Home » Strategi Bisnis » Cara Memulai Bisnis Rumahan untuk Pemula agar Bisa Sukses
Tips Bisnis

Cara Memulai Bisnis Rumahan untuk Pemula agar Bisa Sukses

memulai bisnis rumahan
Cara Memulai Bisnis Rumahan

Di masa sulit seperti saat ini, banyak orang yang mengalami PHK dan bingung harus berbuat apa agar ekonomi terus berjalan. Memulai bisnis rumahan adalah salah satu yang bisa Anda coba.

Modal untuk menjalankan bisnis rumahan pun tidak membutuhkan modal yang sangat besar. Anda bisa memanfaatkan rumah sebagai tempat produksi, berjualan, dan sebagainya.

BACA JUGA: Ide Bisnis Modal Kecil Bahkan Tanpa Modal yang Bisa Anda Coba

Apabila kita berbicara soal bisnis, tentu saja tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan. Anda butuh tahu juga beberapa tips agar bisa sukses dalam menajalnkan bisnis rumahan.

Cara Memulai Bisnis Rumahan untuk Pemula

Berikut ini kami telah merangkum beberapa tips cara memulai bisnis rumahan yang bisa Anda terapkan. Silahkan simak di bawah ini:

Menentukan Produk

Hal pertama yang perlu Anda pikirkan secara matang-matang adalah produk apa yang akan Anda jual. Jika Anda punya produk yang unik dan belum pernah ada bisa jadi ide yang sangat bagus.

BACA JUGA: 5 Peluang Usaha Rumahan yang Menjanjikan dan Cepat Laku

Namun, jika tidak ada maka bisa melakukan teknik “Amati, Tiru, dan Modifikasi (ATM)”. Anda hanya perlu melakukan modifikasi agar produk tersebut menjadi lebih unik dan menjual. Ada banyak sekali peluang bisnis di luar sana

Misalnya berjualan pisang goreng, kalau hanya pisang goreng saja itu sudah ada di mana-mana. Anda bisa modifikasi dengan menambahkan keju, coklat, susu, dan condiment lainnya.

Buat Visi dan Misi yang Jelas

Hal mendasar dalam memulai bisnis adalah memiliki visi dan misi yang jelas. Memiliki visi dan misi yang jelas akan membantu Anda menentukan arah dan tujuan bisnis Anda kedepannya.

BACA JUGA: Fungsi Laporan Keuangan untuk Bisnis Skala Kecil

Anda dapat membuat point-point dari visi dan misi dari bisnis Anda. Point-point tersebut nantinya akan membantu Anda untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam bisnis Anda.

Buat Perhitungan Modal Memulai Bisnis Rumahan

Memulai bisnis itu tidak ada yang gratis, yang ada hanya modal sedikit dan banyak. Untuk itu, Anda harus membuat perhitungan berapa modal yang Anda butuhkan untuk memulai bisnis ini.

Anda perlu mencatat semua hal yang wajib untuk Anda beli dan menghindari yang tidak menjadi kebutuhan utama. Intinya hindari membeli barang yang belum dibutuhkan.

Dengan begitu, Anda bisa menghemat modal yang Anda miliki. Selain itu, Anda pun bisa memanfaatkan uang modal tersebut untuk keperluan yang lainnya.

Hindari Pemikiran Gagal Sebelum Memulai Bisnis

Banyak orang yang ingin memulai bisnis rumahan tapi terlalu memikirkan “Bagaimana jika saya gagal”. Bagaimana Anda bisa tahu hasilnya jika untuk memulainya saja masih ragu-ragu.

BACA JUGA: Cara Memulai Bisnis Online Sendiri dari 0

Ini persoalan mental dalam berbisnis, karena bisnis hanya ada 2 pilihan yaitu gagal dan sukses. Semakin memikirkan kegagalan maka semakin dekat pula Anda dengan kegagalan tersebut.

Anda bisa mengatasi hal ini seiring dengan berjalannya waktu. Semakin banyak pengalaman yang Anda miliki, maka semakin mudah Anda mengatasi pikiran soal kegagalan ini.

Memulai Bisnis Pada Waktu yang Tepat

Saat ingin memulai bisnis maka tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan. Jangan buru-buru, Anda butuh perencanaan yang matang kapan waktu yang tepat untuk memulai berbisnis.

Memulai bisnis pada waktu yang tidak tepat maka Anda bisa saja mengalami kegagalan.

Misalnya saja sebentar lagi kita memasuki bulan Ramadhan, maka Anda bisa buka bisnis yang dibutuhkan di bulan Ramadhan. Contohnya menjual pakaian muslim, kue, katering, dll.

Melakukan Promosi

Agar bisnis Anda cepat mendapatkan pembeli dan dikenal oleh orang banyak, maka Anda perlu melakukan promosi. Caranya dengan memanfaatkan media-media yang ada.

Misalnya dengan Instagram, Facebook, Twitter, dan sebagainya. Semua itu bisa Anda lakukan dengan gratis alias tanpa biaya. Tetapi kadang butuh waktu yang cukup lama.

BACA JUGA: Manfaat Social Media Marketing untuk Bisnis Online

Jika Anda butuh cepat, Anda bisa promosi dengan cara beriklan di media sosial yang disebutkan sebelumnya.

Cara ini lebih cepat karena produk Anda akan ditampilkan pada orang-orang yang tepat.

Kesimpulan

Itulah dia beberapa tips cara memulai bisnis rumahan untuk pemula. Semoga dapat membantu Anda yang ingin memulai berbisnis.

Jika Anda suka dengan artikel ini, silahkan dibagikan agar lebih banyak lagi yang mengetahuinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *