peralatan jadi youtuber pemula

Peralatan Untuk Menjadi Youtuber Pemula

Peralatan Untuk Menjadi Youtuber Pemula – Halo Indonesian Blogger, Pada kesempatan kali ini mari kita mengulas gear atau perlengkapan apa saja sih yang dibutuhkan untuk menjadi seorang youtuber pemula untuk meraih kesuksesan.

peralatan untuk menjadi youtuber pemula

Seorang youtuber akan sulit berkembang jika hanya bermodalkan sebuah kamera saja, Maka untuk menjadi seorang youtuber yang berkembang dan sukses, teman teman harus memiliki beberapa peralatan. Apa sajakah itu ? Berikut ulasannya :

Baca : Cara Menjadi Youtuber Pemula Dan Sukses

Peralatan Untuk Menjadi Youtuber Pemula

1. Kamera

Peralatan Untuk Menjadi Youtuber Pemula pertama adalah kamera, Kamera dengan resolusi baik tentu menghasilkan gambar yang baik pula. Sehingga viewer anda akan suka dengan hasil video anda di youtube. Namun banyak dari teman teman yang ingin memulai menjadi seorang youtuber tidak memiliki kamera yang mumpuni.

Tapi itu tidak perlu anda pikirkan, karena di era sekarang Kamera Smartphone anda pun bisa digunakan untuk mengambil sebuah video dengan resolusi cukup tinggi.

Tapi jika teman teman mimiliki dana lebih maka bisa menggunakan kamera DSLR, Mirrorless, atau kamera action. Tentu saja kualitas video yang didapat juga berbeda jika menggunakan kamera dan handphone.

Jika teman teman ingin memulai dengan menggunakan kamera handphone, maka mulailah sekarang juga. Jika channel anda sudah mulai berkembang barulah teman teman pikirkan untuk membeli sebuah kamera untuk memberikan kualitas lebih terhadap viewer teman teman.

2. Tripod

Saat memulai menjadi youtuber belum tentu ada teman yang akan ikut join dengan kamu untuk membuat video. Masa iya mau melihara tuyul buat megangin kamera dan vidioin kamu. Harga tripod juga gk mahal ko teman teman, kisaran ratusan ribu saja.

Nah selain itu kini juga sudah ada tersedia ko tripod untuk hp, jadi untuk teman teman yang menggunakan kamera handphone juga bisa menggunakan tripod agar hasil videonya keren.

Saya juga ada solusi  nih buat teman teman yang memang belum memiliki tripod, triknya adalah dengan menggunakan kardus bekas atau buku yang ditumpuk. Nah dengan begitu teman teman bisa sesuaikan deh ketinggian kamera yang diingkan.

3. Audio / Mikrofon

Audio pada suatu video sangat berpengaruh terhadap video, Karena rata rata penonton di youtube biasanya lebih toleran terhadap video dengan kualitas gambar yang biasa saja namun dengan audio yang baik, daripada video dengan kualitas tinggi namun audionya tidak terlalu jelas.

Menurut saya ada 3 jenis mikrofon yang sering digunakan oleh youtuber, yaitu Condenser Microphone, Lavalier Microphone, dan Shotgun Microphone.

  1. Lavalier Microphone, biasanya mikrofon seperti ini dipakai oleh host host di tv , itu loh yang di tempel didalam baju atau di jepitkan pada kerah baju.
  2. Shotgun Microphone, Mikrofon ini terpasang pada kamera yang digunakan untuk mengambil video.
  3. Condenser Microphone, Kualitas suara dari mikrofon ini sangat baik karena biasanya mikrofon tipe ini digunakan di studio rekaman dan para youtuber gaming.

Nah untuk teman teman yang menggunakan handphone anda untuk merekam suara, sebaiknya gunakan mikrofon tiper nomor 1 yaitu Lavalier Microphone. karena kualitas suara yang dihasilkan akan lebih baik.

4. Laptop Atau Komputer

Peralatan Untuk Menjadi Youtuber Pemula berikutnya anda harus memiliki laptop atau komputer untuk anda bekerja seperti edit video, upload dan lain lain. Jika teman teman minim budget cobalah beli laptop second yang penting masih mulus dan bisa terpakai. Setidaknya bisa digunakan internet dan review video teman teman.

Baca : Pahami Arti Dan Cara Kerja Hak Cipta Pada Youtube

5. Software Editing

Setiap video yang ingin di upload di youtube sebaiknya melalui tahap editing terlebih dahulu, seperti memberikan intro, menambahkan musik dan efek efek lainnya. So, mau tidak mau teman teman harus belajar cara editing video, yaaa edit yang simple simple saja.

Untuk software editing Peralatan Untuk Menjadi Youtuber Pemula sendiri sangat banyak sekali, contohnya iMovie, Adobe Premier,camtasia, movavi video editor dan lain lain. Semua itu sangat simple pengaplikasiannya dalam editing jadi untuk pemula cocok banget.

6. Lighting

Penggunaan lighting pada setiap video sangat baik efeknya, karena akan memberikan kenyamanan pada penonton untuk melihat wajah kita pada video. Selain itu fungsi efek cahaya sangat beragam bisa baca baca sendiri di google.

Salah satu fungsi dari lighting atau pencahayaan adalah menciptakan suasana, Dengan pengaturan cahaya dapat menciptakan suasana berbeda yang dibuat oleh pemeran dengan didukung oleh cahaya. Contohnya jika suasana sedang sedih lighting sedikit lebih di redupkan.

Tips lagi nih buat teman teman, jika kamu tidak punya lighting coba deh duduk di depan jendela kamar anda dan letakkan kameranya di jendela lalu mulailah buat video. Dan perhatikan hasilnya, pasti keren deh cahayanya. Waktu yang pas antara kisaran pukul 10 pagi sampai dengan 3 sore ( jika tidak mendung ya)

7. Jaringan Internet

Jaringan internet sangat dibutuhkan untuk mengupload hasil karya anda ke youtube, Sebaiknya anda pasang jaringan internet dirumah seperti wifi atau indi home agar lebih bebas upload video tanpa berbatas kuota. Kecepatan upload video juga terpengaruh oleh kecepatan internet anda.

Makin cepat internet anda makin cepat juga proses uploadnya. Tapi saya rasa kecepatannya yang standar standar saja sudah cukup. Toh kita upload video dirumah dan gk ada batasan waktu kapan harus selesai.

Baca : Tutorial Lengkap Cara Membuat Channel Youtube

Itulah beberapa Peralatan Untuk Menjadi Youtuber Pemula, semoga dapat membantu teman teman yang ingin menjadi youtuber. Jika teman teman suka dengan artikel ini silahkan bagikan dimedia sosial teman teman. Adapun jika terdapat kekurangan saya harap teman teman memberikan masukan, terima kasih.