Menu Close

Cara Membuat Subdomain Blogger atau Blogspot dengan Mudah

Cara Membuat Subdomain Blogger – Halo Indonesian Blogger, sebelum saya masuk pada materi bagaimana sih cara untuk membuat sud domain, saya jelaskan sedikit apa itu domain dan subdomain.

Apa Itu Domain?

Domain adalah sebuah nama khusus yang digunakan sebagai alamat sebuah situs. Domain mempermudah orang untuk mengingat nama atau alamat dari sebuah situs tertentu.

Jika dibandingkan harus mengetik IP dari satu situs, contoh, 12.345.6.7, tentu sangat sulit untuk di ingat oleh orang. Fungsi domain disini untuk menggantikan IP tersebut dan menggantinya menjadi sebuah nama.

Nama inilah yang membuat orang lebih mudah untuk mencari dan mengingat sebuah website. Contoh kasus, Anda hanya perlu mengetik idblog.net di browser Anda untuk menemukan situs ini.

Domain sendiri memiliki banyak sekali ekstensi yang berbeda, contohnya seperti .com, .net, .org, dan lain sebagainya.

Apa Itu Subdomain?

Subdomain adalah turunan dari nama domain induknya. Contohnya saya punya domain idblogschool.com (Domain Induk), lalu saya buat subdomain file.idblogschool.com (Subdomain).

Salah satu kelebihan menggunakan subdomain adalah Anda tidak perlu membeli domain baru lagi untuk menggunakannya. Anda bisa langsung membuatnya secara gratis.

Baca juga: Tips Memilih Nama Domain untuk Blog

Bagaimana cara membuat subdomain untuk blogger? Berikut saya berikan sedikit tutorialnya.

Cara Membuat Subdomain untuk Blogspot

Tutorial ini hanya bisa dilakukan jika Anda memiliki domain sendiri, jadi pastikan Anda sudah memilikinya. Jika Anda sudah memiliki domain, kita lanjutkan cara membuat subdomain blogger ini.

1. Masuk ke Client Area

Langkah pertama, Anda masuk terlebih dahulu ke halaman member domain Anda. Disini saya memberikan contoh menggunakan member idwebhost. Setelah login; klik “Domain”.

2. Pilih Domain

Setelah Anda masuk ke client area > domain, silahkan pilih domain mana yang ingin Anda buatkan subdomain untuk blogger. Disini saya contohkan untuk membuat subdomain dari idblogschool.com.

cara membuat subdomain blogger

3. Pengolaan Domain

Jika sudah menentukan domain mana yang ingin dibuatkan subdomain, selanjutnya Anda akan diarahkan ke pengelolaan domain. Silahkan masuk pada bagian “Manage DNS” atau dalam bahasa Indonesia “Kelola DNS”.

buat subdomain blogger

4. Menambahkan Record Baru

Setelah Anda masuk ke manage DNS, Anda hanya perlu menambahkan record baru. Lihat gambar dibawah dan juga sedikit penjelasan tentang kolom yang harus diisi;

menambahkan subdomain untuk blogger
Nama Host

Pada bagian nama host silahkan diisi dengan nama subdomain yang diinginkan (ex: file). Jika saya beri nama file maka subdomain akan menjadi file.idblogschool.com.

Baca juga: Cara Membuat Blog dari Awal Hingga Jadi

Jenis Record

Untuk bagian jenis record, rubah menjadi CNAME (Alias)

Alamat

Yang terakhir bagian alamat, silahkan masukan ghs.google.com

Jika semua langkah sudah Anda lakukan dengan benar, langkah berikutnya adalah menunggu proses propagasi. Lamanya proses ini bisa sekitar 1-8 jam, silahkan tunggu saja.

Sekarang lanjut bagaimana cara memasang subdomain tersebut kedalam blogger atau blogspot yang sudah Anda siapkan.

Cara Memasang Subdomain di Blogger

Setelah Anda telah selesai membuat subdomain, telah selesai masa propagasinya, selanjutnya Anda sudah bisa langsung menggunakannya pada blogspot Anda.

menambahkan subdomain ke blogger

Caranya sama seperti saat memasang domain induk, Anda perlu masuk ke Blogger terlebih dahulu. Setelah itu pergi ke bagian Setting > Basic > Blog Address.

Berikutnya klik link dibagian bawah url blog Anda, tepatnya pada bagian “Set up a third-party URL for your blog”. Langsung input saja subdomain yang sudah dibuat sebelumnya.

Setelah semua proses selesai, klik simpan. Dan jangan lupa juga untuk mengaktifkan HTTPS nya.

Mungkin blog Anda belum bisa diakses, tapi tenang itu tidak apa apa, hanya butuh waktu beberapa saat. Hal tersebut terjadi karena “HTTPS Redirect” nya masih dalam proses.

Oke sampai sini Anda sudah berhasil menerapkan cara membuat subdomain untuk blogspot ini, selamat.

Penutup

Itulah dia bagaimana cara membuat subdomain untuk blogspot, sangat mudah sekali bukan. Dengan cara ini, Anda tidak perlu membeli banyak domain untuk membuat blog baru, Anda bisa manfaatkan domain induknya saja.

Saya rasa hanya itu yang dapat saya bagikan, semoga dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *