BerlanggananBerlangganan Artikel Gratis Langsung Di Email Anda

Mengenal Apa Itu jQuery

KrocoNet.com – jQuery mungkin untuk para Blogger baru kata ini sangat asing didengar,tapi untuk para blogger yang sudah berkarat didunia ini pasti sudah mengerti dan paham betul pasal jQuery ini.Kali ini saya akan membahas Mengenal Apa Itu jQuery.Baiklah kita mulai saja pembahasannya.

Mengenal jQuery

jQuery merupakan suatu Framework ( Library ) javascript yang mengatur bagaimana interaksi antara Javascript dan HTML. jQuery pertama kali dirilis pada tahun 2006 silam olehai seseorang bernama John Resig. Namun seiring dengan perkembangan zaman sekarang jQuery tidak hanya digunakan sebagai framework javascript, namun memiliki kelebihan yang cukup banyak sehingga banyak developer yang menggunakan jQuery ini. jQuery memiliki slogan yaitu “Write Less Do More” yang bisa diartikan sebagai kesederhanaan dalam penulisan code ,tetapi memiliki hasil yang banyak.

jQuery merupakan library open source dengan lisensi GNU General Publin License dan MIT License.. Dari sisi besar ukurannya, frameword jQuery sunggung sangat ramping hanya sekita 20kb dan hanya terdiri dari satu file. Namun, bagi yang menginginkan fungsi yang lebih dari jQuery ini anda tidak usah kawatir karena jQuery ini memungkinkan penambahan fungsionalitas dalam bentuk plugin.anda dapat mendapatkan begitu banyak plugin di search engine dan diperoleh dengan gratis.

Hal yang bisa kita lakukan dengan menggunakan jQuery :

  • Mengakses halaman tertentu dengan mudah

Dengan tidak adanya javascript khusu, untuk mengakses suatu bagian tertentu dari sebuah halaman hraus mengikuti aturan DOM (Document Object Model ) dan pengaksesannya harus secara spesifik dan menyesuaikan dengan struktur code HTML. Artinya pengaksesan bagian tertentu dari sebuah halaman sangat bergantung kepada struktur dari kode HTML tersebut. jQuery menawarkan cara yang mudah dalam mengakses bagian tertentu dari sebuah halaman. 
  • Mengubah Tampilan Halaman Tertentu
Cascading Style Sheet ( CSS ) menawarkan metode yang bisa dikatakan cupuk handal dalam mengatur dan memperindah sebuah halam web atau blog. Tapi terkadang CSS memiliki kelemahan yang cukup bikin risih yaitu beberapa perintah CSS tidak didukung oleh beberapa browser. hal ini tentu bikin sedikit kita kesusahan karena harus mendesain halaman web dengan beberapa CSS secara sekaligus.Disini jQuery kembali berperan dalam kesenjangan yang terjadi antara browser dalam urusan CSS akan tertutup baik.
  • Mengubah Isi Dari Halaman
Pada saat jQuery belum tercipta sangat sulit dalam merubah sebagian isi dari halaman. Merubah yang saya maksud adalah semisal mengganti teks, menambahkan teks,gambar atau sebagainya, mengurutkan sebuah daftar, menghapus baris dan banyak lainnya.Tapi dengan adanya jQuery ini hal tersebut sangat mudah untuk dilakukan hanya dengan merubah dengan beberapa baris script saja.
  •  Merespon User Dalam Halaman
Interaktivitas sangat bergantung bagaimana pemrograman yang dipakai dalam menangani even iteraktivitas. Javascript sendiri memiliki beberapa event handling seperti onclick untuk menangani even saat terjadi klik. Namun , Even handling pada javascript terbatas oleh object tertentu dan jenisnya pun terbatas tapi lagi lagi jQuery melengkapi semuanya dengan tambahan penanganan event handling yang sangat mudah.
  • Menambahkan Anisamasi Pada Halaman
Animasi sering ditempatkan dalam sebuah blog atau website untuk mempercantik atau untuk merapikan tampilan blog atau webste agar nyaman di lihat.Anisamasi dapat dibuat dalam berbagai jenis ada yang menggunakan Flash,Gif,Video dan sebagainya.jQuery menawarkan konsep animasi yang cukup namun ringan dalam pengoperasiannya.
  • Mengambil Informasi Dari Halaman Tanpa Harus Di Refresh
Mengambil informasi dari halaman tanpa harus merefresh seluruh halaman merupakan salah satu konsep dasar dari AJAX ( Asynchronous Javascipt And XML ) .Agak susah jika harus membangun website dengan mode ajax ini sehingga saat ini banyak library khusus yang mempermudahnya salah satunya adalah jQuery.
Baca : Pengertian AJAX ( Asynchronous Javascipt And XML )
  • Menyerderhanakan Javascript
Seperti yang saya bahas tadi diatas jQuery memiliki semboyan yaitu ” Write less , Do more”  atau kesederhanaan dalam penulisan code,tetapi dengan hasil yang banyak. Hal ini lah yang menjadi daya tarik dari jQuery
Mungkin itu yang dapat saya share tentang Mengenal jQuery jika ada kekurangan atau kesalahan dalam artikel saya silahkan benarkan dengan berkomentar dengan baik dan sopan di kolom komentar.Terima Kasih.