BerlanggananBerlangganan Artikel Gratis Langsung Di Email Anda

Mengenal Komputer Dan Jenis Jenisnya

KrocoNet.com – Komputer ,Siapa yang tidak kenal dengan peralatan elektronik ini.Komputer adalah sebuah alat yang digunakan untuk pengolahan data menurut prosedur yang telah dirumuskan.Pada awal mulanya kata “Computer” ini dipergunakan untuk menggambarkan orang yang pekerjaannya melakukan perhitungan aritmatika,dengan atau tanpa alat bantu.tapi arti kata computer itu kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri.seiring dengan perkembangan ilmu teknologi komputer yang semakin modern kini komputer bisa di pergunakan untuk berbagai banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika misalkan saja digunakan untuk pengolahan informasi,Pengolahan kata dan masih banyak kegunaan lain dari komputer ini sendiri.

Tampilan komputer pada awal terbentuk bisa dilihat pada gambar dibawah ini

Sejarah Awal komputer
Komputer zaman sekarang

Pondasi pembangun komputer 


Pondasi Pembangun komputer dapat kita kelompokkan menjadi 3 bagian yaitu Hardware ,Software dan Brainware.Saya akan menjelaskan ketiga elemen itu secara singkat padat dan mudah untuk di pahami dan bisa menjadi bahan pengajaran.
  • Hardware
Hardware atau bisa disebut Perangkat Keras adalah Elemen atau komponen komputer yang dapat terlihat dan dapat disentuh secara fisik.sangat mudah untuk mengenali perangkat keras ini karena apa yang ada di bagian komputer yang dapat terlihat dan disentuh sudah dapat dipastikan itu adalah perangkat keras dari sebuah komputer.
Hardware bisa kita kelompokkan menjadi 3 yaitu 
  1. Perangkat Input/Masukan ,Hardware ini digunakan untuk memasukan perintah dari si pengguna perangkat misalnya keyboard,mouse dan joystik.
  2. Perangkat Pemrosesan , Perangkat ini digunakan untuk memproses perintah dari pengguna misalnya saja Prosesor pada sebuah komputer.
  3. Perangkat Output , Digunakan untuk menghasilkan proses dari perintah pengguna komputer contohnya seperti Monitor,Speaker dan Printer.
  • Software
Software atau bisa disebut degan Perangkat Lunak adalah kebalikan dari perangkat hardware yaitu data data dalam sebuah komputer yang telah di format dalam bentuk digital.bahasa kasarnya bagian ini tidak bisa terlihat dan tersentuh tetapi perangkat ini tertanam didalam komputer.
Contoh Software :
  1. Sistem Operasi ,  Perangkat yang digunakan untuk menghubungkan antara hardware dengan pengguna komputer.
  2. Aplikasi Software ,sebuah perogram yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan dari seorang pengguna komputer,misalkan ms.word ,exel,powerpoint dan banyak lainnya dan akan terus bertambah seiring dengan perkembangan teknologi.
  • Brainware 
Brainware adalah orang yang sedang mengoperasikan komputer.
hubungan hardware,software dan brainware

Jika salah satu pondasi diatas tidak ada maka komputer itu hanyalah barang rongsokan yang tidak berguna,karena diantara ketiga pondasi pembangun komputer ini harus bekerja bersama untuk membangun sebuah sistem dalam komputer.

Jika sebuah komputer hanya memiliki Hardware tanpa memiliki Software maka komputer hanya barang rongsokan tak berguna karena software dibangun untuk membantu kinerja fungsional dari sebuah komputer.begitu juga pun sebaliknya.

Tapi jika kedua Pondasi diatas sudah bekerja dengan baik tapi tanpa adanya Brainware ya kembali lagi komputer cuma barang yang tidak ada gunanya.karena jika tidak ada brainware maka siapa yang akan mengoperasikan sebuah komputer.

Seiring dengan pekembangan teknologi yang begitu pesat komputer sudah memiliki banyak jenis,ragam dan fungsinya.

Jenis Komputer :

  1. Personal Computer (PC) , Komputer yang didesain untuk digunakan perorangan,PC biasanya digunakan dalam perkantoran,warnet dan lain sebagainya.
  2. Desktop , Komputer PC yang ditempatkan dalam satu tempat yang dipasang secara permanen.
  3. Laptop , Komputer jenis ini sudah menjadi kebutuhan penting dalam sebuah pekerjaan karena laptop sangat fleksibel,mudah dibawa dan banyak kegunaan lainnya.
  4. Personal Digital Assistant , Komputer yang didesain simple dan munggil tanpa menggunakan keyboard.pengoperasiannya dengan teknologi Touchscreen.
  5. Workstation , Komputer PC yang berspesifikasi teknis dan berkemampuan untuk digunakan berkelompok.
  6. Server , Sistem yang berspesifikasi tinggi dan digunakan untuk mengatur semua sistem dalam sebuah komputer atau dalam sebuah jaringan.
  7. Superkomputer , gabungan dari beberapa komputer yang bekerja secara paralel dan membentuk sebuah sistem komputer.
Mungkin itu yang dapat saya jelaskan tentang komputer semoga artikel ini bermanfaat bagi anda dan bisa menjadikan blog ini referensi anda untuk dikunjungi kembali .