AllBloggerTipsTrikTutorial

Cara Membuat QR Code Dengan Mudah

Buat Barcode Sendiri, Pada zaman sekarang ini pasti anda sudah tidak merasa asing lagi mendengar kata QR Code. QR Code adalah sebuah kode yang berbentuk matrix ataupun barcode 2 dimensi. QR Code pertama kali di perkenalkan di jepang pada tahun 1994 dijepang.

Sesuai julukannya QR ( Quick Reponse ) maka QR ini berfungsi untuk menyimpan berbagai macam seperti URL, nomor telepon, teks, konten majalah, iklan, kartu nama, majalah dan lain sebagainya. Contoh lain bisa lihat BBM, Line ataupun WA.

Baca Juga : Tips Memulai Bisnis Rumahan Yang Menjanjikan

Menarik bukan jika memiliki QR Code sendiri untuk website atau blog pribadi. Apa keuntungannya? keuntungannya kita memberikan data website atau blog kita kepada orang tersebut. Data yang saya maksud seperti Link website, alamat, email, dll.

Contoh anda memasang QR Code blog anda pada blog lain dan jika anda pengunjung yang scan barcode anda maka data data yang anda input didalamnya muncul semua. Walaupun terlihat sedikit kurang efektif tapi apa salahnya dicoba buat barcode sendiri.

Cara Buat Barcode Sendiri Untuk Blog

Gunakan Tools

Silahkan sobat pilih beberapa tools generator berikut untuk membuat QR Code secara gratis

  1. https://www.the-qrcode-generator.com/
  2. http://goqr.me/
  3. http://www.qr-code-generator.com/

Baca Juga : Konten Yang Banyak Dicari Orang

Input Data

Sebagai contoh saya menggunakan tools yang kedua, Silahkan masukkan data yang anda ingin buatkan Kode Batang, disitu ada berbagai macam pilihan seperti kartu nama, url, kode wifi, email,lokasi dan lain sebagainya.

Keterangan :

  • Type, Berbagai macam pilihan untuk anda buat qr code
  • Masukan URL Blog pada kolom yang tersedia
  • Centang pada kolom kecil dibawah url
  • Barcode seudah jadi dan bisa di download
  • Barcode juga bisa di embed dan dipasang pada blog anda

Menggunakan Barcode

Untuk memberikan load time yang baik pada blog anda, sebaiknya jangan gunakan embed, tapi langsung di upload saja gambarnya ke blog anda untuk di jadikan widget. Tapi jika anda ingin menggunakan embed html caranya sebagai berikut

Silahkan anda pilih Embed, Setelah itu anda dapat merubah Foreground, Background, Dan Size dari QR Code anda. Jika sudah selesai maka silahkan anda ambil kode HTML nya dan letakkan di widget blog atau halaman tertentu sesuai kebutuhan anda.

Coba anda scan barcode dibawah ini. hasil dari artikel kali ini, Untuk Scan QR Code anda bisa mengunduh QR Code Scan Reader di Playstore atau Toko App lainnya yang anda gunakan

buat barcode sendiri

Bagaimana sangat gampang sekali kan untuk buat barcode sendiri, hanya butuh beberapa menit saja kode anda sudah rampung dan dapat segera digunakan. Oke itulah tips kali ini, semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa share ya, makasih.

Tags

Abdul Muhajir

I am a Blogger and Internet Marketer who wants to learn, grow and share some knowledge and my experience about Blogging and Internet Marketing to help other Creative Individuals find their passion and share it to the world.
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker