Lengkap Cara Memulai Bisnis Online Paling Laris

1. Produk

Jika anda adalah seorang yang berjualan secara konvensional ( Offline ), maka tidak ada salahnya untuk online kan produk anda. Kenapa harus di online kan produk anda ? karena saat ini adalah peralihan era konvensional menjadi era digital, Dimana orang lebih cenderung suka berbelanja dari gadget mereka dibandingkan harus datang langsung ke toko.

Tapi saya gaptek? So what? anda gaptek karena anda tidak mau mempelajari perkembangan zaman. Saat ini anda bisa memasarkan produk tanpa harus memiliki toko online sendiri, karena saat ini sudah sangat banyak sekali market place yang ada di Indonesia contohnya lazada, tokopedia, bukalapak dan lain lain.

Apakah Saya Dapat Berjualan Di Internet Tanpa Produk ?

Tentu saja bisa, Saat ini sangat banyak sekali cara untuk menghasilkan income dari internet. Contohnya saja menjadi Dropshiper, Affiliate, dan lain lain. Untuk dropshiper akan saya bahas pad lain kesempatan atau artikel selanjutnya ” Cara Menjadi Dropshiper Dengan Omset Puluhan Juta”.

Baca : 7 Kunci Rahasia Sukses Mendapatkan Uang Dari Bisnis Online

2. Target Market

Setelah anda menentukan produk apa yang akan anda jual di internet, Selanjutnya adalah apakah produk yang sudah anda miliki ini memiliki target pasar yang sudah benar ? Karena ini sangat berpengaruh terhadap hasilnya nanti. Jika anda memiliki produk namun salah dalam menentukan target, itu artinya anda akan sangat minim penjualan.

Contohnya anda menjual produk kecantikan, tapi anda tidak menentukan target pasar yang benar. Anda menawarkan kosmetik tersebut kepada teman teman facebook anda yang rata rata adalah laki laki, Apa yang terjadi ? Pasti penjualan produk anda tidak akan maksimal.

Walaupun ada yang membeli, Pasti tidak banyak. Karena produk yang anda tawarkan memang tidak dibutuhkan oleh mereka. Jadi tentukanlah target pasar untuk produk yang anda tawarkan.

3. Leads / Calon Pelanggan

Leads dapat di artikan sebagai banyaknya jumlah orang yang melihat produk yang anda tawarkan. Sedangkan calon pelanggan adalah orang yang sekedar bertanya kepada anda baik itu melalui chat, menelpon anda, langsung pergi ke toko dan lain lain. Ya Leads Dan Calon pelanggan sebenarnya memiliki makna yang sama saja.

Adapun kunci sukses cara memulai bisnis online paling laris di internet adalah semakin banyak yang melihat produk anda, Maka semakin besar pula potensi anda untuk mendatangkan calon pelanggan. Inti dari semua adalah bagaimana cara anda untuk mendatangkan semut ke tempat anda.

4. Nilai Konversi

Konversi adalah berapa banyak persentase leads yang anda miliki untuk menjadi pelanggan anda. Secara sederhana nilai konversi dapat kita hitung dengan cara berikut ini

Jumlah transaksi : Leads/CP x 100% = HASIL

Contohnya saya menjual jam tangan di tokopedia, setelah saya posting, ada sekitar 500 ( leads ) orang yang melihat produk tersebut. Dari 500 orang yang melihat produk saya, ada sekitar 200 orang yang membeli. Jadi berapa nilai konversinya ?

200 : 500 x 100% = 40%

Jadi dari 500 calon pelanggan yang lihat produk saya, sekitar 40% yang menjadi pembeli kita. Artinya target market kita sudah tepat. Tapi Inti dari berjualan adalah menjual dan mendapatkan pembeli, so jangan terlalu pusing dengan hal ini.

5. Promosi

Setelah semua tahap telah dilaksanakan dan dilewati, langkah terakhir untuk tinggkatkan omset adalah dengan cara promosi. Promosi adalah poin penting dalam menentukan target, datangkan calon pelanggan, dan meningkatkan omset ataupun nilai konversi penjualan produk anda.

Baca : Rahasia Cara Sukses Promosi Di Facebook Yang Efektif

Anda bisa memulai beriklan pada facebook ads, endorse atau free sosial media share. Saya sangat menyarankan tiga cara promosi ini saja, karena hasil dan cara kerjanya sangat cocok untuk yang baru memulai bisnis online. Namun ada 2 kemungkinan dalam beriklan yaitu gagal atau berhasil. Berikut pembahasan seputar ketiga jenis periklanan :

1. Facebook Ads

untuk yang belum pernah beriklan di facebook, saya sarankan untuk menggunakan Page Post Engagement, karena hasilnya lebih optimal untuk menjual produk produk, ini adalah salah satu cara memulai bisnis online paling laris yang sangat efektif. Selain itu PPE sangat terjangkau dan dapat menargetkan calon pelanggan yang kita tuju. Bagaimana cara bisa baca lebih lengkap di google.

2. Endorse

Endorse adalah salah satu cara promosi instan yang sedang laris saat ini, dan nilai konversi dari cara ini cukup tinggi. Lalu apakah susah untuk melakukan endorse artis, selebgram, youtuber dan lain lainnya? Ternyata tidak susah !!!

Anda hanya perlu ke sosial media mereka dan melihat pada biografinya, biasanya disosial media mereka tepatnya pada bagian biografi ada contact yang bisa anda hubungi untuk melakukan endorse. Mereka akan mebalas pesan kalian seputar tata cara dan fee yang harus dibayar.

3. Sosial Media Share

Jika anda terbentur biaya untuk promosi yang berbayar, anda bisa gunakan sosial media kalian untuk sarana promosi tanpa harus bayar sepeserpun kepada siapapun. Anda bisa share produk anda di akun sosial anda misalkan facebook, twitter, instagram dan lain lain. Untuk twitter dan instagram sebaiknya gunakan hastag yang sesuai.

Hindari menggunakan hastag yang tidak sesuai produk anda. Misalkan anda jual lampu belajar ya gunakan #lampubelajar ,  jangan gunakan hastag yang sedang trend. Kenapa karena jika anda gunakan hastag yang sedang trend? hastag tersebut digunakan orang yang belum tentu memiliki niat untuk berbelanja online.

Jika salah hastag kemungkinan penjualan tentu sangat rendah. Jadi gunakanlah hastag yang benar. Karena pada instagram dan twitter, mesin pencarinya menggunakan hastag untuk menemukan hasilnya.

Cara Promosi Yang Benar Untuk Datangkan Calon Pelanggan

1. Copywriting

Coywriting secara singkat dapat diartikan sebagai teknil melakukan penjualan dengan menggunakan tulisan atau kata kata yang menarik. Jangan beranggapan bahwa hal ini sangat mudah, karena pada penerapannya sangat susah brother. Untuk jadi copywriter handal anda butuh pengalaman dan mengetahui teknik teknik dalam copywriting.

Berikut beberapa teknik copywriting yang saya pelajari

  1. Story Copy
  2. You And Me Copy
  3. Factual Copy
  4. Fortright Copy
  5. Hiperbolic Copy
  6. Teaser Copy
  7. News Page Copy
  8. Humourus Copy
  9. Visual Copy
  10. Competitive Copy

Untuk Penjelasan Copywriting tidak saya jelaskan panjang lebar disini, Silahkan anda baca artikelnya disini ” Panduan Lengkap Belajar Copywriting Dan Contohnya

2. Gambar Yang Menarik

Saat anda melakukan promosi namun anda gunakan gambar yang diambil dari google, apakah orang akan tertarik ? Silahkan anda berperan sebagai calon pembeli dan bagaimana pendapat anda. Tapi sebaiknya  gunakan gambar anda sendiri, Tips sedikit untuk membuat gambar yang keren dan jernih.

Siapkan satu buah kardus mie instan, lalu lapisi setiap bagian kardus tersebut dengan kain kafan ataupun kertas HVS berwarna putih. Setelah itu letakan produk anda didalam kotak tersebut dan mulailah mengambil gambar. Jika dirasa cahanya dari flash hp anda masih kurang, anda  bisa menambahkan lampu diatas kardus tersebut untuk memberikan pencahayaan yang lebih baik.

Masih kurang jelas ? Ayo buruan dapatkan ebook “Jurus Jitu Membangun Bisnis Berkah Omset Milyaran”  Apalagi yang anda tunggu, Dapatkan sekarang juga !!!!


Mungkin itu saja yang dapat saya berikan seputar cara memulai bisnis online paling laris, ini adalah tips dasar untuk berjualan di internet. Jika masih terdapat kesalahan atau kekurangan dalam artikel ini silahkan berikan masukan anda dalam kolom komentar atau langsung contact ke saya, Terima Kasih dan sampai jumpa pada artikel berikutnya.