AllInternet

Cara Hapus Virus Tanpa Software

Cara Hapus Virus – Halo Indonesian Blogger, Virus merupakan salah satu momok yang ditakuti oleh pengguna komputer atau laptop dan media elektronik lainnya. Virus memang merupakan salah satu faktor yang dapat menurunkan kinerja dari komputer Anda.

Cara Hapus Virus

Sekarang sudah banyak antivirus yang di edarkan secara gratis di internet. Namun kali ini saya tidak akan membahas itu, tapi bagaimana Membasmi Virus tanpa harus menggunakan software antivirus, Silahkan di ikuti langkah langkah berikut.

Cara Hapus Virus Tanpa Software

1. Nonaktifkan System Restore

Fasilitas System Restore pada windows bergunan untuk mengembalikan konfigurasi sistem ke konfigurasi sebelumnya. Agar sistem yang telah pulih tidak kembali rusak, untuk mematikan fasilitas ini dengan klik kanan pada My Computer dan pilih properties. Setelah itu pilih Tab System Restore dan centang bagian Turn Off System Restore On All Drive.

Baca : Cara Mendinginkan Komputer Dengan Cepat

2. Matikan Proses Virus

Bagaimana Caranya untuk mematikan proses virus? , Biasanya proses virus memiliki ikon berupa folder atau domuken Ms Word. Gunakan Aplikasi seperti Process Explorer, Pocket Killbox, Show Kill PROCESS, TheKiller Machine dan sebagainya untuk menghapusnya. ( Jika virus membandel )

3. Pulihkan Registry –
Cara Hapus Virus

Pulihkan Registry yang sudah di hancurkan oleh virus dalam komputer Anda. Jika tidak dilakukan virus akan dapat menginfeksi lagi komputer Anda. Gunakan Hijack This , Registry Cleaner atau killer machine. Hapus juga entry schedule task yang dibuat oleh virus ( hal ini dilakukan jika ada).

4. Hapus File Bervirus

Gunakan Fasilitas Search pada Windows untuk menemukan file file virus tersebut. Munculkan file file yang disembunyikan oleh Virus, Biasanya virus tidak menghapus file file kita tapi mereka akan menyembunyikannya. Gunakan perintah attrib –s –h pada command prompt untuk memunculkannya kembali.

5. Pencegahan

Saat melakukan transfer data baik melalui disket,usb, flashfisk maupun jaringan di sarankan untuk berhati hati. Tunjukkan file hiden dan ekstenti file pada windows explorer.

Mungkin itu yang dapat saya bagikan pada kali ini semoga bermanfaat dan dapat dipergunakan dengan baik pada komputer Anda. Jika Anda memiliki unek unek, kritik dan saran silahkan berkomentar pada kolom yang sudah tersedia di bawah ini, Terima Kasih !

Abdul Muhajir

I am a Blogger and Internet Marketer who wants to learn, grow and share some knowledge and my experience about Blogging and Internet Marketing to help other Creative Individuals find their passion and share it to the world.
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker