BerlanggananBerlangganan Artikel Gratis Langsung Di Email Anda

Kota Indah Di Pedalaman Yang Jarang Diketahui

Kota Indah Di Pedalaman – Tanah Grogot / Tana Paser Adalah sebuah Kecamatan di Kabupaten Paser, Kalimantan Timur. Tanah Grogot merupakan ibu kota dari Kabupaten Paser, Luas dari kota kecil ini hanya berkisar 33.58 KM persegi dengan jumlah penduduk sekitar 63.311 jumlah jiwa dengan kepadatan sekitar 1.885 Jiwa/KM persegi.

Ada beberapa desa yang berada di wilayah kawasan tanah grogot seperti saya sebutkan dibawah ini.

  1. Jone
  2. Muara
  3. Paser
  4. Padang Pangrapat
  5. Pepara
  6. Perepat
  7. Pulau Rantau
  8. Rantau Panjang
  9. Sempulang
  10. Sungai Langir
  11. Sungai Tuak
  12. Tanah Periuk
  13. Tapis
  14. Tepian Batang

Masih banyak sekali nama desa yang belum saya sebutkan. Tanah Grogot dapat di tempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor dengan lama waktu perjalanan kurang lebih sekitar 4 jam dari kota Balikpapan dan Sekitar 8/10 jam dari kota Banjarmasin.

Perkembangan di kota ini sangat pesat sejak pergantian Bupati, Pembangunan Gedung semakin gencar di laksanakan, Perbaikan Insfrastruktur,Pembangunan Taman dan perkembangan yang berdampak baik untuk kemajuan tanah Grogot.

Baca : Kemajuan Internet Di Tanah Grogot, Kalimantan Timur

Tempat Untuk Bersantai di tanah grogot sudah mulai banyak di kembangkan semenjak adanya pembangunan yang genjar di lakukan oleh Bupati yang memimpin sekarang ini yaitu Bapak Ridwan Suwidi. Mungkin anda tertarik untuk Kota Indah Di Pedalaman Yang Jarang Diketahui orang ini

Kota Indah Di Pedalaman Yang Jarang Diketahui

Kandilo Plaza

Kandilo Plaza merupakan tempat dimana anda dapat berbelanja berbagai macam keperluan anda seperti Elektronik, Gadget, Alat musik, alat olahraga, Salon, tempat bermain anak dan banyak lainnya. Kandilo Plaza berletak di Jl. Letjen Suprapto.

Kota Indah Di Pedalaman Yang Jarang Diketahui

Dari mana asal nama Kandilo tersebut ? Kandilo berasal dari nama sungai yang menjadi icom Tanah Grogot yang letaknya tidak jauh dari Pusat perbelanjaan ini makanya dinamakan Kandilo Plaza.

Masjid Agung Nurul Falah

Masjid Agung Nurul falah merupakan Masjid yang terbesar dan megah di Tanah Grogot, Namun sayang, sangat sedikit yang mengisi shap saat solat 5 waktu karena kesibukan masing masing. Beginilah tampak Masjid Agung yang berada di Tanah Grogot.

Kota Indah Di Pedalaman Yang Jarang Diketahui

Bagaimana sangat indah sekali kan Rumah Allah, tapi lebih indah lagi jika banyak anak muda dan orang tua yang mengisi masjid ini. Sebelum Masjid agung di Renovasi besar besaran pada tahun 2007 tampilannya sangat jauh berbeda.

Kota Indah Di Pedalaman Yang Jarang Diketahui

Beginilah masjid agung sebelum di RenovasiBagimanapun megahnya sebuah mesjid jika tidak ada yang mengisinya untuk sembahyang dan berdoa kepada yang maha kuasa tetap saja anda akan masuk kedalam siksa neraka.

Siring Kandilo

Siring merupakan nama dari sebuah tempat dimana banyak orang bersantai bersama keluarga,sahabat ataupun gebetan mereka. Tempat ini berada di Pinggir Sungai Kandilo. Ditempat ini sangat banyak yang menyediakan jajanan yang biasanya akan dimulai pada sore hari hingga larut malam.

Saat Sore Hari :

Kota Indah Di Pedalaman Yang Jarang Diketahui

Saat Malam Hari :

Kota Indah Di Pedalaman Yang Jarang Diketahui

Taman Bunga / Taman Putri Saleha

Taman ini terletak di depan Kandilo Plaza dan taman ini biasanya di jadikan tempat untuk berfoto foto dan besantai bersama keluarga sambil mendegarkan gemercik air mancur. Taman ini sangat indah saat siang hari Namun lebih indah lagi pada malam hari karena di topang dengan berbagai macam lampu yang membuat keindahan dari taman ini semakin cantik.

Baca : Insfrastruktur Di Kabupaten Paser, Sudah Majukah ?

Kota Indah Di Pedalaman Yang Jarang Diketahui

MTQ

MTQ adalah tempat untuk mengadakan berbagai macam acara Festival entah itu Festival Buku, Band, Keagamaan dan Festival lainnya biasanya diadakan disini karena tempatnya yang strategis dan mudah di set untuk di jadikan sebuah panggung.

Sebenarnya masih banyak lagi kota indah di pedalaman di tanah grogot ini. Namun tidak bisa saya sebutkan semua, yuk langsung main saja kesini. mungkin lain kali akan saya ulas nantinya jika ada waktu dan kesempatan yang di berikan.