BerlanggananBerlangganan Artikel Gratis Langsung Di Email Anda

Bahaya Game Online

KrocoNet.com – Bahaya Game Online, Anak zaman sekarang sangat jauh berbeda pada saat zaman 90 atau 2000 yang masih belum begitu mengenal apa itu internet ( Pengertian Internet ) dan Game Online. Pada saat ini anak anak sudah jarang sekali yang memainkan permainan tradisional seperti Petak Umpet,Kelereng/Gundu dan permainan tradisional lainnya. Saat ini mereka hanya mengerti mengendalikan Gadget yang mereka gunakan.

Bahaya Game Online

Sangat mudah saya jumpai anak anak yang saya kira kira umurnya dibawah 7 tahun sudah dapat mengoperasikan Gadget dan komputer.Kebetulan saya bekerja sebagai Operator di sebuah warnet dan saya sudah tidak heran lagi melihat anak anak yang berumur kira kira dibawah 7 tahun sudah dapat mengoperasikan komputer walaupun itu hanya sebatas untuk bermain Game Online.

Sangat banyak dampak yang akan ditimbulkan oleh Game Online ini, saya akan memberikan efek samping dari game online ini silahkan disimak dan semoga para gamers dapat mengurangi aktifiasnya dala bermain game yang berlebihan karena akan berdampak kurang baik untuk anak anda karena selain berdampaka pada tumbuh kembang anak juga akan berdampak sebagai berikut
Bahaya Game Online

  • Sosialiasi, Manusia sebagai mahluk sosial atau dapat diartikan sebagai mahluk yang tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Jika anda hanya menghabiskan waktu untuk sekedar bermain game online itu akan membuat anda canggung untuk beradaptasi dengan lingkungan anda karena tidak terbiasa bersosialiasi.
  • Komunikasi, Komunikasi bukan hanya sekedar mendengar atau mengucapkan tapi juga untuk membaca ekspresi dari lawan bicara kita. Jika anda kurang dalam komunikasi dan Sosialiasi anda akan merasa sulit berbicara karena tidak ada materi pembahasan yang anda ketahui selain game.
  • Gangguan Motorik, Tubuh yang kurang dalam bergerak akan berdampak buruk untuk tumbuh kembang anak terutama dalam hal motorik. Jika anak anda kurang dalam bergerak sehari hari maka pertumbuhan motoriknya akan terganggu.
  • Empati, Rata rata game online yang disukai anak anak zaman sekarang adalah game yang berbau Perang perangan,balapan,Bahkan judi sekalipun. maka dengan begitu Efek samping dari bermain game seperti saya sebutkan diatas tersebut akan berdampak berkurangnya rasa empati anak tersebut terhadap sesamanya dan dapat memicu anak untuk menjadi anarkis karena meniru apa yang dia mainkan dalam game tersebut.
  • KESEHATAN, Ini adalah dampak utama dari sebuah game online, Jika seseorang sudah merasa kencnduan dengan game online pasti mereka tidak akan bermain dalam jangka waktu yang sebentar dengan jangka waktu yang lama berhadapan dengan komputer,handphone,atau sebagainya akan merusak Mata, terasa sakit di kepala, berat badan menurun karena pola makan yang menurun,dan nyeri leher.
Adapun ciri ciri anak yang sudah kecanduan game online sebagai berikut :
  1. Mulai Menarik Diri Dari Pergaulan
  2. Suka berbohong
  3. Sering Bolos Sekolah
  4. Menggunakan Uang Dalam Jumlah Yang Banyak
  5. Hubungan Dengan Teman,Keluarga Ataupun Kerabat Menjadi Renggang
Efek bermain game online
Semua ciri ciri diatas pernah saya alami saat saya kencaduan bermain game online sekitar 4 tahun yang lalu, Sekarang saya pun masih bermain tapi dengan jangka waktu yang tidak lama sekitar 1 atau 2 Jam saja karena saya takut akan terjadi kerusakan pada mata saya. Jadi untuk para gammers saya sarankan untuk mengurangi aktifitas dalam bermain game online.
Mungkin hanya itu yang dapat saya berikan semoga bermanfaat dan jika ada masukan tentang artikel ini maupun kritik dan saran silahkan berkomentar pada kolom yang tersedia, Terima Kasih.