Menu Close

Ide Bisnis Untuk Mahasiswa Dengan Modal Kecil Dan Skill

Ide Bisnis Untuk Mahasiswa – Halo Indonesian Blogger, Kali ini saya ingin berbagi sedikit seputar bisnis bisnis sederhana yang tidak butuh modal yang besar dan pastinya bisa dijadikan sumber income untuk seorang mahasiswa guna menambah uang bulanan.

Ide Bisnis Untuk Mahasiswa

Bukan sebuah hal asing jika ada mahasiswa yang bekerja paruh waktu untuk membiaya kuliah sendiri tanpa harus membebani semua kepada orang tua. Tapi sebelumnya, saya hanya ingin peringatkan bahwa menuntut ilmu dan bekerja itu tidak mudah dijalani.

Dengan jadwal kuliah yang fleksibel, membuat anda punya banyak waktu untuk bekerja paruh waktu. Namun apakah anda sudah menemukan ide bisnis untuk mahasiwa yang cocok? Jika belum, berikut ini beberapa ide bisnis yang bisa anda jalankan;

Ide Bisnis Untuk Mahasiswa Dengan Modal Kecil Dan Skill

Ifluencer

Ide bisnis ini saya tempatkan pada nomor satu karena memang sangat mudah untuk dikerjakan. Seperti yang kita ketahu, beberapa tahun kebelakang ini dunia media social di Indonesia berkembang dengan sangat pesat, utamanya adalah Instagram.

Bahkan seorang Selebgram bisa mendapatkan ratusan juta hanya dengan melakukan posting photo produk, buat instastroy produk dan lain lain. Beberapa contoh selebgram; Anya Geraldin, Awkarin, Rachel Vennya dan banyak lagi yang lainnya.

Walaupun sangat mudah dalam hal menhasilkan uang, tapi tidak semudah itu loh. Anda harus memberikan konten yang menarik, meningkatkan follower, dan konsisten. Jika anda sudah membangun akun anda dengan baik, advertiser akan datang dengan sendirinya.

Anda juga bisa menggunakan platform yang membantu untuk mempertemukan antara influencer dan advertiser. Jika anda belum membaca artikel bagaiamana cara mendapatkan endorse, silahkan klik link dibawah ini untuk membacanya:

Baca : Cara Mendapatkan Endorse Di Media Social

Bisnis Dropship

Ide Bisnis Untuk Mahasiswa berikutnya adalah menjadi seorang dropshop, apa itu? Dropship adalah sebuah teknik pemasaran sebuah produk tanpa harus melakukan stok barang. Artinya anda tidak perlu membeli sebuah produk untuk dijual lagi.

Anda tidak butuh modal besar untuk melakukan bisnis jenis ini, karena anda tidak perlukan untuk melakukan stok barang. Jadi kita ngapain? Anda hanya perlu menjualnya. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca artikel tentang dropship dibawah ini;

Baca : Pengertian Dropship Dan Bagaimana Cara Kerjanya

Menjadi Photographer/Videographer Lepas

Saat ini banyak orang yang tergila gila dengan feed yang bagus di Instagram, hal ini bisa anda manfaatkan untuk menawarkan jasa anda. Selain itu anda bisa menawarkan jasa videography untuk pelancong yang sedang berada di kota tempat anda kuliah.

Bidang jasa ini memang butuh yang namanya skill, karena tidak ada orang yang suka foto atau hasil video yang buruk. Karena ini adalah sebuah moment yang ingin mereka abadikan sebagai kenangan, jadi jika anda hobby photography, bisnis ini sangat cocok untuk anda.

Menjadi Seorang Blogger

Ide Bisnis Untuk Mahasiswa yang berikutnya adalah menjadi seorang blogger. Anda hanya perlu kuota untuk menjalankan bisnis ini, karena anda bisa memulainya dengan platform gratis seperti blogger.com untuk menghasilkan uang.

Perlu sedikit kesabaran untuk mulai menghasilkan dari blogging, karena semua butuh proses yang cukup panjang. Anda perlu membuat artikel, membangun blog anda, memahami SEO, dan banyak lagi lainnya. Lalu siapa yang bayar kita ?

Banyak sumber untuk hasilkan uang dari blogging, seperti Google Adsense, Article berbayar, jasa pembuat website dan iklan berbayar. Sebenarnnya banyak lagi, namun 3 hal ini paling banyak menyumbang pemasukan bagi seorang blogger.

Baca : Cara Menjadi Travel Blogger Dan Menghasilkan Uang

Jasa Desain Grafis

Bagi anda yang mengambil jurusan desain komunikasi visual, keterampilan anda dalam bidang desain grafis bisa anda manfaatkan untuk menghasilkan uang tambahan. Tidak main main, karena sangat banyak sekali orang yang membutuhkan jasa desain grafis ini.

Apa saja pekerjaannya? Contohnya membuat desain logo untuk sebuah website ataupun perusahaan, membuat kartu nama, membuat poster, jasa editing photo, desain kaos, dan banyak lagi lainnya. Jika anda punya skill dibidang ini, manfaatkanlah.

Menjadi Affiliate Marketer

Secara singkat Affiliate Marketing dapat diartikan sebagai sales online. Jadi anda hanya perlu mengarahkan orang sebanyak banyaknya untuk membeli sebuah produk dari link anda yang didapat dari mercant dimana anda menjadi affiliate nya.

Cara kerjanya adalah; Promosi link – datangkan visitor- terjadi trasaksi pembelian – anda dapat komisi – mendapatkan bayaran. Semudah itu memang kelihatannya, namun jika anda tidak konsisten maka akan sia sia saja usaha anda menjadi affiliate marketer.

Baca : Cara Menjadi Affiliate Marketer

Beberapa mercant atau e-commerce yang menyediakan jasa affiliate adalah sebagai berikut :

  1. Lazada ( E-Commerce )
  2. BliBli ( E-Commerce )
  3. BukaLapak ( E-Commerce )
  4. Ratakan ( Produk Digital )
  5. Niagahoster ( Server Hosting )
  6. Dewaweb ( Server Hosting )
  7. Idwebhost ( Server Hosting )

Menjadi Seorang Youtuber

Sudah tahu dong apa itu youtuber dan bagaiaman cara kerjanya, jadi tidak perlu saya jelaskan secara panjang lebar. Intinya anda hanya perlu membuat sebuah Channel, konten yang menarik dalam bentuk video lalu di upload ke channel youtube anda.

Setelah anda melakukan itu, dapatkan 1000 Subscriber lalu daftarkan channel anda untuk mengikuti program partner youtube. Setelah di approve, channel anda akan menayangkan iklan di setiap videonya. Anda akan dibayar dari penayangan iklan tersebut.

Penutup

Semua Ide Bisnis Untuk Mahasiswa Dengan Modal Kecil Dan Skill ini memang terlihat mudah untuk dikerjakan. Tapi faktanya semua butuh niatan dari anda sendiri, butuh komitmen, butuh konsisten, kreatifitas dan pantang menyerah dari diri anda sendiri.

JANGAN LUPAKAN TUGAS AWAL ANDA SEBAGAI MAHASISWA, JANGAN TINGGALKAN TUGAS TUGAS KULIAH ANDA KARENA SIBUK BEKERJA. POKOKNYA JANGAN TERLALU PRIORITASKAN PEKERJAAN SEMENTARA ANDA INI, TAPI UTAMAKAN KULIAH ANDA.

SETELAH ANDA LULUS DARI KULIAH, BARULAH ANDA BISA MELANJUTKAN BISNIS YANG SUDAH ANDA BANGUN INI. ANDA BISA KEMBANGKAN KE TAHAP YANG LEBIH SERIUS ATAU ANDA BISA BEKERJA DIKANTORAN, ATAU MENGEJAR CITA CITA AWAL ANDA.

So, itulah beberapa Ide Bisnis Untuk Mahasiswa yang bisa anda lakukan untuk menambah uang bulanan anda. Silahkan terapkan salah satunya, lakukan yang terbaik tanpa melupakan tugas utama anda sebagai pelajar. Jika terdapat kesalahan, saya mohon maaf dan terima kasih telah membaca.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *