BerlanggananBerlangganan Artikel Gratis Langsung Di Email Anda

Insfrastruktur Di Kabupaten Paser, Sudah Majukah ?

Insfrastruktur Di Kabupaten Paser – Kabupaten Paser adalah salah satu kabupaten yang yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur yang terletak paling selatan. Kabupaten Paser terletak pada ketinggian kurang lebih 0-500 diatas permukaan laut.

Insfrastruktur Di Kabupaten Paser

Kabupaten Paser terdiri dari 10 Kecamatan dan 125 Desa. Infra Struktu yang ada di Kabupaten Paser ini sudah berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Untuk deskripsi lengkapnya silahkan baca dibawah.

Kabupaten Paser memiliki semboyan yaitu Olo Manin Aso Buen Siolondo dengan Moto Daya Taka. Ibu kota dari Kabupaten Paser adalah Tana Paser. Berikut ini beberapa Insfrastruktur Di Kabupaten Paser

Insfrastruktur Di Kabupaten Paser

Perhubungan

Jalan dan jembatan merupakan prasarana yang sangat dibutuhkan sebagai penunjang sarana angkutan darat. Sesuai dengan fungsinya, Kondisi jalan sangat memperngaruhi kelancaran dalam perjalanan dan hubungan antar wilayah satu dengan wilayah yang lainnya.

Kondisi jalan yang tidak baik sangat mudah di jumpai di Kabupaten Paser misalkan saja jalan untuk menuju ke pesisir. Rata rata jalan menuju ke pesisir hanya di gunakan batu batu agar saat hujan jalan tidak terlalu begitu berlumpur.

Namun saat ini, sudah ada proses yang lebih baik dari pemerintah setempat dengan mengaspal beberapa jalan untuk menuju kepisisir dan juga kebeberapa tempat wisata populer dikabupaten paser.

Transportasi Darat

Transportasi yang melalui jalur darat hanya tersedia satu alternative saja yaitu sarana angkutan umum yang di khususkan untuk masyarakat Paser yang ingin berpergian dari satu daerah ke daerah lain.

Sedangkan untuk perjalanan keluar daerah tersedia angkutan darat melalui jalur Tanah Grogot – Batu Licin, Kuaro  –  Banjarmasin, dan Tanah Grogot – Penajam. Untuk semua trayek diatas pemerintah kabupaten paser menyediakan 3 buah terminal yaitu Terminal Kota Tanah Grogot, Terminal Tepian Batang dan Terminal Kuaro.

Baca Juga : Kota Indah Di Kabupaten Paser

Transportasi Laut

Insfrastruktur Di Kabupaten Paser berikutnya adalah sarana angkutan melalui jalur laut. Seminggu sekali Kapal Pelni singgah di Pelabuhan Pondong untuk menaikan penumpang yang ingin ke Batu Licin, Sulawesi, Balikpapan, Dan Surabaya.

Namun beberapa tahun kebelakang, pelabuhan pondong tidak lagi ada kapal dari Pelni yang bersandar untuk menaikan penumpang. Sebab akibatnya sendiri saya kurang mengetahui. Namun dipelabuhan ini masih dilakukan bongkar muat barang dari kapal.

Di Kabupaten Paser sendiri terdapat 6 Buah pelabuhan laut yang berada di bawah administrasi Kantor Pelabuhan Tanah Grogot yaitu antara lain sebagai berikut

Baca Juga : Kemajuan Internet Di Tanah Grogot

  1. Pelabuhan Pondong
  2. Pelabuhan Sei, Kandilo
  3. Pelabuhan Teluk Apar
  4. Pelabuhan PTP. XII, Tanah Merah.
  5. Pelabuhan PT.Kideco Tanah Merah
  6. Pelabuhan Sei Lombok

Transportasi Udara

Untuk Transportasi udara di Kabupaten Paser saat ini belum tersedia, Sebenarnya ada sebuah bandara kecil yang sedang dalam tahap pembangunan didaerah Rantau Panjang. Namun entah kenapa sampai saat ini bandaranya tidak pernah rampung pengerjaannya.

Itulah sedikit Insfrastruktur Di Kabupaten Paser  yang bisa saya share untuk teman teman yang ada diluar pulau yang penasaran dengan kota kami. Mungkin hanya itu yang dapat saya berikan untuk daerah Saya tercinta Tanah Grogot,Kabupaten Paser.

Semoga Insfrastruktur Di Kabupaten Paser bisa lebih dibangung lagi sehingga kabupaten paser ini menjadi lebih baik lagi dan tidak kalah dengan daerah daerah lain. Selain itu berharap juga agar kabupaten pase bisa menjadi tempat yang menyenangkan.