Pahami Hak Cipta Pada Youtube

Pahami Hak Cipta Pada Youtube

Hak Cipta Youtube ? apakah itu dan bagaimana menghindari dan menyelesaikannya ? Artikel ini adalah kelanjutan dari 3 artikel sebelumnya yang membahas masalah Youtuber. Jika sobat belum membaca ke 3 artikel sebelumnya, silahkan ikuti link dibawah ini untuk lebih jelasnya.

  1. Cara Menjadi Youtube Pemula Sukses
  2. Cara Membuat Channel Youtube
  3. Pentingnya Subscriber Untuk Channel Youtube

Menurut wikipedia Hak Cipta dapat diartikan sebagai hak eksklusif Pencipta atau Pemegang Hak Cipta untuk mengatur penggunaan hasil penuangan gagasan atau informasi tertentu.Hak Cipta Youtube

Hak cipta merupakan “hak untuk menyalin suatu ciptaan”. Hak cipta dapat juga memungkinkan pemegang hak tersebut untuk membatasi penggandaan tidak sah atas suatu ciptaan. menggunakan konten yang memiliki copyright tanpa menggunakan izin dari pihak pertama sangat berpengaruh buruk untuk channel youtube anda.

Youtube hanya mengizinkan anda untuk upload video buatan anda sendiri. Beberapa konten yang memiliki hak cipta adalah Musik atau Lagu, Cuplikan program berhak cipta ( contoh: program televisi ), dan video orang lain yang berhak cipta.

Apa Yang Harus Dilakukan Jika Mendapatkan Teguran Hak Cipta Youtube?

Teguran Pertama, Youtube akan memberikan peringatan pada anda untuk mematuhi pedoman komunitas youtube. Selain itu beberapa fitur yang sudah tersedia di channel anda akan di nonaktifkan sementara sampai masa teguran selesai. Pengalaman saya sendiri saya tidak bisa menggunakan fitur live streaming.

Jika anda mendapat teguran sebanyak tiga kali maka Channel anda akan dihapus youtube, semua video yang sudah anda upload akan ikut dihapus, selain itu fatalnya anda tidak akan bisa lagi mendaftarkan akun baru, parah kan.

Lalu Video yang terkena Hak Cipta Youtube diapain ?

Silahkan menghubungi pihak yang klaim video yang anda upload dan menawarkan penghapusan video atau meminta pencabutan klaim pada konten tersebut. Jika anda merasa konten tersebut benar milik anda silahkan ajukan banding pada youtube. Selain itu anda bisa melakukan hal berikut ini ( Dalam beberapa kasus )

1. Membiarkannya, Klaim konten biasanya membolehkan anda menggunakan kontennya namun video anda akan dimonetize oleh mereka, Jika anda setuju dengan hal tersebut anda bisa membiarkannya saja.

2. Hapus Kontennya, Jika anda menggunakan sebagian cuplikan konten yang memiliki hak cipta pada video anda seperti lagu atau video, anda bisa menghilangkan lagunya dan ganti musik yang ada di audio library youtube atau menghapus bagian video yang memiliki hak cipta.

3. Bagi hasil dengan pemilik hak cipta, Jika kalian termasuk anggota Program Mitra YouTube, dan Anda telah menyertakan musik di video kalian, kalian mungkin dapat berbagi pendapatan dengan pemilik hak musik. Untuk lebih jelasnya baca disini : Monetize Video Cover

Bagaimana agar saya bisa menggunakan konten yang berhak cipta?

Untuk hal ini anda bisa langsung menghubungi pemilik konten untuk menggunakan sebagian atau seluruh isi konten. Youtube sendiri sudah menyediakan Audio Library yang berisi musik yang bebas untuk anda gunakan.

OK Mungkin hanya itu yang bisa saya berikan perihal Hak Cipta Youtube, Jika ingin sukses di youtube ada baiknya anda menggunakan konten yang anda buat sendiri karena pasti lebih aman dan jauh lebih aman. Selain itu mungkin anda akan lebih di kenal orang melalui youtube channel anda.