Cara Membuat Travel Blog Dan Menghasilkan Uang LENGKAP

Cara Membuat Travel Blog – Halo Indonesian Blogger, Apakah anda termasuk orang yang senang jalan jalan? Senang untuk menjelajahi dunia? Jika jawaban anda adalah “IYA” Kenapa tidak mencoba untuk membuat travel blog dan membagikan kisah anda kepada orang lain?

cara membuat travel blog

Diluar sana banyak kok orang yang senang untuk membaca cerita petualangan anda ke suatu daerah yang mungkin belum pernah mereka kunjungi. Mungkin dengan menuliskan kisah perjalanan anda bisa menghasilkan uang dan akan menambah biaya traveling anda.

Di Indonesia sendiri sudah sangat banyak sekali kok Travel Blogger, salah satunya adalah The Naked Traveler – Trinity yang bisa dibilang salah satu pelopor travel blogger yang ada di Indonesia. Ia mulai menuliskan kisah travelingnya kedalam tulisan di blog sejak tahun 2005 loh.

Selain itu ada beberapa lagi nama nama travel blogger yang terkenal di Indonesia, berikut ini beberapa list dari travel blogger yang cukup terkenal :

  1. Pergi Dulu – Adam Poskitt & Susan Natalia
  2. Dua Ransel – Dina Rosita & Ryan Koudys
  3. Cumilebay.com – Moechamad Adi Mariyanto
  4. Lostpacker – Sutiknyo Tekno Bolang
  5. Backpack Story – Ariev Rahman
  6. Dan banyak lagi lainnya.

Nah pada artikel kali ini Indonesian Blogger akan memberikan tips bagaimana sih Cara Membuat Travel Blog secara lengkap alias step by step. Tapi sebelumnya ada lima hal yang diperlukan dalam membuat sebuah website, yaitu sebagai berikut:

1. Web Hosting

Hosting adalah sebuah layanan untuk menyimpan semua data data seperti file, gambar, dan banyak lagi lainnya yang diperlukan oleh sebuah website. Hosting inilah yang membuat website anda bisa dikases oleh semua pengguna internet didunia.

2. Domain

Domain adalah sebuah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi alamat (IP address) server komputer seperti web server atau email server di internet. Jangan terlalu pusing, Intinya domain adalah sebuah alamat atau tepatnya sebuah url dari website anda, ex www.idblog.net.

3. WordPress.org

Setelah anda menyewa hosting dan domain, anda bisa install wordpress di hosting tersebut.

4. Theme WordPress

Theme ini akan membuat tampilan website anda terlihat lebih ciamik. Silahkan cari di google theme wordpress untuk travel blog, banyak kok mulai dari yang gratis sampai yang berbayar.

5. Plugin WordPress

Walaupun anda tidak paham dengan bahasa pemrograman, jangan khawatir. Karena dengan wordpress anda akan sangat mudah untuk menambahkan berbagai fungsionalitas untuk website anda seperti peta, galeri, dan banyak lagi lainnya. Disesuaikan dengan kebutuhan.

Setelah anda menyiapkan semua hal diatas, sekarang lanjut untuk bagaimana sih Cara Membuat Travel Blog Dan Menghasilkan Uang dengan mudah dan step by step.

Cara Membuat Travel Blog

1. Memilih Niche Untuk Blog

Niche Blog bisa diartikan sebagai sebuah topik yang dibahas didalam sebuah blog, Namun blog tersebut hanya membahas satu niche/topik. Contohnya Jika sebuah blog membahas niche kecantikan, maka semua isi blognya berhubungan dengan kecantikan.

Karena sekarang kita bahas Travel Blog, maka niche anda adalah traveling. Namun niche traveling ini bisa anda pecah lagi menjadi berbagai macam, contohnya Backpacker, Flashpacker, Solo traveler, dan banyak lagi lainnya. Jadi tentukan anda adalah tipe yang mana.

2. Nama Domain

Setelah anda menentukan niche blog anda, maka Cara Membuat Travel Blog selanjutnya adalah menentukan nama domain yang akan digunakan nantinya. Untuk membuat nama domain juga tidak bisa sembarangan, karena itu ibarat sebuah merek untuk blog anda.

Sedikit tips untuk membuat nama domain adalah selalu cari nama domain yang unik, singkat dan mudah diingat. Namun untuk menemukan nama domain memang agak sulit, karena belum tentu tersedia, bisa saja sudah digunakan oleh orang lain, jadi be creative.

Baca : Tips Dalam Memilih Nama Domain Untuk Blog

3. Menyewa Hosting Dan Install WordPress

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, Hosting adalah sebuah wadah untuk menyimpan semua data data dari website anda sehingga dapat di akses oleh pengguna internet di seluruh dunia. Pemilihan hosting sangat berpengaruh pada website anda, jadi harus teliti.

Baca : Tutorial Cara Membuat Website Sendiri Gratis Dan Mudah ( Ini Versi Gratis dan hosting berbeda,namun langkah install wordpressnya sama saja)

Indonesian Blogger akan merekomendasikan salah satu penyedia hosting terbaik di Indonesia saat ini yaitu Niagahoster. Pada situs ini anda juga akan mendapatkan diskon besar loh sampai 70% di hari belanja online nasional tanggal 12 desember ini.

Hosting Unlimited Indonesia

Klik Gambar Untuk Cek Layanan Niagahoster

Silahkan tentukan pilihan anda pada jenis hosting yang anda butuhkan. Anda bisa sesuaikan dengan budget yang anda miliki. Niagahoster ini memiliki banyak kelebihan dan kemudahan untuk anda yang bahkan tidak mengerti bagaimana untuk membuat blog di wordpress.

Berikut ini beberapa kelebihan dan kemudahan yang bisa anda dapatkan di Niagahoster;

  1. Satu Klik Instalasi, artinya anda hanya butuh satu kali klik untuk menginstall wordpress dari awal hingga selesai.
  2. WordPress Accelerator, Niagahoster menggunakan LiteSpeed WebServer yang telah terbukti sebagai web server tercepat di dunia.
  3. Customer Service, CS dari niagahoster akan siap membantu semua kendala anda saat menggunakan jasa mereka. Mereka akan siap memantu anda kapan saja.
  4. Harga Terjangkau, Walaupun begitu banyak fitur yang diberikan tapi harga tetap sangat terjangkau yaitu mulai dari 19.000/bulan.
  5. Dan banyak lagi lainnya, silahkan klik gambar diatas untuk info lebih detailnya.

4. Memilih Theme Travel Blog

Cara Membuat Travel Blog berikutnya adalah menentukan theme atau tampilan dari website anda. Untungnya disini anda menggunakan wordpress sehingga sangat banyak sekali theme bertema traveling yang bisa anda dapatkan secara gratis pada menu theme.

Anda bisa mengetikan keyword travel pada pencarian theme wordpress ataupun menggunakan penyaring fitur yang tersedia. Akan ada ratusan theme yang akan muncul dan siap digunakan untuk website anda. Bagusnya lagi anda tidak perlu pandai coding untuk mengatur tampilannya.

Caranya untuk mendapatkan atau menginstall theme di wordpress silahkan login pada wordpress anda dan cari Appearance-Themes -Add New ( Tampilan-Tema-Tambah Baru) hanya perlu 3 langkah tersebut untuk mendapatkan theme traveling gratis.

5. Install Plugin Yang Mendukung Travel Blog Anda

Plugin ini membantu anda untuk menambahkan fungsionalitas dalam website anda tanpa perlu coding. Langkahnya sama saja seperti menginstall theme wordpress, yang membedakan hanya letak untuk installnya saja. Untuk install plugin ini pergi ke Plugin-tambah baru dan anda tinggal mencari.

Cari plugin yang bisa membantu anda untuk mengembangkan travel blog anda, Contohnya seperti Plugin Map/peta, Social Media Share, SEO, Caching, Contact Form dan lain sebagainya. Semua plugin yang bisa membantu travel blog anda menjadi lebih luar biasa dan memudahkan pembaca anda.

6. Membuat Content

Cara Membuat Travel Blog berikutnya adalah membuat content untuk di publikasikan pada travel blog anda. Content inilah yang akan membuat orang datang ke website anda untuk membaca dan berbagi kisah dengan anda.

Silahkan tulis apapun yang ingin anda tulis didalamnya. Untuk menulis content anda hanya perlu pergi ke menu pos dan klik tambah baru, maka halaman menulis akan muncul dihadapan anda untuk siap diisi. Jika anda kurang paham, silahkan baca artikel dibawah ini :

Baca : Bagaimana Cara Posting Di WordPress

Cara Membuat Travel Blog Dan Menghasilkan Uang

Setelah website anda terisi dengan berbagai content anda, selanjutnya adalah cara menghasilkan uang dari travel blog anda. Sangat banyak sekali pilihan yang bisa anda manfaatkan untuk menghasilkan uang dari blog anda. Berikut ini beberapa cara untuk menghasilkan uang dari travel blog anda;

1. Afiliasi

Anda bisa berafiliasi dengan beberapa perusahaan seperti perusahaan perjalanan, akomodasi, agen travel dan lain sebagainya untuk mulai menghasilkan uang. Cara kerjanya anda hanya perlu mempromosikan link afiliasi anda pada tulisan anda di travel blog.

Jika pembaca tulisan anda klik link tersebut dan melakukan pembelian, maka anda akan mendapatkan bayaran dari perusahaan tempat anda berafiliasi. Besarnya persenan yang anda dapatkan dari penjualan tersebut disesuaikan dengan kesepakatan antara anda dan perusahaan tersebut.

2. Google Adsense

Google adsense adalah media periklanan milik google, anda bisa mendaftar untuk menjadi publisher adsense untuk menampilkan iklan pada travel blog. Berbeda dari afiliasi, setiap klik yang terjadi pada iklan google adsense maka anda akan mendapatkan bayaran, Enak banget kan.

Baca : Pengertian Google Adsense

Untuk menjadi publisher adsense memang sedikit sulit, karena tidak semua blogger akan di approve oleh google adsense untuk menjadi publisher mereka. Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi untuk menjadi publsiher mereka, untuk lebih jelasnya silahkan mengunjungi kebijakan google adsense.

3. Menawarkan Jasa Anda

Dalam hal ini anda adalah seorang yang gemar traveling, maka anda bisa manfaatkan untuk mendapatkan uang. Caranya adalah anda bisa buka jasa tour kesuatu tempat yang pernah anda kunjungi. Anda memandu wisatawan untuk membuat liburan mereka menjadi berkesan.

4. Content/Artikel Berbayar

Perusahaan yang memiliki niche sama dengan anda, seperti bisnis perjalanan, ticketing dan lain sebagainya akan membayar anda untuk membuat tulisan yang berisi ulasan tentang produk atau jasa yang mereka tawarkan.

Terkadang mereka juga sudah menyiapkan artikelnya sehingga tugas anda hanya perlu menambahkan gambar, link, posting dan hal lain tergantung permintaan dari advertiser. Hanya dengan sebuah tulisan anda bisa mendapatkan bayaran.

5. Sponsored Trips

Jika anda sudah cukup dikenal dalam dunia travel blogger, Anda bisa saja mendapatkan perjalanan yang di sponsori oleh lembaga lembaga terkait seperti dinas pariwisata, perusahaan swasta ataupun sebuah tempat yang meminta anda untuk mengunjungi dan memberikan pendapat anda.

Penutup

Itulah dia panduan lengkap Cara Membuat Travel Blog mulai dari awal sampai dengan bagaimana menghasilkan uang dari kegiatan atau hobby anda jalan jalan dan menulis. Bagikan semua kisah anda dalam tulisan, pasti banyak orang yang butuh perndapat anda untuk sebuah destinasi.

Semoga artikel Cara Membuat Travel Blog ini dapat bermanfaat, jika ada kesalahan ataupun pertanyaan dalam artikel ini silahkan berikan masukan atau pertanyaan anda pada komentar section dibawah ini. Sekian dan terima kasih.

Share Article