BerlanggananBerlangganan Artikel Gratis Langsung Di Email Anda

Cara Mendinginkan Komputer Dengan Cepat

Cara Mendinginkan Komputer Dengan Cepat, Pada saat ini komputer dan laptop sudah bukan menjadi barang mewah lagi tetapi sudah bisa dikatakan sebagai kebutuhan bagi kebanyakan orang. Komputer dan laptop digunakan untuk berbagai hal seperti bekerja, mencari informasi, data, berkomunikasi dan lain sebagainya.

Cara Mendinginkan Komputer

Dengan intensitas kerja yang berlebihan kadang membuat komputer yang sedang kita gunakan menjadi panas dan komputer akan mengistirahatkan diri dengan sendirinya. Istirahat sendiri maksudnya komputer mati atau restart secara sendiri.

Kadang komputer yang panas ini bikin kita rugi juga loh. Misalkan kita sedang membuat sebuah laporan kerja yang sangat banyaaaaak sekali dan sekarang udah beres nih waaah lega deh. Tapi pas udah selesai komputer malah mati padahal belum di save waaah bener bener dah tuh rasanya nyeees.

Baca : Mengenal Komputer Dan Jenis Jenisnya

Sangat banyak cara untuk mendinginkan komputer yang kita gunakan agar tetap stabil dan nyaman saat digunakan. Saran saya jangan menggunakan es batu atau dimasukin kulkas ya kalau mau dinginin komputer atau laptop kamu nanti malah rusak. Tapi gini nih caranya mudah dan praktis

Cara Mendinginkan Komputer Dengan Cepat

1. Menggunakan Cooling Pad

CoolingPad adalah sejenis kipas pendingin untuk laptop. CP ini adalah kipas eksternal  yang bisa menurunkan sedikit panas dari laptop kamu lumayan kan turun dikit. Saya ada tips sedikit memilih CP yang bagus untuk kamu untuk Cara Mendinginkan Komputer ,berikut beberapa tipsnya

  • Pilih CP yang tiupan angin kipasnya mengarah keluar bukan ke laptop. Jika mengarah keluar maka panas dari laptop akan mengarah keluar bukan kembali ke arah laptop kamu.
  • Pilih CP yang sesuai panas dari laptop kamu, Kalau panasnya dibagian CPU maka gunakan kipas yang tepat berada di bawah CPU begitu juga dengan yang lain. Karena tidak semua bagian laptop menghasilkan panas.
  • Pilih CP yang terbuat dari bahan metal atau besi, jika menggunakan yang besi maka dapat membantu menyerap panas yang dihasilkan laptop, bahan plastik tidak bisa.

2. Rajin Membersihkan Debu

Kadang orang malas atau tidak tahu bagaimana cara membersihkan komputer yang mereka gunakan sehari hari. Jika komputer yang jarang dibersihkan maka debu akan menempel dan akan membuat CPU kamu semakin panas. Cobalah untuk rutin membersihkannya 1-2 bulan sekali atau sudah dirasa berdebu juga boleh membersihkannya.

3.Menambahkan Kipas

Cara berikutnya dengan menambahkan kipas kedalam CPU. walaupun CPU bawaan sudah ada kipasnya tapi jika masih panas apa salahnya ditambah 1 lagi. Coba tambahkan kipas dan pasang secara terbalik untuk mengeluarkan udara panas yang dihasilkan komputer kamu.

4. Meng-Istirahatkan Komputer

Setelah penggunaan komputer dalam jangka panjang atau digunakan bermain game maka sebaiknya komputer dimatikan untuk istirahat sejenak. Kalian kalau udah cape kerja atau sekolah terus dilarang istirahat apa rasanya ? kalau komputer bisa ngomong mungkin dia akan teriak teriak.

Itulah sedikit cara tentang bagaimana mendinginkan komputer dengan cepat dan mudah. Jika kamu masih merasa kurang jelas dengan penjelasan diatas silahkan lihat video dibawah ini tentang bagaimana mendinginkan komputer yang baik dan benar, selamat menyaksikan