Menu Close

Langkah Awal Untuk Menjadi Seorang Programmer

Langkah Awal Untuk Menjadi Seorang Programmer – Halo Indonesian Blogger, Kita hidup di jaman yang terikat dengan teknologi seperti aplikasi mobile, website dan internet.

Kita menggunakan aplikasi mobile dari hal sederhana seperti dalam berkomunikasi lewat sosial media dan juga ketika kita bergantung pada aktivitas online, belanja contohnya.

Awalnya saya membayangkan mengapa begitu banyaknya website dan aplikasi di dunia dan semuanya begitu umum untuk kita. Apakah gampang untuk membuat hal-hal seperti itu, Itulah yang menjadi pemicu awal saya memulai pemrograman.

Langkah Awal Untuk Menjadi Seorang Programmer

Pertama, Saya memulai dengan belajar Logika atau biasanya disebut dengan algoritma. Menurut saya ada dua dasar yang perlu diketahui yaitu yang pertama adalah looping (pengulangan) dan kedua adalah conditional (pengondisian).

Ketika pertama kali saya mengerti dasar kode pemrograman dan baru sadar bahwa banyak tipe programmer seperti pengembang aplikasi mobile, website developer, software developer, dan juga ada yang Front-end dan Back-end.

Baca juga: Cara Membuat Travel Blog Yang Menghasilkan

Front-end adalah developer yang bekerja untuk mengatasi yang berhubungan dengan tampilan dan menampilkan data.

Sedangkan back-end adalah mereka yang bekerja agar aplikasi berfungsi atau sederhananya menata cara kerja program.

Masih banyak lagi jenis programmer tapi membutuhkan kemampuan lanjut untuk bisa menjadi salah satunya, seperti programmer bagian keamanan programmer jaringan, dll.

Setelah menentukan, berikutnya memilih bahasa pemrograman yang akan dipelajari

Memilih Bahasa Pemrograman

Saya selalu tertarik menjadi developer front-end setelah melakukan riset kecil saya menemukan bahwa tampilan yang cantik kebanyakan menggunakan javascript. JS juga populer, sehingga lebih mudah bagi saya menukan banyak tutorial di Internet.

Jika kamu tertarik menjadi Back-end kamu bisa memilih PHP sebagai bahasa yang populer untuk back-end dan jika kamu ingin mengembangkan aplikasi mobile kamu bisa memilih salah satu yang terkenal bernama Java.

Utamakan melakukan riset dan lihat mana bahasa pemrograman yang paling cocok berdasarkan ketertarikanmu.

Jangan ragu memilih bahasa apapun namun jangan lupa, tetap mempertimbangkan kemudahan dalam mempelajarinya.

Baca juga: Cara Membuat Website Mudah Dan Gratis

Hindari Mengerjakan Dari Awal

untuk mempercepat pengembangan aplikasi cobalah untuk menghindari mengerjakan semuanya dari awal. Saya biasanya menggunakan library gratis yang bisa diakses dengan GIT, NPM, dan banyak lagi.

Inspirasi bisa datang ketika kamu menjelajah di internet dan kamu ingin tahu bagaimana mereka membuatnya dan menggunakan ‘inspect element’ untuk mengetahui script yang terdapat pada halaman mereka.

Jangan Menyerah

Jangan pernah menyerah untuk memulai Coding itu bukanlah sebuah proses yang bisa dikerjakan dalam semalam.

Dan jika kamu menemui error pertamamu, Selalu ada website yang bisa membantu kamu seperti Stackoverflow Quora dan lain lain.

Baca juga: Hostinger, Web Hosting Murah Kualitas Premium

Kamu bisa mengembangkan kemampuanmu secara mandiri dengan mengerjakan latihan di Codingbat, CoderByte, atau Programmr dan mulailah dengan membuat project yang sederhana.

Contohnya seperti membuat alarm, jam, dan timer dan setelah itu kamu bisa mulai meningkatkan kemampuanmu dengan mencoba mengerjakan project yang lebih menantang seperti membuat chatbot.

Credit; A06 Group

  1. Anindita Zumar
  2. Aisyah Husna
  3. Bagaskoro Meyca
  4. Brigita Maria
  5. Hera Mentari
  6. Muthy Afifah

Itulah Langkah awal untuk menjadi seorang programmer, semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk dishare.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *