BerlanggananBerlangganan Artikel Gratis Langsung Di Email Anda

Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Berganti Domain

KrocoNet.com – Baru saja kemarin saya berganti domain dari kroconet.blogspot ke www.kroconet.com dan saya juga mulai kebingunan dengan apa yang harus saya lakukan setelah berganti domain karena saya juga termasuk blogger yang masih newbie . saya mencoba searching searching mencari artikel yang sedang saya butuhkan untuk hari itu juga. jadi kali ini saya akan berbagi tips sedikit tentang Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Berganti Domain agar teman teman tidak merasa kebingunan seperti saya .Jujur saya berganti domain tanpa memikirkan hal yang akan terjadi setelah itu , dan  Efek Berganti Domain sangat banyak seperti mengulang kembali membangun sebuah blog.

Hal yang harus dilakukan setelah berganti domain
Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Berganti Domain

  • Mendaftar Ulang Webmaster Tool 

Hal pertama setelah berganti domain anda harus Mendaftarkan ulang blog anda di Google webmaster tool , BING , Yahoo . Hal ini dilakukan untuk memberi tahu mesin pencari bahwa kita telah berganti domain dari yang lama ke domain yang baru. agar mesin pencari bisa mengembalikan semua hal yang ada pada blog anda. lakukan Verifikasi ulang terhadap blog anda ke webmaster,bing,yahoo. untuk mendapatkan meta tag yang baru.

  • Submit Url Blog Ke Search Engine
Dengan mengirimkan Url blog anda kepada mesin pencari akan mempermudah blog anda terindex oleh mesin pencari. Hal ini sangat wajib untuk dilakukan agar blog kita kembali seperti dulu dalam mesin pencarian. karena dengan mengirimkan url blog kita yang baru maka proses crawl oleh spider google. Untuk google bisa dengan pergi ke http://www.google.com/addurl/ dan untuk bing http://www.bing.com/webmaster/SubmitSitePage.aspx 

  • Ping Blog
Ping blog berguna untuk memanggil spider google untuk mengindex halaman blog kita . Untuk fasilitas Ping blog anda bisa mengunjungi beberapa situs ini
  1. http://googleping.com/
  2. http://pingates.com/
  3. http://pingomatic.com/
  4. http://totalping.com/
  5. http://mypagerank.net/
  • Lakukan Verifikasi Alexa Rank
Ketika berganti domain sudah pasti blog anda akan turun peringkat alexa rank nya. jika kita tidak memverifikasi ulang alexa rank kita maka data alexa rank anda tidak akan muncul walaupun alamat blog anda tetap muncul seperti biasanya seperti contoh http://bloganda.blogspot.com tidak berubah menjadi www.bloganda.com.
  • Tetap Melakukan Blogging Seperti Biasa
Walaupun anda seperti membuat blog baru tapi anda tetap harus melakukan blogging seperti biasa. contohnya melakukan blogwalking , saling follow blog dan kegiatan blogging lainnya seperti biasa. Kegiatan ini bertujuan untuk memperbaiki SEO blog anda kembali seperti semula bahkan bisa lebih dari sebelumnya.
  • Mempromosikan Blog
Promosi adalah memperkenalkan blog anda kepada teman,keluaraga,kerabat atau siapapun ,Promosi bisa dilakukan dengan berbagai cara semisal melalui media sosial seperti facebook,twitter,linkedin dan berbagai media sosial lain yang anda gunakan hal semacam ini untuk mendapatkan feedback dari pengunjung media sosial anda.
Untuk Pemilik Akun Google Adsense
Jika anda telah berganti domain iklan pada blog anda tidak akan muncul seperti biasanya karena itu anda harus merubaha alamat blog anda pada dashbor google adsense anda dan silahkan tunggu team adsense akan mereview ulang blog anda.
Semoga cara diatas dapat bermanfaat dan membantu para blogger yang baru saja berganti domain. saya juga sedang merasakan hal yang sama dan saya telah melakukan hal hal diatas dan hasilnya bisa dilihat sendiri pada blog saya. Jika kalian menyukai artikel ini silahkan anda share keteman teman anda untuk kritik dan saran silahkan berkomentar pada kolom yang tersedia, Terima Kasih.