Pahami Hak Cipta Pada Youtube

Hak Cipta Youtube ? apakah itu dan bagaimana menghindari dan menyelesaikannya ? Artikel ini adalah kelanjutan dari 3 artikel sebelumnya yang membahas masalah Youtuber. Jika sobat belum membaca ke 3 artikel sebelumnya, silahkan ikuti link dibawah ini untuk lebih jelasnya.

  1. Cara Menjadi Youtube Pemula Sukses
  2. Cara Membuat Channel Youtube
  3. Pentingnya Subscriber Untuk Channel Youtube

Menurut wikipedia Hak Cipta dapat diartikan sebagai hak eksklusif Pencipta atau Pemegang Hak Cipta untuk mengatur penggunaan hasil penuangan gagasan atau informasi tertentu.Hak Cipta Youtube

Hak cipta merupakan “hak untuk menyalin suatu ciptaan”. Hak cipta dapat juga memungkinkan pemegang hak tersebut untuk membatasi penggandaan tidak sah atas suatu ciptaan. menggunakan konten yang memiliki copyright tanpa menggunakan izin dari pihak pertama sangat berpengaruh buruk untuk channel youtube anda.

Youtube hanya mengizinkan anda untuk upload video buatan anda sendiri. Beberapa konten yang memiliki hak cipta adalah Musik atau Lagu, Cuplikan program berhak cipta ( contoh: program televisi ), dan video orang lain yang berhak cipta.

Apa Yang Harus Dilakukan Jika Mendapatkan Teguran Hak Cipta Youtube?

Teguran Pertama, Youtube akan memberikan peringatan pada anda untuk mematuhi pedoman komunitas youtube. Selain itu beberapa fitur yang sudah tersedia di channel anda akan di nonaktifkan sementara sampai masa teguran selesai. Pengalaman saya sendiri saya tidak bisa menggunakan fitur live streaming.

Jika anda mendapat teguran sebanyak tiga kali maka Channel anda akan dihapus youtube, semua video yang sudah anda upload akan ikut dihapus, selain itu fatalnya anda tidak akan bisa lagi mendaftarkan akun baru, parah kan.

Lalu Video yang terkena Hak Cipta Youtube diapain ?

Silahkan menghubungi pihak yang klaim video yang anda upload dan menawarkan penghapusan video atau meminta pencabutan klaim pada konten tersebut. Jika anda merasa konten tersebut benar milik anda silahkan ajukan banding pada youtube. Selain itu anda bisa melakukan hal berikut ini ( Dalam beberapa kasus )

1. Membiarkannya, Klaim konten biasanya membolehkan anda menggunakan kontennya namun video anda akan dimonetize oleh mereka, Jika anda setuju dengan hal tersebut anda bisa membiarkannya saja.

2. Hapus Kontennya, Jika anda menggunakan sebagian cuplikan konten yang memiliki hak cipta pada video anda seperti lagu atau video, anda bisa menghilangkan lagunya dan ganti musik yang ada di audio library youtube atau menghapus bagian video yang memiliki hak cipta.

3. Bagi hasil dengan pemilik hak cipta, Jika kalian termasuk anggota Program Mitra YouTube, dan Anda telah menyertakan musik di video kalian, kalian mungkin dapat berbagi pendapatan dengan pemilik hak musik. Untuk lebih jelasnya baca disini : Monetize Video Cover

Bagaimana agar saya bisa menggunakan konten yang berhak cipta?

Untuk hal ini anda bisa langsung menghubungi pemilik konten untuk menggunakan sebagian atau seluruh isi konten. Youtube sendiri sudah menyediakan Audio Library yang berisi musik yang bebas untuk anda gunakan.

OK Mungkin hanya itu yang bisa saya berikan perihal Hak Cipta Youtube, Jika ingin sukses di youtube ada baiknya anda menggunakan konten yang anda buat sendiri karena pasti lebih aman dan jauh lebih aman. Selain itu mungkin anda akan lebih di kenal orang melalui youtube channel anda.

  • Nambah pengetahuan nih buatku, aku masih awam di youtube 🙂

  • Aktif ngeblog lagi nih ceritanya…jadi selama ini fokus YT pantas…saya malah baru mau terjun mas cuma ya gitu video ori viewnya lambat mas nyomot video orang takut kena copyright

    • iya mas aktif lagi, domainya sempat mati karena gk diperpanjang, nunggu satu tahun baru bisa register ulang. Daripada gk ada kerjaan dan komputer nganggur coba main youtube haha. Masih ingat saya emangnya hayoo?

  • Youtube ternyata sekarang makin ketat dan melakukan penyaringan kepada usernya.

    Dan chanel saya pun tak lepas dari penghapusan sepihak, padahal vidio saya asli rekaman sendiri.

    Sejak saat itu sudah males uploud vidio lagi mas, karena youtube sepertinya menghapus conten secara membabi buta. 😪

    Dan sepertinya saya yang memiliki hak cipta vidio sendiri pun serasa tidak dihargai.

    • mungkin ada audio yang berhak cipta mas, walaupun cuma kedengaran sedikit biasanya tetap kena copyrigt

  • Di video youtube saya ada kena satu Mas…
    Akhirnya lagu saya ganti dengan yang ada sudah disediakan oleh youtube bebas hak cipta… 😀
    Padahal, kalau itu lolos, saya punya beberapa video yang siap upload, namun dikarenakan dari pihak youtubenya mengharuskan tidak boleh pakai sound background atau suara yang berhak cipta…
    Untuk sementara di pending dulu…
    Sambil mencari pencerahannya… 😀

    • pakai sound dari NCS banyak mas tapi kebanyakan musik dugem dugem haha, atau dari audio library youtube lebih aman.

  • Konten Youtube saya banyak yang berbagi hasil, maklum videonya hasil dari panggung hajatan, lagu karangan orang lain pastinya. Sebenarnya seh lebih baik jangan video musik, ya ?
    ribet.

  • Bila mengacu pada arti dasar kata creator, itu sih sebenarnya sudah jelas. Makanya untuk konten di youtube itu lebih banyak konten creator-creator yang dibuat dengan proses beragam, asal jangan tidak menggunakan hak cipta orang lain di youtube. Seperti kita diajak untuk belajar banyak untuk mengembangkan kretivitas secara inovasi untuk menjadi creator untuk diri sendiri.

  • Pingback: Bagaimana Cara Menjadi Seorang Youtuber Sukses Untuk Pemula()