Ide Bisnis Sektor Pariwisata Indonesia Yang Menjanjikan

Ide Bisnis Sektor Pariwisata – Halo Indonesian Blogger, Saat ini sektor pariwisata Indonesia banyak menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara sehingga berkontribusi untuk kira-kira 4% dari total perekonomian. Pada tahun 2019, Pemerintah Indonesia ingin meningkatkan angka ini dua kali lipat.

Kunjungan pariwisata di Indonesia sendiri sangat tinggi, seperti yang kita tahu bahwa Indonesia memiliki pesona kekayaan alam yang begitu cantik. Hal ini merupakan sebuah peluang yang sangat baik bagi anda yang ingin membuka bisnis di sektor pariwisata.

Baca : Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Bisnis Anda

Terlebih lagi jika anda memang tinggal di sekitaran lokasi pariwisata, pasti peluang untuk berhasilnya akan lebih besar lagi. Oke, berikut ini beberapa ide bisnis sektor pariwisata yang bisa anda jalankan;

Ide Bisnis Sektor Pariwisata

1. Travel Guide

Untuk anda yang berdomisili di kota kota yang memiliki tempat wisata yang menjanjikan seperti Bali, Yogyakarta, Lombok, Manado dan lain lain tentu hal ini menjadi ladang bisnis yang sangat menjanjikan, terlebih anda adalah putra/putri daerah pasti mengenal daerah tersebut.

Selain harus memiliki wawasan yang luas, anda juga harus memiliki kemampuan yang mendukung untuk memandu wisatawan. Salah satu kemampuan wajib yang anda miliki adalah kemampuan dalam berbahasa inggris, karena wisatawan bukan hanya lokal tapi juga mancanegara.

Sebagai media promosi bisnis Travel Guide, Anda dapat memanfaatkan berbagai media sosial seperti Facebook, Instagram, Youtube dan media sosial lainnya. Selain memangkas budget, kebanyakan orang akan mencari-cari informasi tempat wisata sebelum berangkat liburan lewat media sosial.

Baca : Apakah Perlu Untuk Belajar Bahasa Inggris?

2. Membuka Guesthouse Atau Homestay

Ide Bisnis Sektor Pariwisata yang berikutnya adalah membuka guesthouse atau homestay di sekitar daerah pariwisata tersebut. Jika anda memiliki rumah atau kamar kosong yang tak terpakai, sewakan kamar tersebut kepada pelancong untuk mendapatkan uang dengan mudah.

Pastikan penginapan yang anda tawarkan itu layak pakai dan tentu saja nyaman bagi wisatawan. Anda bisa memanfaatkan dan bekerja sama dengan jaringan agen travel online seperti Traveloka, Airy Room, dll untuk memasarkan hunian yang Anda miliki.

Jangan lupa juga untuk mendaftarkan bisnis penginapan di Google Maps. Agar ketika orang mencari keyword penginapan di daerah Anda, maka bisnis Anda akan muncul di hasil pencarian. Jangan lupa juga untuk memasukan atau memasang foto terbaik dan alamat yang benar dan jelas.

3. Menyewakan Kendaraan

Ide Bisnis Sektor Pariwisata selanjutnya adalah dengan menyewakan kendaraan kepada pelancong. Bisnis yang satu ini sangat potensial untuk daerah daerah pariwisata. Karena wisatawan tidak akan stay disatu tempat wisata saja melainkan berpindah dari satu lokasi ke lokasi wisata lainnya.

Anda dapat menyediakan kendaraan yang anda miliki, contohnya punya motor berlebih yang jarang dipakai waah bisa banget tuh untuk disewakan. Namun untuk anda yang memiliki lebih banyak modal, bisa juga untuk membeli kendaraan untuk disewakan.

Bukan hanya roda 2, anda juga dapat menyewakan kendaraan roda 4 untuk mereka yang bepergian beramai ramai. Namun perlu di ingat, anda harus menyiapkan kendaraan yang memiliki dokumen lengkap agar penyewa kendaraan merasa aman dan juga tidak mendapatkan kerugian ketika berkendara di jalan raya.

Baca : Cara Membuat Travel Blog Dan Menghasilkan Uang

Untuk hal keamanan kendaraan agar tidak dicuri atau hal hal yang tidak di inginkan lainnya, anda dapat menggunakan teknologi GPS yang disematkan pada kendaraan yang disewakan. Fungsinya untuk mengetahui atau memantau dimana letak kendaraan kapan saja.

HOTEL, RESORT, HOSTEL, DLL.
Harga terbaik untuk lebih dari 2 juta properti di seluruh dunia

> BOOKING SEKARANG <

Penutup

Itulah dia beberapa ide bisnis yang dapat anda coba jalankan, Apakah anda tertarik untuk mencoba salah satu ide bisnis pariwisata di atas atau anda memiliki ide lain? Jika iya yuk share di kolom komentar ( Hanya tersedia di versi Desktop ) agar memberi banyak manfaat.

Disqus Comments Loading...

This website uses cookies.