BerlanggananBerlangganan Artikel Gratis Langsung Di Email Anda

Cara Memulai Dan Mengembangkan Channel Youtube Dari Nol

Cara Memulai Dan Mengembangkan Channel Youtube Dari Nol – Halo Indonesian Blogger, Kembali kita bicara soal bagaimana sih cara menjadi youtuber dan bagaimana cara mengembangkan channel youtube kita mulai dari nol subscriber.

Menurut saya menjadi seorang youtuber sudah menjadi salah satu profesi yang dipertimbangkan di Indonesia. Bukan gimana gimana, youtube menjadi salah satu platform yang digunakan banyak orang untuk menjadi influencer dan menghasilkan pundi pundi rupiah.

Dan tau sendiri dong orang Indonesia, Dimana ada peluang menghasilkan uang tanpa harus bertanda tangan di atas kontrak sudah pasti menjadi primadona. Tapi sayangnya, tidak semua orang bisa berhasil dengan youtube, Bahkan lebih banyak yang menyerah daripada terus berkarya.

Saya juga sudah sering membahas seputar bagaimana sih menjadi youtuber dan apa saja yang dibutuhkan untuk memulai menjadi seorang youtuber. Jika anda belum membacanya, silahkan baca beberapa artikel dibawah ini :

Saya akan bahas lagi bagaimana sih Cara Memulai Dan Mengembangkan Channel Youtube Dari Nol subscriber. Pada artikel ini saya akan berikan 5 tips untuk memulai dan mengembangkan channel youtube yang saya dapat dari beberapa influencer di youtube.

Cara Memulai Dan Mengembangkan Channel Youtube Dari Nol

1. Mulai

Segala sesuatu akan terlihat hasilnya jika anda sudah memulai, begitupun dengan menjadi youtuber. Jika anda belum memulai bagaimana anda bisa mengetahui hasilnya. Ini adalah jawaban dari semua pertanyaan, jadi tidak perlu diragukan lagi point nomor 1 ini.

Jangan selalu mengeluh “ah susah jadi youtuber” tapi yang anda butuhkan adalah memulai upload video anda sendiri, Hanya itu yang anda butuhkan. Jika anda upload video, anda punya sesuatu untuk dilihat orang lain dan orang lain memiliki alasan untuk subscibe channel anda.

SO JUST GET STARTED AND GET YOUR FIRST VIDEO

2. Share Your Channel

Setelah anda memiliki video pada channel anda, selanjutnya adalah memberitahukan kepada orang orang tentang channel anda. Tidak perlu melakukan promosi yang berbayar, anda bisa memberitahu keluarga atau teman teman terdekat anda terlebih dahulu.

Selain itu anda bisa promosi secara gratis dan jangkauan yang luas dengan share channel anda di media sosial yang anda gunakan seperti Facebook, Twitter, Instagram dan lain lain. Mintai pendapat mereka tentang video yang anda upload, jangan menutup telinga akan kritikan yang diberikan.

Teman, keluarga atau follower anda dimedia social bisa saja menjadi subsciber pertama anda dan menjadi bagian dari perjalanan anda menjadi seorang youtuber. Satu lagi nih, letakan url channel youtube anda di media social yang anda gunakan seperti di bio instagram, facebook, dan twitter.

Anda butuh memberitahu dunia bahwa ini loh channel saya, ini loh video saya, bagus gak blablabla. Semisal anda sedang buat video blog belanja di indomaret, Beritahu pegawai mereka bahwa jangan lupa ya nonton video ini di channel saya dan jangan lupa disubscribe ya.

3. Fokus Pada Satu Topik

Fokus pada satu topik akan membuat channel anda punya brand sendiri dan akan memudahkan anda dalam membuat video video baru kedepannya. Dengan fokus pada satu topik anda akan mendapatkan penonton yang loyal, dan menarik minat orang yang menyukai topik yang anda bahas,

Misalkan anda suka masak, anda upload video video tentang memasak pada channela anda, Maka orang orang atau subsciber anda yang ingin belajar masak bisa tau mereka harus kemana. Khusus point ini akan saya buatkan artikel tersendiri tentang bagaiamana mencari atau menemukan topik yang sesuai.

4. Mengajak Dan Mengikut Sertakan Viewer

Ini juga termasuk point penting untuk Cara Memulai Dan Mengembangkan Channel Youtube Dari Nol. Dimana setelah video anda selesai di upload, Pergi ke youtube channel lain yang memiliki minat atau satu niche dengan anda dan berkomentar disana, dengan harapan viewer mereka akan mampir juga di channel anda.

Anda tidak bisa melakukan “upload-beres” saat baru memulai, harus ada sedikit usaha. Anda harus menggunakan social media anda untuk mencari orang yang punya minat atau ketertarikan yang sama dengan jenis konten yang ada di channel youtube anda lalu ajak mereka untuk melihat video anda.

Baca : Tips Cara Mendapatkan Banyak Viewer Video Youtube

Jika ada komentar yang masuk pada video anda, maka sebisa mungkin anda harus membalasnya. Dan jika sudah anda balas cobalah untuk menelusuri akun tersebut, apakah dia punya channel youtube juga untuk kita komen balik atau tidak, jika ada maka berikan komentar juga pada videonya, jika tidak yasudah balas saja komentarnya.

Anda hanya perlu mencari video yang satu type dengan anda, misal anda bahas makanan, ya carilah channel yang bahas makanan dan komentari dengan sesuai apa yang ada pada video itu. Contohnya, saya juga penikmat pedas, wajib cobain nih makanannya, Intinya gitulah.

Perlu anda ingat saat baru mengembangkan channel youtube, anda masih berada di komunitas yang kecil, jadi jangan sombong pada subsciber yang sudah membantu channel anda untuk berkembang. Jika anda support mereka dengan jawab komen atau pertanyaan misalnya, maka mereka juga akan support channel anda.

Jangan memberi komentar “subscribe channel saya” di kolom komentar video orang lain !!!

5. Fokus Dan Tetap Belajar

Cara Memulai Dan Mengembangkan Channel Youtube Dari Nol berikutnya adalah kualitas. Kualitas terbaik bukanlah sebuah kebetulan, kualitas yang terbaik dibentuk melalui proses yang panjang dan semua itu butuh yang namanya konsisten, fokus dan terus belajar.

Baca : Cara Membuat Thumbnail Youtube Di Android Dan Online

Sudah baguskah channel anda, Jika belum maka teruslah belajar untuk membuat judul, thumbnail dan lain sebagainya. Untuk mempelajari semua ini, anda bisa bergabung di creator academy. disitu sudah lengkap bagaimana untuk mengembangkan channel youtube, mulai dari content, grapich design, branding dan lain lain.

6. Konten

Untuk mendapatkan subscriber dan mengembangkan channel youtube, anda harus memiliki konten yang memiliki value terhadap penontonnya. Entah itu video lucu anda, video tutorial anda, video apapun itu, yang terpenting memiliki value untuk mereka yang menonton.

Jika anda bisa memenuhi keinginan penonton yang ada di channel youtube anda, anda sudah didalam jalur yang benar. Baik dalam dunia blogging ataupun youtube, ada istilah konten is king. Bisa disimpulkan semakin bagus konten anda, semakin banyak orang yang cari konten anda maka semakin besar pula jumlah views yang anda dapat.

Itulah sedikit tips bagaiamana Cara Memulai Dan Mengembangkan Channel Youtube Dari Nol, semoga dapat bermanfaat untuk anda yang ingin memulai menjadi youtuber tapi belum mengerti. Sekian dari saya , jika ada kesalahan dalam artikel ini saya mohon maaf, terima kasih.