BerlanggananBerlangganan Artikel Gratis Langsung Di Email Anda

Cara Baru Sumbit URL Ke Google Agar Cepat Di Index

Cara Baru Sumbit URL Ke Google Agar Cepat Di Index – Halo Indonesian Blogger, Untuk seorang blogger kawakan pasti sudah mengetahui fungsi dari google sumbit URL yaitu agar artikel baru yang di publish cepat di Index oleh google.

Cara Baru Sumbit URL Ke Google Agar Cepat Di Index

Tapi pada tahun ini, fitur submit URL ini dihapus oleh google dan digantikan dengan yang baru, apa yang baru? kita akan bahas disini. Saya juga tidak tahu pasti kapan tanggal tepatnya fitur submit URL ini dihapus oleh google, tapi yang jelas baru baru saja ditahun ini.

Sebelumnya kapan saja sih kita harus sumbit url blog atau artikel kita ke google ? Saya sendiri hanya submit url ketika selesai publish artikel baru. Tapi jika anda baru saja berganti domain, sebaiknya lakukan submit juga agar google cepat mengindex url situs anda yang baru.

Namun pada tahun ini, ketika anda mengakses google sumbit url, maka anda masih bisa untuk memasukan link anda disana karena halamannya memang masih tersedia. Namun setelah anda memasukan link halaman anda, nanti akan diarahkan kehalaman baru yang bertuliskan

To submit a URL to the Google index, either submit a sitemap or use the Fetch as Google tool. Artinya untuk melakukan submit url ke google index, gunakan salah satu dari fitur submit sitemap atau gunakan fetch as google ( ambil sebagai google ).

Kedua pilihan itu hanya ada didalam google webmaster tools atau yang sekarang berubah menjadi google search console. Jika anda sudah pernah melakukan verifikasi dan submit sitemap pada blog anda, pasti sudah tidak asing dengan kedua fitur itu.

Tapi saya yakin, pada saat anda baca tulisan ini anda sudah memiliki akun atau terdaftar di google search console. Sebenarnya Cara Baru Sumbit URL Ke Google Agar Cepat Di Index ini sangat mudah, silahkan simak penjelasan dibawah ini :

Cara Baru Sumbit URL Ke Google Agar Cepat Di Index

1. Masuk Ke Search Console

Langkah pertama silahkan anda masuk ke search console. Jika anda belum memasukan situs anda disana, maka google tidak akan index halaman anda, kemungkinan di index ada sih namun sangat kecil. Jadi daftar dan sumbit situs dan sitemap anda terlebih dahulu.

Baca : Panduan Cara Mempromosikan Blog

2. Inspeksi URL

Setelah login, silahkan perhatikan bilah disisi kiri yang bertuliskan “URL Inspection” di kilik saja lalu anda akan disuruh memasukan url halaman yang akan di Index. Contohnya saya akan meminta google untuk index salah satu artikel saya yang “Tips Dan Trik Manajemen Waktu Untuk Menulis“.

Cara Baru Sumbit URL Ke Google Agar Cepat Di Index

Jika artikelnya belum terindex di Google maka akan muncul tulisan seperti gambar dibawah ini, Silahkan anda request untuk segera di Index, perhatikan tanda merah yang ada digambar.

Cara Baru Sumbit URL Ke Google Agar Cepat Di Index

3. Proses Index

Setelah anda request indexing, maka prosesnya akan berjalan. Nah untuk proses ini akan memakan waktu sekitar 1-2 menit jadi pastikan saat proses ini link yang anda submit benar benar tersedia atau aktif bukan link mati. Selama proses ini berjalan, jangan di close jadi sabar saja.

Setelah proses reques Indexing ini berhasil maka akan muncul notification box yang bertuliskan “URL was added to a priority crawl queue.Submitting a page multiple times will not change its queue position or priority. Learn more. artinya anda telah berhasil submit url.

Bagiamana ? Sangat mudah kan Cara Baru Sumbit URL Ke Google Agar Cepat Di Index ini. Semoga dapat bermanfaat untuk anda dan teman teman blogger lainnya. Jika anda  menyukai artikel ini silahkan di share agar teman blogger lainnya juga bisa tahu, Terima Kasih.