All

Perlukah Untuk Belajar Bahasa Inggris Bagi Orang Biasa Ataupun Blogger

Belajar Bahasa Inggris, Perlukah? – Halo Indonesian Blogger, Saya hanya mau curhat. Di era globalisasi saat ini penggunaan bahasa inggris sudah jadi hal biasa saja di kota kota besar seperti jakarta. Terutama di media sosial seperti instagram dan twitter.

Belajar Bahasa Inggris

Tapi apakah memang perlu untuk belajar bahasa inggris baik itu untuk seorang blogger ataupun untuk orang biasa? Menurut saya sendiri, semua keputusan ada pada diri anda sendiri. Apakah anda memang butuh untuk belajar bahasa inggris atau tidak.

Jujur saja saya sedikit menyesal, dulu tidak tertarik dengan pelajaran bahasa inggris pada saat dibangku SMA. Kini saya harus belajar dari awal tentang bahasa inggris dan hanya menggunakan video dari youtube, baca artikel, dan lain sebagainya.

Baca : Mengapa Ragu Jadi Berbeda Dari Orang Lain

Belajar Bahasa Inggris, Perlukah?

Seperti yang saya katakan sebelumnya, apakah anda memang butuh atau tidak, apakah anda memang tertarik atau tidak, apakah ingin menguasai bahasa lain selain bahasa indonesia atau tidak. Semua itu terserah anda, jadi saya tidak memaksakan.

Untuk blogger yang menggunakan jasa seperti sewa hosting, beli domain, theme dan lain lain dari luar negeri maka saya rasa sudah waktunya anda belajar bahasa inggris. Hal ini dimaksudkan agar mudah untuk berkomunikasi tanpa harus translate terlebih dahulu.

Ketika anda mengalami kendala dengan product mereka, tentunya anda akan menghubungi costumer service mereka. Apakah anda akan bertanya dengan bahasa Indonesia? tentu saja tidak kan? Apakah anda akan selalu menggunakan translate?

Bukankah hal yang melelahkan ketika ingin berkomunikasi tapi selalu mengandalkan translate? ketika bertanya buka translate dan ketika diberi jawaban buka translate, apakah akan selalu begitu? Jika anda mau ya silahkan, tapi jika ingin belajar tentu saja itu hal yang lebih baik.

Saya sendiri telah aktif menjadi seorang blogger kurang lebih 5 tahun lamanya, artikel pertama saya di publish pada 12 maret 2013. Dengan 5 tahun perjalanan, tentu saja mengikuti perkembangan dunia blogging walaupun saya sempat istirahat 1 tahun.

Baca : Cara Menjadi Dan Membuat Travel Blogger

Dan saya rasa ada persyaratan tambahan paling dasar untuk setiap blogger adalah mampu memahami bahasa inggris. Walaupun anda tidak pandai dalam berbicara bahasa inggris tapi setidaknya anda harus paham apa maksud dari apa yang anda baca.

Pengalaman Buat Artikel Bahasa Inggris

Jujur saya pernah melakukan hal bodoh dalam membuat artikel bahasa inggris. Dulu saya tergiur dengan nilai cpc adsense yang tinggi dari artikel yang berbahasa inggris. Jadi ceritanya saya buat artikel bahasa indonesia di Notepad, setelah itu saya translate dengan google.

Alhasil, ada banyak kosa kata yang tidak di translate, pokoknya bikin yang baca bingung. Akhirnya setelah beberapa tahun artikel itu saya biarkan berada didalam postingan, tahun kemarin saya take down tuh artikel karena beberapa tahun ada di list yang baca dikit.

Belajar dari pengalaman tersebut, Saya mulai tertarik dengan bahasa inggris. Saya belajar secara otodidak dengan bantuan dari internet baik itu dari artikel, video di youtube dan lain lain. Untuk channel youtubenya silahkan cari Learn English With EnglishClass101.com

Belajar Bahasa Inggris Otodidak, Bisakah ?

Tentu saja bisa, saya sendiri telah membuktikannya. Walaupun bahasa inggris saya belum bagus bagus amat, tapi setidaknya ketika baca artikel, nonton video dalam bahasa inggris, saya dapat memahami isinya. Itu sudah sangat membantu untuk saya.

Untuk belajar bahasa inggris secara otodidak memang bisa asalkan rajin untuk explore, belajar, dan mau menerapkan pasti bisa. Walaupun belajar otodidak pasti rasanya akan berbeda dengan yang kursus dan juga yang menempuh pendidikan formal.

Takut Aaaah Belajar Bahasa Inggris !!!

Never trust your fears, fear is a big liar.

Kenapa harus takut untuk belajar bahasa inggris? Apakah anda takut di bully karena sok inggris? Apakah anda takut salah? atau anda punya ketakutan yang lain? Coba jelaskan ketakutan anda dikolom komentar, siapa tau saya bisa bantu jelaskan.

Pertama tama saya ingin tegaskan, Belajar bahasa inggris itu bukan untuk gaya gayaan, melainkan ini sudah menjadi sebuah kebutuan. Dunia ini makin hari makin canggih dan maju, and i think we should learn foreign language. Kenapa ?

Karena tidak semua informasi yang anda butuhkan tersedia dalam bahasa yang anda pahami yaitu Bahasa Indonesia. Memang mudah untuk menggunakan fitur translate yang ada di google, tapi apakah anda bisa dengan mudah paham maksud dari artikel hasil translate?

Baca : Skill Wajib Seorang Freelancer Yang Harus Kamu Miliki

Ya memang tidak dipungkiri banyak sekali orang yang mencibir ketika belajar bahasa inggris, baik itu teman dekat, teman di media sosial atau bahkan keluarga sekalipun. Paling sering dikatain “Hidup di Indonesia saja belagu pakai bahasa inggris”, lah kan emang saya butuh.

Saya teringat ketika ada seorang hatters Boy William yang komen di akun instagramnya ” Loe hidup dimana sih dikit dikit ngomong inggris, lu itu di Indonesia dimana orangnya 90% gak ngerti bahasa inggris” komentar ini lalu dibalas oleh Boy William dengan;

I hope you learn a lesson, buddy. Orang-orang kayak lo itu yang bikin anak-anak sekarang jadi takut ngomong Inggris. Udah belajar susah-susah tapi jadi takut untuk ngomong karena takut dikata-katain sama people like you. Gue nggak papa dikata-katain, I don’t care. Tapi for kids yang mau belajar, kasian bro,” tulis Boy.

Ia pun melanjutkan, “Dan di Indonesia banyak yang bisa ngomong Inggris kok. Kita nggak kalah sama negara lain, bosku. Harus berkembang dong. You gotta change your mindset. Don’t be so bitter about life, my friend. God Bless You.”

Conclusion

Jika anda memang butuh belajar bahasa inggris, maka belajarlah. Jangan terlalu dengarkan kata orang orang yang sulit untuk diajak maju bersama. Toh itu untuk kebutuhan anda sendiri bukan untuk mereka. Ketika anda sudah maju, mereka yang menghina masih saja bodoh.

Sebelum saya mengakhiri tulisan yang cukup panjang ini, saya ingin mohon maaf terlebih dahulu jika terdapat kata kata yang menyinggung perasaan anda. Jika ingin share pengalaman anda dalam belajar bahas inggris silahkan komentar saja dibawah, terima kasih.

Tags

Abdul Muhajir

I am a Blogger and Internet Marketer who wants to learn, grow and share some knowledge and my experience about Blogging and Internet Marketing to help other Creative Individuals find their passion and share it to the world.
Close
Close