BerlanggananBerlangganan Artikel Gratis Langsung Di Email Anda

Pengertian Dan Cara Setting Robot.txt Pada Blogger

Cara Setting Robot.txt Di Blogger – Kali ini saya akan berbagi sedikit tentang Cara Setting Robot.txt Di Blogger. Untuk yang sudah profesional dalam dunia blogging ini pasti sudah paham dan mengerti tentang hal ini, tapi belum tentu teman kita yang masih belajar dalam dunia blogging mengerti hal ini. Hal yang banyak ditanyakan para blogger baru adalah sebagai berikut menurut saya

  1. Apasih Robot.txt Itu ?
  2. Perlukah Setting Robot.txt
  3. Apa Dampak Jika Tidak Menyetting Robot.txt
Cara Setting Robot.txt Di Blogger
Pada Artikel kali ini saya akan membahas pertanyaan tersebut dan menjelaskan bagaimana Cara Setting Robot.txt yang baik dan benar. Silahkan disimak dan dipahami semoga dapat membantu untuk yang sedang belajar blogging.
  1. Robot.txt adalah sebuah file yang digunakan untuk membatasi akses dari mesin pencari untuk menelusuri atau tidak pada sebuah halaman blog kita. Dengan fitur robot.txt ini memungkinkan kita untuk mengontrol dan mengizinkan mesin pencari untuk mengindex halaman tertentu.
  2. Jika menurut pendapat saya Perlu, Mengapa ? agar robot itu tidak mengindex halaman yang tidak kita inginkan di search engine seperti Google,Yahoo & Bing yang tidak kita perlukan. Bisa jadi ada beberapa halaman web yang tidak ingin di index oleh search engine. Selain itu dengan mengaktifkan Robot.txt dapat mengoptimalkan SEO blog anda.
  3. Dampak tidak memasang atau setting Robot.txt , Tidak ada dampak apapun blog sobat akan tetap di rayapi oleh robot robot tersebut karena setiap blog sudah memiliki setelan robot.txt deffault.

Baca : Kesalahan SEO Yang Harus Di Hindari Pemula

Seperti yang sudah saya sebutkan di penjelasan nomor 3 setiap blog memiliki robot.txt default dan biasanya berbentuk seperti ini :

Cara Setting Robot.txt Di Blogger

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:

User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /

Sitemap: http://BlogKamu/feeds/posts/default?orderby=UPDATED

Penjelasan Kode Script Diatas :

-User-Agen : Mediapartners-Google
Robot Google Adsense Merayapi Blog

-Disallow:
Yang tidak diperbolehkan tidak ada

-User-agent: *
Semua robot search engine

-Disallow: /search
Tidak diperbolehkan merayapi folder search dan seterusnya seperti /search/label dan juga search/search?updated

-Allow: /
Mengizinkan semua halaman untuk dirayapi kecuali yang tertulis pada Disallow diatas. Tanda (/) artinya Home Blog atau nama Blog

-Sitemap: http://BlogKamu.blogspot.com/feeds/post/default?orderby=UPDATED
Sitemap atau alamat blog kita

Bagaimana Cara Edit Robot.txt

“Peringatan! Gunakan dengan hati-hati. Penggunaan yang tidak benar dari fitur tersebut dapat mengakibatkan blog anda diabaikan oleh mesin telusur”

  • Pertama Silahkan Anda pergi ke menu “setelan” dan ” Preferensi Penelusuran” seperti gambar dibawah ini
Cara Setting Robot.txt Di Blogger
  • Setelah itu klik klik “Edit” Pilih “YA” dan Masukan Robot.txt nya
Cara Setting Robot.txt Di Blogger
  • Dan terakhir simpan Robot.txt nya dan biarkan dia bekerja dengan sendirinya.
Simple bukan caranya namun saya tegaskan lagi berhati hati dalam menggunakan Robot.txt ini karena dengan kesalahan sedikit saja akan membuat blog anda diabaikan oleh mesin telusur. Demikian artikle kali ini tentang Pengertian Dan Cara Setting Robot.txt Pada Blogger , Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua dan  jika ada kritik dan saran silahkan mengisi kolom komentar. Terima kasih telah membaca artikel Kroco Net.