Pengertian Lengkap Cybercrime Dan Contohnya

Apa Itu Cybercrime, Dengan kemajuan internet didunia, dimana komputer saling berhubungan melalui jaringan internet. Kejahatan dengan internet dan komputer pun semakin marak. Mungkin anda masih ingat si “Mamah Minta Pulsa” itu juga termasuk tindakan cybercrime. 

apa itu cybercrimeApa Itu Cybercrime

Lalu, Apa Itu Cybercrime? cybercrime dapat diartikan sebagai kejahatan atau tindakan melanggar hukum yang dilakukan individu/kelompok dengan komputer dan jaringan internet untuk mendapatkan suatu informasi atau hal yang merugikan.

Baca Juga : Penipuan Phising

Kejahatan Cybercrime memiliki karakteristik yang berbeda dengan kejahatan yang umum kita jumpai, Berikut beberapa karakteristik kejahatan internet :

  1. Kejahatan Cybercrime memiliki jangkauan yang sangat luas, yaitu meilntasi batas batas negara.
  2. Perbuatan yang dilakukan secara ilegal ini terjadi di ruang atau wilayah maya ( cyberspace) sehingga sulit untuk menentukan yuridiksi hukum yang berlaku.
  3. Mengakibatkan kerugian yang lebih besar daripada kejahatan biasa
  4. Pelaku adalah orang yang mengerti betul tentang komputer, internet dan aplikasi aplikasi tertentu.

Kejahatan yang dilakukan dengan komputer dan internet ini memiliki beberapa jenis, yaitu sebagai berikut :

A. Unauthorized Access

Kejahatan yang dilakukan untuk mencuri suatu informasi rahasia dengan cara memasuki jaringan komputer secara tidak sah atau tanpa izin. Kejahatan seperti ini dilakukan dengan memanfaatkan kelemahan sistem keamanan jaringan komputer yang diretas.

B. Ilegal Contents

Bentuk kejahatan yang dilakukan dengan memasukan data atau informasi ke internet tentang suatu hal yang tidak benar yang bertujuan untuk merugikan orang lain.

C. Cyber Espionage

Cybercrime ini dilakukan untuk memasuki jaringan suatu negara untuk mencuri data rahasia negara lain dengan tujuan mata mata.

D. Cybercrime Terrorism

Bentuk kejahatan ini dilakukan untuk menimbulkan gangguan atau perusakan pada suatu data,program,atau jaringan komputer lain. Kejahatan ini dilakukan dengan memasukan virus atau program ilegal tertentu yang merugikan dan merusak.

E. Offense Against Intellectual Property

Kejahatan yang dilakukan dengan cara menggunakan hak kekayaan intelektual yang dimiliki pihak lain di internet

F. Infringements Of Privacy

Kejahatan yang dilakukan untuk mendapatkan sebuah data atau informasi yang bersifat rahasia dari pribadi orang lain. Dimana jika data atau informasi itu tersebar di publik  maka dapat menimbulkan kerugian pada orang tersebut.

G. Phising

Kalau yang satu ini mungkin anda sudah tau karena pengaplikasiannya yang sangat mudah dan gratis pula. Phising adalah kejahatan cyber yang dirancang untuk mengecoh orang lain untuk memberikan data rahasia seperti user Id, Password, Pin dan lain lain.

H. Carding

Carding adalah kejahatan dengan memanfaatkan kartu kredit orang lain untuk bertransaksi di internet. Penipuan ini dilakukan dengan mencuri data nomor kartu kredit orang lain dengan menggunakan program tertentu.

Baca Juga : Cara Agar Artikel Tidak Di Copas

Itulah beberapa jenis Cybercrime yang dapat saya berikan semoga dapat bermanfaat dan tidak menjadi korban dari cybercrime itu sendiri. Jika ada kesalahan atau hal lain bisa memberikan masukannya dalam kolom komentar atau halaman contact yang tersedia, Terima Kasih

  • Akun Gmail saya pernah jadi korban phising…
    untungnya bisa balik lagi,,,,dasar hacker kacangan doinya…

    • kalau phising masih ecek ecek ya mas, biasanya bocah bocah belajar hacker yg pakai itu.

      • Aziz Firdaus

        wkwkw yoi, btw mas , dapet hostingan dari mwh kan? apa proses nya begitu lama? saya sudah masuk tahap selanjut nya, kemudian di kasih ketentuan2 dan saya menyetujuinya, selanjutnya saya di suruh menunggu beberapa hari, tetapi sampai sekarang sudah 15 harian belum ada kabar selanjut nya,

        • hubungin cs nya mas biar cepet di proses, kemarin saya hanya 1 minggu sudah selesai.

  • Banyak juga macemnya cybercrime …tapi bagaimanapun juga namanya teknologi pasti ada celah yang lemah

  • Sekarang ini memang ya Mas untuk Cyber Crime meningkat.Apalagi Carding kemaren di Forum sebelah rame banget jualan barang elecro plus pakaian atau baju dengan harga yang sangat jauhhh lebih murah..heee