Panduan Bisnis

Cara Memulai Bisnis Rumahan Dengan Modal Kecil

Cara Memulai Bisnis Rumahan Dengan Modal Kecil – Halo Indonesian Blogger, Sangat banyak sekali orang yang ingin memiliki bisnis yang dikelola sendiri tapi terhalang dengan yang namanya modal yang pas pasan alias kecil. Tapi jangan khawatir !!!

Cara Memulai Bisnis Rumahan

Salah satu cara untuk mewujudkan impian anda adalah dengan cara memulai bisnis rumahan dengan modal kecil yang anda miliki. Anda bisa memanfaatkan bagian yang ada dirumah anda untuk memulai bisnis  bisnis rumahan yang anda impikan.

Contohnya saja anda bisa manfaatkan ruangan dapur, halaman depan rumah, garasi, dan bagian rumah lain yang bisa anda manfaatkan. Dengan menjalankan bisnis rumahan, anda sudah bisa memangkas banyak pengeluaran.

Contohnya saja anda sudah memangkas biaya sewa ruko, biaya bensin untuk menuju ruko, dan pastinya hal itu akan menghemat tenaga anda sendiri. Sehingga semua biaya biaya tersebut bisa anda alokasikan untuk menambah modal bisnis anda.

Berikut ini Indonesian Blogger berikan beberapa tips dalam menentukan bisnis rumahan dan juga beberapa tips agar anda dapat meraih kesuksesan saat memulai bisnis rumahan anda sendiri. Jangan takut untuk memulai, action saja dulu.

Cara Memulai Bisnis Rumahan Dengan Modal Kecil

Perhatikan Peluang Bisnis

Cara Memulai Bisnis Rumahan pertama adalah anda harus perhatikan peluang bisnis apa yang ada. Tidak perlu mencari ide yang jauh, coba perhatikan lingkungan anda terlebih dahulu. Apa yang tetangga tetangga anda butuhkan, apa yang mereka gemari dan lain lain.

Baca : Peluang Usaha Modal Kecil Tahun Ini Dan Seterusnya

Sedangkan untuk anda yang letak rumahnya tidak strategis, berada didalam gang contohnya. Anda bisa memulai dengan membuka warung yang berjualan es, pulsa, snack, bumbu2 dapur sederhana, bumbu sachet dan bahan sehari hari lainnya.

Selain itu, letak rumah yang tidak strategis juga bisa anda gunakan untuk tempat produksi produk anda. Seperti tempat produksi kue, bikin kerajinan tangan, camilan, dan lain sebagainya. Jadi intinya perhatikan peluang disekitar anda.

Mulai Hitung Modal

Setelah anda mengetahui peluang bisnis apa yang menjanjikan disekitar anda, selanjutnya adalah menghitung modal. Bisnis anda tidak akan berjalan dengan baik jika modalnya tidak cukup, bahkan terealisasi pun rasanya berat.

Dalam menentukan modal, anda harus jeli dan teliti, karena jika salah perhitungan bisa jadi anda boncos karena pengeluaran yang tidak perlu. Tentukan dengan cermat apa saja yang dibutuhkan oleh bisnis anda, manfaatkan apa yang ada dirumah juga tidak masalah.

Libatkan Keluarga 

Cara Memulai Bisnis Rumahan berikutnya adalah dengan melibatkan campur tangan keluarga. Keluarga anda dapat membantu dalam berbagai hal seperti bantu dalam hal modal, bantu produksi, bantu promosi dan bantuan yang lain lain.

Baca Juga : Pengertian Dan Cara Membangun Brand Awareness

Tidak perlu keluarga jauh, anda bisa mengajak orang tua, kakak, adik, sepupu, bahkan tetangga anda sendiri sekalipun. Sebuah bisnis insyallah akan berjalan lancar dan terus berkembang jika ada bantuan dari keluarga sendiri baik itu materil ataupun non materil.

Memulai Di Waktu Yang Tepat

Dalam bisnis, anda juga harus menentukan kapan waktu yang tepat untuk memulai bisnis anda. Semua diperhitungkan dengan matang untuk menghindari kerugian atau setidaknya mengurangi jumlah kerugian. Contohnya anda mulai dibulan januari, dimana minat belanja menurun.

Kenapa bisa, karena mereka telah habiskan uangnya saat harbolnas bulan desember dan juga saat perayaan tahun baru. Contoh lainnya adalah saat dekat bulan ramadhan anda buka bisnis jualan baju muslim, takjil, keu lebaran dan lain sebagainya.

Pahami Administrasi Bisnis

Administrasi bisnis adalah proses pengelolaan perusahaan atau organisasi nirlaba guna menjaga kestabilan dan pertumbuhan organisasi. Cakupan bidang utama administrasi bisnis meliputi operasi, logistik, pemasaran, sumber daya manusia, dan manajemen.

Walaupun bisnis anda sekelas rumahan anda harus tetap belajar administrasi, karena salah satu faktor untuk kelangsungan bisnis anda adalah administrasi. Semua untung dan rugi bisa anda lihat pada catatan administrasi anda.

Jadi sudah kewajiban anda untuk mencatat semua pengeluaran dan pemasukan. Walau nilainya terbilang kecil anda harus tetap mencatatnya. Satu lagi yang perlu anda ingat adalah jangan campurkan uang pribadi dan uang dari bisnis anda.

Jangan Takut Gagal

Anda tidak akan tahu apa yang akan terjadi dalam bisnis anda jika anda tidak memulainya dari sekarang. Jangan terlalu pusing dengan pikiran takut untuk gagal, karena memang dalam bisnis hanya ada 2 kemungkinan yaitu gagal atau sukses.

Tidak ada pebisnis yang selalu sukses menjalankan bisnisnya, mereka sudah sering gagal bahkan sampai berkali kali. Bukan karena mereka bodoh justru mereka pandai, Mereka manfaatkan kegagalan tersebut untuk belajar dan memotivasi diri.

Terus Berinovasi

Cara Memulai Bisnis Rumahan berikutnya adalah terus berinovasi. Melakukan inovasi itu sangat penting untuk terus bersaing dengan produk lain dan juga untuk meningkatkan omset penjualan bisnis anda. Bisa saja hari ini produk anda sukses, tapi belum tentu besok.

Layaknya kita yang hidup didunia, Jika terus menggunakan produk yang itu itu saja pasti akan merasa bosan dan butuh sesuatu yang baru dengan fungsi yang lebih unggul dari yang sebelumnya. Itu adalah sifat alamiah manusia yang selalu berubah.

Jadi jangan lelah untuk terus berinovasi, bisnis anda harus tetap berkembang dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Bagaimana sih cara berinovasi? balik lagi pada point “Perhatikan peluang disekitar anda” temukan ide lalu kembangkan sesuai kebutuhan masyarakat.

Teknik Promosi Yang Tepat

Saat anda baru memulai bisnis, tentunya tidak banyak yang tahu tentang bisnis anda ini. Maka dari itu anda butuh yang namanya promosi, anda bisa manfaatkan promosi dari mulut ke mulut terlebih dahulu untuk memperkenalkan bisnis anda pada orang sekitar.

Baca Juga : Tingkatkan Omset Penjualan Dengan Teknik Copywriting

Jika anda memiliki keungan yang baik, anda bisa menggunakan promosi berbayar seperti facebook ads, endorse influencer, instagram ads , google ads dan media periklanan lainnya. Promosi bertujuan untuk memperluas jangkauan dari bisnis anda.

Tapi perlu anda ketahui, dalam beriklan, anda tidak bisa sembarangan karena bisa berujung dengan kerugian. Semisal anda beriklan di facebook ads, tapi targetnya tidak tepat maka sia sia saja anda beriklan. Maka dari itu tentukan target mareket anda terlebih dahulu.

Penutup

Seperti yang saya bilang sebelumnya, dalam berbisnis tidak semua berjalan dengan rencana yang anda buat. Anda butuh konsisten, tekun dan sabar untuk terus mengembangkan bisnis anda, hadapi masalah yang datang dan cari solusinya, menyerah bukanlah sebuah solusi.

Jangan hanya ingin bisnis terus berjalan tapi tanpa target yang jelas. Saat bisnis anda sudah mulai berjalan, anda harus punya tujuan yang harus dicapai kedepannya, karena tujuan tersebut yang akan menguatkan hati anda untuk terus maju sesulit apapun itu.

Itulah sedikit tips bagaimana Cara Memulai Bisnis Rumahan Dengan Modal Kecil. Semoga artikel ini bermanfaat dan jika terdapat kesalahan dalam artikel ini saya mohon maaf yang sebesar besarnya. Silahkan dishare ke teman teman lain jika bermanfaat, terima kasih.

Tags

Abdul Muhajir

I am a Blogger and Internet Marketer who wants to learn, grow and share some knowledge and my experience about Blogging and Internet Marketing to help other Creative Individuals find their passion and share it to the world.
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker