TipsTrik

Kesalahan Menulis Surat Lamaran Kerja Yang Harus Dihindari

Kesalahan Menulis Surat Lamaran Kerja – Halo Indonesian Blogger, surat lamaran adalah satu jenis surat resmi yang di sampaikan ke suatu perusahaan atau perorangan dalam rangka melamar pekerjaan. Dalam formatnya, surat lamaran kerja biasanya berbentuk sebagai surat pengantar atas berbagai lampiran lain.

Kesalahan Menulis Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja ini akan menjadi satu faktor penting suatu perusahaan untuk mempertimbangkan apakah anda layak untuk masuk ke fase interview atau tidak. Itulah mengapa untuk membuat surat lamaran itu tidak dapat dilakukan secara sembarangan.

Baca : Tips Mencari Lowongan Kerja Dan Agar Lebih Mudah Diterima

Karena surat lamaran anda akan mewakili diri anda untuk melamar suatu pekerjaan di perusahaan, Maka surat lamaran yang tepat akan memberikan respon yang baik dari pihak perusahaan. Sehingga peluang untuk mendapatkan panggilan kerja juga akan semakin besar.

Namun kerap kali ada banyak Kesalahan Menulis Surat Lamaran sehingga maksud dan tujuan dalam surat lamaran anda tidak tersampaikan dengan benar. Berikut ini beberapa kesalahan menulis surat lamaran kerja yang wajib untuk anda hindari.

Kesalahan Menulis Surat Lamaran Kerja

1. Kesalahan Pengetikan

Typo atau kesalahan dalam penulisan surat lamaran adalah salah satu hal sepele yang bahkan bisa saja tanpa anda sadari. Hal ini bisa terjadi karena anda terlalu terburu buru dalam mengetik dan tidak melakukan pengecekan setelah proses mengetik selesai.

Selain typo anda juga harus memperhatikan bahasa saat mengetik, Gunakan bahasa yang formal dan efektif tanpa pengulangan kata-kata yang tidak jelas dan terkesan tidak jelas. Hindari penggunaan tata bahasa yang salah atau ejaan yang salah.

2. Tidak Mendeskripsikan Skill Secara Detail

Jangan malu untuk memberitahukan skill yang anda miliki kedalam surat lamaran, hal ini dimaksudkan untuk meyakinkan pihak perusahaan bahwa anda adalah orang yang tepat untuk menempati jabatan yang tersedia di perusahaan tersebut.

Deskripsikan skill yang anda miliki secara detail pada surat lamaran kerja anda. Mungkin anda memiliki kemampuan untuk mengembangkan website maka sampaikan “Saya adalah seorang web development yang berpengalaman dan cocok untuk pekerjaan tersebut”, sampaikan dengan lugas.

3. Overconfidence

Memang sih perusahaan membutuhkan karyawan yang punya percaya diri yang baik, tapi bukan berarti overconfidence alias terlalu peracaya diri. Rasa percaya diri yang digambarkan dengan kata sifat yang tidak tepat di dalam surat lamaran justru akan memberikan kesan sombong.

Baca : Tips Agar Proposal Diterima Oleh Sponsorship Atau Investor

4. Surat Lamaran Terkesan Putus Asa

Memang dalam hidup pasti ada saja masalah yang menghampiri anda, namun anda tidak perlu menjabarkan masalah yang anda alami sekarang seperti “Saya Sangat Butuh Pekerjaan Ini” kedalam surat lamaran anda. Perusahaan bisa saja melewatkan anda karena terkesan putus asa dan tidak memiliki semangat.

Perusahaan membutuhkan karyawan yang benar benar siap untuk bekerja secara profesional, tanpa membawa banyak masalah pribadi kedalam pekerjaan. Jadi, jangan mengharapkan belas kasihan dengan menggunakan kata-katan yang berlebihan agar diterima.

5. Kalimat Yang Tidak Perlu

Kesalahan Menulis Surat Lamaran Kerja berikutnya adalah pengunaan kalimat yang tidak diperlukan kedalam surat lamaran kerja anda. Contohnya kalimat yang mubazir “Sesuai dengan isi CV saya atau Seperti yang tercantum didalam cs” dan lain lain.

Anda tidak perlu menjelaskan seperti itu kepada pihak perusahaan, karena pada dasarnya mereka pasti akan membaca semua bagian surat lamaran kerja anda. Jadi sebusa mungkin anda harus hindari Kesalahan Menulis Surat Lamaran yang satu ini.

6. Satu Surat Lamaran Untuk Berbagai Perusahaan

Mungkin anda orang yang tidak ingin repot untuk membuat surat lamaran sehingga menjadikan satu surat lamaran untuk berbagai perusahaan, tentu saja itu suatu kesalahan yang sangat fatal. Karena bisa saja surat lamaran anda tidak sesuai dengan apa yang dibutuhkan perusahaan tersebut.

Jadi biasakan melakukan edit pada surat lamaran anda sesuai dengan lowongan kerja yang tersedia, jangan malas untuk melakukan editing. Jika membuat surat lamaran saja anda sudah malas, apakah perusahaan akan mempekerjakan orang malas? kan tidak seperti itu logikanya.

Baca : Karakter Anak Generasi Milenial Saat Mulai Berkarir

Itulah dia beberapa Kesalahan Menulis Surat Lamaran kerja, semoga dapat bermanfaat untuk anda yang sedang mencari pekerjaan dan jika anda suka dengan artikel ini silahkan dibagikan ke teman teman atau keluarga sehingga dapat lebih banyak memberi manfaat, terima kasih.

Tags

Abdul Muhajir

I am a Blogger and Internet Marketer who wants to learn, grow and share some knowledge and my experience about Blogging and Internet Marketing to help other Creative Individuals find their passion and share it to the world.
Close
Close