Home » Strategi Bisnis » Kendala Dalam Bisnis Fashion yang Mungkin Akan Anda Hadapi
Tips Bisnis

Kendala Dalam Bisnis Fashion yang Mungkin Akan Anda Hadapi

Kendala Dalam Bisnis Fashion

Kendala Dalam Bisnis Fashion – Seiring dengan perkembangan industri fashion di Indonesia, membuat banyak sekali orang-orang yang ingin memulai bisnis yang satu ini.

Terlebih lagi media promosi yang juga semakin mudah.

Baca juga: Tips Memulai Bisnis Fashion untuk Pemula

Dengan media promosi yang mudah, bisnis yang selalu dibutuhkan, tentu saja mereka akan berlomba untuk bisa menghasilkan pundi rupiah dengan berjualan baju, celana, dan sebagainya.

Kendala Dalam Menjalankan Bisnis Fashion

Namun, pada kenyataanya tidak semudah itu menjalankan bisnis fashion. Ada beberapa kendala dalam bisnis fashion yang mungkin akan Anda hadapi nantinya. Apa saja itu? simak dibawah ini

1. Bingung

Jika Anda memulai bisnis fashion karena ikut-ikutan, dalam artian tidak ada rencana yang matang yang menyertainya. Bisa dipastikan Anda akan kebingungan kedepannya.

Hal ini karena Anda tidak memiliki arahan yang jelas apa yang harus dilakukan, bagaimana promosinya, bagaimana memulainya agar sukses dan pikiran-pikiran lainnya.

Baca juga: Media Sosial yang Efektif untuk Mengembangkan Bisnis

Agar tidak bingung kedepannya, maka Anda perlu membuat perencanaan yang matang diawal. Anda harus membuat list atau tahapan-tahapan yang akan di lakukan nantinya.

Dengan begitu, Anda tidak akan bingung lagi karena sudah ada arahan yang jelas untuk memandu Anda dalam pengembangan bisnis fashion Anda.

2. Pemilihan Supplier

Selain bingung dalam arahan menjalankan bisnis, Anda juga akan bingung dalam hal pemilihan supplier. Karena Anda harus benar-benar hati-hati dan jeli untuk memilih pemasok Anda.

Jika Anda salah pilih supplier, bukan tidak mungkin Anda akan merasakan yang namanya kerugian. Karena supplier Andalah yang akan berperan penting untuk bisnis Anda kedepannya.

Baca juga: Tips Memulai Bisnis yang Sukses untuk Pemula

Anda bisa memilih supplier sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda, pertimbangan bisa dimulai dari bahan, jenis pakaian, harga produk, dan tentu saja profesional (Dapat dipercaya).

3. Menentukan Target Market

Mungkin Anda saat ini merasakan bagaimana susahnya menjual produk Anda, sudah coba iklan dan segala macam tapi masih belum laku juga. Mungkin Anda melupakan strategi marketing ini!

Ya, target market adalah hal krusial dalam berbisnis. Untuk itu, Anda harus mengetahui terlebih dahulu siapa target market Anda, karena tentu akan sulit menjual produk mahal ke kalangan ekonomi bawah.

Baca juga: Peluang Bisnis Kuliner yang Menjanjikan

Maka sesuaikan produk Anda dengan target market Anda. Jika produk Anda memiliki kualitas yang terbaik, harga yang cukup mahal, maka pasarkanlah kepada mereka yang ekonomi menengah ke atas.

4. Kendala Dalam Bisnis Fashion: Ciri Khas

Dalam bisnis, keunikan suatu produk atau bisnis sangat berpengaruh untuk perkembangan bisnis itu sendiri. Karena jenis bisnis yang satu ini dijalankan oleh banyak orang diluar sana.

Maka untuk bisa bersaing dengan kompetitor Anda, tentu Anda perlu menjadi berbeda atau memiliki ciri khas sendiri. Ini akan membuat bisnis Anda lebih mudah dalam meningkatkan daya jual Anda.

5. Tidak Memiliki Pembukuan

Banyak pebisnis pemula mengabaikan hal ini, karena menganggap barang terjual artinya sudah selesai, tidak perlu pembukuan. Anggapan ini sama sekali tidak tepat.

Baca juga: Strategi Promosi agar Penjualan Meningkat yang Efektif

Anda tetap butuh pembukuan yang jelas dan rinci. Dengan pembukuan yang baik, Anda dapat dengan mudah melihat arus dana yang masuk atau keluar dari bisnis Anda.

6. Kendala Dalam Bisnis Fashion: Promosi

Salah satu yang juga menjadi kendala pebisnis pemula di bidang fashion adalah kurang memanfaatkan media yang lebih besar untuk promosi dan pengembangan bisnis.

Salah satunya adalah penggunaan website ataupun landing page sebagai media promosi dan transaksi yang lebih mudah. Padahal website bisa bermanfaat untuk bisnis.

Baca juga: Manfaat Social Media Marketing untuk Bisnis Online

Bukan hanya media untuk promosi produk Anda, namun juga digunakan sebagai media untuk transaksi langsung, sebagai wadah membangun branding, dan sebagainya.

Saat ini, pembuatan website juga sangat mudah. Ada banyak sekali penyedia layanan pembuatan website diluar sana yang menawarkan harga yang terjangkau dan pastinya Anda terima jadi saja.

Penutup

Itulah dia beberapa kendala yang sering di alami oleh pebisnis pemula dalam menjalankan bisnis, khususnya fashion. Semoga dapat bermanfaat dan silahkan bagikan artikel ini agar lebih banyak yang mengetahuinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *