Kunci Penting Management Waktu Agar Lebih Produktif

Kunci Penting Management Waktu – Halo Indonesian Blogger, Saya Abdul Muhajir. Sudahkah anda memanage waktu anda setiap hari atau justru anda hanya menjalani saja kegiatan anda setiap hari? Mungkin sebagian besar akan menjawab “Iya, jalanin saja” benar kan?

Kunci Penting Managemen Waktu

Managemen waktu adalah bagaimana cara kita untuk bisa menyeimbangkan atau membagi waktu yang kita miliki untuk melakukan aktifitas yang sudah direncanakan dengan tepat waktu. Seperti kapan waktunya untuk bekerja, kapan waktunya hangout, dan kapan waktunya istirahat.

Sudah tahu belum kenapa kita harus bisa memanage waktu kita sendiri? Dengan managemen waktu yang baik anda bisa menjadi lebih produktif, bisa lebih konsentrasi pada pekerjaan, dan yang penting adalah anda bisa mengurangi tingkat stress anda loh.

Baca Juga : Tips Dan Trik Manajemen Waktu Untuk Menulis

Dengan penataan waktu yang baik anda juga bisa mencegah terjadinya bentrok waktu, yang harusnya kamu sudah bisa istirahat tapi kamu harus menyelesaikan pekerjaan. Jadi apakah anda sudah siap untuk menata waktu anda? Jika iya, berikut ini Kunci Penting Management Waktu untuk anda;

Kunci Penting Management Waktu

1. Menentukan Prioritas

Ketika anda sudah mulai bekerja, kuliah semester akhir atau memulai bisnis, Rasanya waktu 24 jam dalam satu hari itu tidak cukup untuk melakukan semua pekerjaan. Terkadang sampai begadang untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan yang akhirnya menyita waktu istirahat anda sendiri.

Untuk mengatasi hal ini, anda harus tahu terlebih dahulu mana nih pekerjaan yang prioritas atau yang paling utama untuk dikerjakan, mana pekerjaan yang sudah mendekati deadline dan juga mana pekerjaan yang bisa dikerjakan nanti setelah yang utama selesai.

2. Membuat Perancangan

Setelah anda mengetahui mana pekerjaan yang harus anda selesaikan terlebih dahulu, selanjutnya anda harus membuat sebuah list atau daftar dan meletakan pekerjaan yang paling utama pada urutan pertama dan pekerjaan yang bisa di selesaikan nanti pada urutan kesekian.

Buatlah agenda anda dalam sebuah buku, jika anda tidak memiliki buku catatan khusus anda juga bisa menggunakan memo di smartphone anda ataupun menggunakan software seperti microsoft exel ataupun word untuk mencatat semua agenda anda.

Dalam catatan tersebut, berikan informasi yang lengkap seperti tanggal, hari dan jam. Dengan begitu anda bisa mengetahui kapan dan jam berapa anda harus menyelesaikan pekerjaan. Dengan begitu anda bisa memiliki cukup waktu untuk istirahat ataupun hangout.

Baca Juga : 7 Tips Cara Mengembangkan Bisnis Dari Nol Sampai Sukses

3. Fokus Melakukan Satu Hal Dalam Satu Waktu

Kunci Penting Management Waktu berikutnya adalah FOKUS. Jika anda sudah membuat sebuah list atau daftar agenda apa yang harus anda kerjakan, maka anda harus mengikuti agenda tersebut. Jika waktunya kerja ya kerja, jika istirahat ya istirahat jangan menentang agendamu sendiri.

Beberapa hal yang bisa mendistract fokus anda adalah gadget, social media, game, rasa kantuk dan hal hal lain yang menggoda anda untuk meninggalkan kerjaan. Jika itu anda turuti, maka sama saja anda akan stress dengan pekerjaan yang menumpuk.

Mulailah belajar untuk bisa fokus pada tugas anda sendiri, Jika tidak maka anda sudah menghancurkan semua rencana anda sendiri. Tapi jika anda tetap fokus pada apa yang anda rencakanakan maka anda akan tetap berada dijalur untuk menggapai yang namanya sukses.

4. Membuat Target Yang Masuk Akal

Banyak orang yang membuat sebuah target tapi tidak banyak yang bisa dicapai. Salah satu faktornya adalah target yang tidak masuk akal. Tidak ada yang salah sebenarnya untuk menentukan target karena itu adalah motivasi untuk diri sendiri, Tapi buatlah target yang masuk akal.

Baca Juga : Tips Menjadi Youtuber Sukses Hasilkan Puluhan Juta

Contohnya anda seorang pebisnis baru, tapi saat baru memulai anda sudah menentukan target harus 1 Milyar dalam sebulan padahal bisnisnya baru memulai. Bukannya saya pesimis tapi lebih realistis saja, karena saat memulai tidak banyak yang mengenal bisnis anda.

5. Selesaikan Yang Sudah Dimulai

Kunci Penting Management Waktu berikutnya adalah menyelesaikan pekerjaan yang sudah dimulai sesuai jadwal yang telah anda buat sebelumnya. Jangan biasakan untuk menunda nunda pekerjaan anda, karena penundaan akan merusak semua perencanaan yang sudah dibuat.

Selesaikan prioritas anda dan jangan juga terburu buru dalam menyelesaikannya. Namun jika bisa selesai lebih cepat akan lebih baik lagi, Artinya anda memiliki waktu lebih untuk mengoreksi hasil pekerjaan anda apakah ada yang salah atau sudah sempurna.

6. Sediakan Waktu Untuk Istirahat

Walaupun anda sibuk, tapi jangan acuh terhadap kesehatan anda. Kesehatan adalah aset paling berharga untuk anda, jadi jagalah kesehatan anda. Saat anda bekerja sebaiknya luangkan 10-20 menit untuk beristirahat dan melemaskan otot otot anda.

Untuk istirahat malam, sebaiknya anda mencukupkan waktu tidur anda minimal 6 jam atau maksimal 8 jam agar saat pagi hari anda sudah segar bugar dan siap dengan rutinitas atau jadwal baru anda. Dengan jadwal tidur yang cukup maka anda tidak akan mengantuk saat bekerja.

Inti dari Kunci Penting Management Waktu ini adalah; agar anda lebih bisa menggunakan waktu yang anda miliki secara efektif. Demikian artikel kali ini, semoga dapat bermanfaat dan silahkan diterapkan untuk mengetahui perubahan yang terjadi dihidup anda.

Share Article
Tags: