BerlanggananBerlangganan Artikel Gratis Langsung Di Email Anda

Keseruan Naik Kapal Laut

Keseruan Naik Kapal Laut, Siapa yang tidak kenal dengan salah satu alat transportasi air ini. Sebelum maraknya penggunaan kapal terbang atau Pesawat kapal air adalah salah satu alat transportasi yang sangat di gemari banyak orang untuk bepergian semisalnya saja mudik. Transportasi ini sangat digemari karena pada saat itu harga tiket pesawat sangat tinggi dan tidak dapat membawa banyak barang.

Keseruan Naik Kapal Laut

Salah satu penyedia transportasi laut di Indonesia adalah PT.PELNI dan uniknya lagi semua nama dari kapal kapal milik PT.PELNI ini berasal dari nama nama gunung yang ada di Indonesia misalkan KM.Binaiya , KM.Rinjani, KM.Lambelu dan banyak lagi lainnya.

Keseruan Naik Kapal Laut

Kurang lebih 5 bulan yang lalu saya menggunakan salah satu kapal laut milik PT.PELNI ini untuk menuju kampung halaman saya di Sulawesi Selatan yaitu kapal KM.Binaiya yang singgah di pelabuhan di kota saya saat ini yaitu Pelabuhan Pondong. Beginilah kondisi saat pertama kali KM.Binaiya bersandar di pelabuhan Pondong.

Keseruan Naik Kapal Laut

Bepergian dengan kapal laut memang memiliki pengalaman yang berbeda dan lebih menyenangkan daripada menggunakan transportasi darat maupun udara. Dengan menggunakan kapal laut, Selama di perjalanan kita dapat melihat hamparan lautan luas yang seperti tidak ada ujungnya.

Baca : Kota Indah Di Pedalaman

Selain itu kita dapat melihat pemandangan lain seperti Pulau, Kapal nelayan, Kapal batubara yang sedang membongkar muatan, dan jika beruntung anda dapat melihat segerombolan lumba lumba yang sedang berloncat loncatan. Angin laut yang sejuk dan kencang selalu menemai siang malam saat di perjalanan menambah kesan yang tidak terlupakan.

keseruan naik kapal laut

Makanan Di Atas Kapal Laut

Dengan kapal laut kita bebas berjalan jalan mengitari semua bagian kapal sembari mencari jajanan untuk mengganjal perut. Memang sih harga makanan di kapal sangat jauh berbeda dengan harga yang ada di pasaran. Misalkan saja harga sebuah produk minuman, Jika di pasaran kisaran 6000 tapi di kapal menjadi 15000. tapi itu tidak mengurangi keseruan naik kapal laut.

Keseruan Naik Kapal Laut

Untuk urusan makanan anda tidak usah pikir pusing, untuk pelayaran di PT.PELNI makanan di berikan untuk setiap pagi, siang , dan malam hari selama pelayaran dan tidak dipungut biaya tambahan lagi. Untuk penumpang di kelas I, II, III, IV memiliki restoran sendiri untuk jam makannya berbeda dengan kelas ekonomi yang harus mengantri dalam mendapatkan makanan. Tapi justru saat mengantri lah kita dapat berjumpa orang baru dengan gaya dan ragam tingkah laku penumpang kapal dan merasakan keseruan naik kapal laut.

keseruan naik kapal laut

Malam Hari Diatas Kapal

Pada saat malam hari keistimewaan kapal laut semakin bertambah dimana suasana menjadi sunyi karena banyak penumpang yang sudah beristirahat. Beda halnya dengan saya malam hari adalah hal yang ditunggu untuk memulai berjalan jalan dan singgah di warung kopi yang biasanya terletak di lantai paling atas untuk bersantai sembari mencari jaringan untuk sekedar mengecek pesan masuk.

Suasana malam hari diatas kapal sangat sejuk karena angin laut yang berhembus begitu kencang, sangat disarankan untuk menggunakan jaket agar tidak masuk angin. Sembari menyeruput kopi hangat dimalam hari terkadang ada saja orang yang menghampiri untuk sekedar mengobrol ringan atau sekedar basa basi.

BTW, didalam kapal terutama pada kelas ekonomi lebih terasa nikmatnya dibandingkan kelas lain. Mengapa ? karena kita dapat bercengkrama dengan banyak orang dan saling menawarkan makanan. Tapi itulah keistimewaan dari kapal laut dimana keramahan orang Indonesia sangat terbukti.

keseruan naik kapal laut

Tapi kini sudah jarang sekali saya menggunakan kapal laut untuk bepergian karena selain tiketnya tidak jauh berbeda dengan pesawat waktu juga menjadi salah satu faktor orang untuk tidak menggunakan kapal laut. Bayangkan saja dengan pesawat terbang kita bisa menempuhnya hanya 2/3jam dengan pesawat namun jika dengan kapal laut bisa 1 sampai 2 hari bahkan lebih.

Itulah cerita panjang saya yang merasa rindu dengan transportasi laut ini. Banyak dari kapal PT.PELNI yang sudah tidak singgah di beberapa Pelabuhan di Indonesia dikarenakan Sepi peminat sehingga membuat kerugian terhadap pelayanan transportasi yang satu ini. Walaupun sepi peminat tapi pasti ada yang menggunakannya untuk bepergian apalagi saat libur lebaran atau waktu waktu libur lainnya.