Menu Close

Cara Menghemat Kuota Internet di Smartphone

Cara Menghemat Kuota Internet – Halo Indonesian Blogger, Ada dua opsi populer untuk mengakses Internet melalui smartphone Android, yaitu menggunakan data seluler dan jaringan Wi-Fi. Jika Anda memilih data seluler, Anda harus berhemat saat menggunakan Internet.

Cara Menghemat Kuota Internet

Mengapa karena jika Anda boros, kuota Anda akan cepat habis dan dihentikan sebelum masa aktifnya selesai. Jadi, Anda perlu berhemat. Selain mengurangi intensitas penggunaan, ada 12 tips lagi untuk cara menghemat kuota internet Anda di Android, seperti berikut ini.

Cara Menghemat Kuota Internet

Mengurangi Kualitas Video

Berapa lama waktu yang Anda habiskan untuk menonton video atau streaming di youtube dan platform lainnya? Semakin lama Anda menonton video dengan kualitas tinggi maka semakin banyak kuota yang harus Anda keluarkan saat menonton.

Jadi sebaiknya saat menonton video ataupun streaming, gunakanlah resolusi video 360,240 atau dibawahnya. Jika menggunakan youtube, Anda bisa mendownload video dengan resolusi medium (360) sehingga Anda bisa menghemat kuota internet Anda.

Baca juga: 10 Aplikasi Antivirus Terbaik Untuk Android

Selain itu, Anda juga bisa mendownload video yang ingin Anda tonton saat tersambung dengan wifi, saat di kantor misalnya. Sehingga saat bersantai dirumah Anda bisa menikmati video tanpa harus mengeluarkan kuota.

Gunakan Data Saver

Beberapa platform sudah menyediakan fitur data saver, beberapa diantaranya adalah Chrome, Twitter, Instagram, dan lain sebagainya. Maka manfaatkan fitur tersebut untuk menghemat kuota internet Anda.

Dengan menggunakan data saver, size halaman yang diunduh akan menjadi lebih ringan (50%). Dengan load halaman yang ringan, artinya kuota yang diperlukan juga tidak banyak.

Gunakan Aplikasi Medsos Versi Lite

Beberapa medsos sudah menyediakan aplikasi versi lite, beberapa diantaranya seperti facebook, twitter, linkedin, dan lain sebagainya. Sebaiknya gunakan yang versi lite saja untuk menghemat kuota.

Jejaring sosial facebook misalnya, sangat menyeramkan dalam konsumsi baterai dan penggunaan kuota internet. Ini karena aplikasi mengirimkan pemberitahuan notifikasi secara berkala. Meskipun Anda telah menutupnya, aplikasi ini masih menghabiskan kuota di latar belakang.

Anda juga dapat menggunakan facebook secara gratis, caranya juga sudah pernah saya bahas diblog ini. Silahkan baca ini; Cara Facebook’an gratis tanpa kuota.

Sama halnya dengan Facebook, twitter juga memiliki aplikasi lite. Jika Anda terlalu aktif di twitter, sebaiknya gunakan aplikasi versi litenya untuk menghemat kuota Anda.

Simpan Musik Secara Offline

Saya termasuk orang yang sangat senang mendengarkan musik di spotify, namun kuota yang diperlukan juga tidak sedikit. Untuk mengatasi hal ini, saat Anda terhubung dengan wifi sebaiknya download lagi favorite Anda.

Baca juga: Aplikasi Untuk Buat CV Mudah di Android

Dengan begitu Anda bisa mendengarkan music tanpa harus mengeluarkan kuota lagi. Kekurangan cara ini adalah Anda hanya bisa mendengarkan lagu yang itu-itu saja.

Nonaktifkan Auto Update di Playstore

Pembaruan otomatis adalah fitur di Google Play Store. Secara default, Android mengaktifkan fungsi ini sehingga sistem secara otomatis akan melakukan update ketika ada pembaruan pada aplikasi yang sudah Anda install.

Dengan menggunakan fitur auto update ini tentu akan menggunakan dan menghabiskan kuota internet Anda dengan cepat, terlebih lagi jika size file yang didownload itu besar.

Untuk nonaktifkan fitur ini sangat mudah, Anda hanya perlu membuka Playstore > Settings > Auto-update apps > rubah menjadi Auto-update over wifi only.

Membatasi Penggunaan Data Seluler

Cara menghemat kuota berikutnya adalah dengan membatasi penggunaan kuota internet Anda.

Caranya:

  1. Masuk ke bagian setting,
  2. Pilih data usage,
  3. Silahkan set mobile data limit Anda sesuka hati.

Dengan membatasi penggunaan data, Anda akan menerima peringatan pertama jika kuota Internet yang digunakan melebihi maksimum sekuel pertama, tetapi Anda masih dapat menggunakan akses Internet.

Baca juga: Cara Mengetahui Siapa yang Maling HP Anda

Pada peringatan yang kedua, akan muncul ketika Anda melewati sekuel 2, dan sistem akan secara otomatis memblokir akses ke Internet.

Nonaktifkan Sinkronisasi

Sadar atau tidak, dengan mengaktifkan fitur sync ini akan menggunakan data seluler Anda walaupun Anda tidak membuka aplikasinya. Fungsi sync ini adalah untuk selalu memperbarui halaman secara otomatis.

Contohnya email, jika fitur sync diaktifkan maka saat Anda membuka gmail, semua email baru sudah berada didalam inbox Anda tanpa harus di refresh terlebih dahulu.

Dengan nonaktifkan fitur ini, tentu akan menghemat kuota internet Anda.

Gunakan Wifi Saat Tersedia

Saat Anda berada di tempat umum semisal cafe, restoran dan lain lain, manfaatkan wifi yang telah disediakan. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengeluarkan kuota saat berada di tempat tersebut.

Cara menghemat kuota internet satu ini sangat cocok untuk Anda yang sering main ke tempat umum yang menyediakan free wifi.

Gunakan Browser yang Hemat Kuota

Walaupun chrome ada fitur data savernya, namun iklan dari blog pasti akan tetap muncul saat di akses. Berbeda dengan browser seperti UC Browser, dimana mereka tidak menayangkan iklan yang ada pada sebuah website.

Jika tidak ada iklan, maka jumlah file yang haru di load juga tidak banyak, sehingga kuota internet Anda tidak terpakai terlalu banyak. Untuk menggunakan browser ini, Anda bisa install di playstore secara gratis.

Jangan Habiskan Waktu Lama di Instagram

Mungkin Anda sudah tahu bahwa Instagram adalah salah satu aplikasi yang dapat menguras kuota Anda dengan cepat. Kenapa? Karena untuk load gambar baru Anda harus mengeluarkan kuota, untuk play video dan upload pun butuh kuota.

Sedangkan di Instagram ada ratusan foto yang mungkin saja Anda lihat baik di homepage Anda ataupun di bagian explore. Nah untuk load gambar Anda butuh lebih banyak kuota dibandingkan untuk load text.

Baca juga: Cara Menemukan HP yang Lupa Taruh dengan Tepuk Tangan

Terlebih lagi jika file gambar yang akan di load memiliki kualitas yang tinggi. Jadi untuk cara menghemat kuota ini Anda sebaiknya mengurangi aktifitas scroll di Instagram.

Anda bisa menggunakan fitur reminder yang ada di Instagram. Caranya akan saya jelaskan pada video dibawah, namun saya akan berikan tips instagram lainnya terlebih dahulu.

Untuk menghemat kuota Anda saat bermain Instagram, Anda bisa mengaktifkan fitur data saver yang ada di Instagram. Berikut ini saya berikan video bagaimana cara untuk set reminder dan juga aktifkan data saver di Instagram, simak video singkat dibawah ini.

Penutup

Itulah dia beberapa tips bagaimana cara menghemat kuota internet di ponsel Anda dengan mudah. Semoga bisa bermanfaat dan silahkan share keteman teman Anda agar tulisan ini bisa bermanfaat untuk banyak orang, terima kasih.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *