BerlanggananBerlangganan Artikel Gratis Langsung Di Email Anda

Mengubah Hobi Sebagai Bisnis Untuk Menghasilkan Uang

Mengubah Hobi Sebagai Bisnis – Halo Indonesian Blogger, Saya Abdul Muhajir. Pada pembahasan kali ini kita learn and share saja tentang bagaimana sih merubah atau menjadikan hobi kita menjadi sebuah peluang bisnis yang bisa menghasilkan pundi rupiah.

mengubah hobi sebagai bisnis

Setiap insan pasti punya hobi atau kegiatan yang disukai, boleh share dong di kolom komentar apa sih hobi anda? Kalau saya pribadi hobi nya memang berinternet ria dan menulis. Tapi sebenarnya saya bukan penulis, saya hanya gemar menulis di blog sederhana ini untuk berbagi manfaat.

Alhamdulillah dengan hobi saya dalam dunia internet ini bisa membuat saya tetap bisa menghasilkan walaupun tidak bekerja seperti layaknya orang biasa. Kalau saya saja bisa mengubah hobi sebagai bisnis, saya yakin anda pun pasti bisa.

Jadi kalau anda punya hobi, kenapa tidak dicoba untuk mengubah hobi sebagai bisnis. Jangan sia siakan hobi yang anda miliki hanya untuk kesenangan tapi bisa anda manfaatkan untuk mendatangkan keuntungan untuk keuangan anda.

Saya rasa anda pun sering dengar kata seperti ini “pekerjaan yang menyenangkan adalah hobi yang dibayar” ya menurut saya sendiri ini ada benarnya. Bagaimana tidak enak, kita melakukan hal yang kita sukai tapi justru kita mendapatkan bayaran.

Zaman sekarang rasanya semua serba dimudahkan dalam hal menghasilkan rupiah. Berikut ini Indonesian Blogger ingin memberikan beberapa tips nih bagaimana sih mendapatkan keuntungan alias uang dari hobi kita sendiri, yuk simak dibawah ini.

Mengubah Hobi Sebagai Bisnis

1. Cari Tau Hobimu

Nah yang pertama adalah menentukan apasih hobi mu yang memang benar benar anda sukai. Terkadang manusia ini punya banyak hobi kan, jadi pilih hobi yang memang benar benar anda senang ketika mengerjakannya. Setelah itu anda tinggal menekuni nih hobi itu.

Kalau anda punya hobi Photography ya tekuni dunia itu, jika hobi anda menulis ya cobalah untuk menulis di blog, jika suka dengan hal lain silahkan lakukan yang penting hobi anda tidak dilarang. Tapi perlu di ingat tidak semua hobi itu bisa menguntungkan, jadi carilah hobi yang bisa menjual.

2. Tentukan Target Pasar Anda

Setelah anda memilih hobi yang dapat menjual sekarang adalah bagaimana anda dapat menentukan target pasar yang ingin anda masuki. Ini sangat perlu karena untuk sukses dalam berbisnis kita harus memiliki pasarnya, jika tidak siapa yang akan menjadi pembeli atau menggunakan jasa anda ?

Contohnya anda memiliki hobi di bidang fashion, berarti Anda harus memahami lebih dalam mengenai perkembangan pasar fashion di sekitar Anda. Mulai dari trend apa yang sedang berkembang, mana gaya fashion yang sedang digemari banyak orang.

Tentukan siapakah target pasar anda, apakah Ibu ibu rumah tangga, anak remaja, anak kecil atau anda punya target spesifik lainnya. Silahkan anda cari tahu terlebuh dahulu target pasar seperti apa yang akan anda masuki.

Baca : 7 Tips Cara Mengembangkan Bisnis Dari Nol Sampai Sukses

3. Manfaatkan Media Sosial

Penyebaran sebuah informasi di media sosial memang sangat cepat sekali dengan milyaran penggunanya di seluruh dunia, Hal ini bisa anda manfaatkan untuk mendapatkan brand awareness dan sekaligus bisa menjadi pancingan untuk mendatangkan customer.

Contohnya anda suka photography, Rajin rajinlah untuk melakukan hunting. Kenapa ? Bukan hanya untuk mendapatkan hasil jepretan yang bagus tapi dengan rajin hunting anda juga akan semakin sering belajar teknik teknik photography. Setelah itu upload hasilnya di media sosial secara rutin.

Dengan rutin upload di IG, banyak yang suka dan follower bertambah, endorse bisa saja masuk kepada anda. Selain itu anda juga bisa menjual hasil foto anda ke beberapa situs jual foto yang ada di Internet. Nah Saya juga sudah pernah bahas tentang ini, baca dibawah :

  1. Jual hasil foto anda disini, anda akan dibayar.
  2. Cara mendapatkan endorse di media sosial

4. Memiliki Strategi Yang Baik

Dengan memiliki strategi sendiri maka anda lebih unggul satu langkah dari pesaing lain yang tidak memiliki strategi. Dengan memiliki strategi anda bisa menganalisa berbagai kemungkinan yang akan terjadi kedepannya, termasuk resiko untuk merugi.

Dikala anda menghadapi masalah dalam bisnis, anda sudah punya planning dan tahu harus bagaimana untuk menghadapinya. Sebuah planning harus anda bangun sejak awal agar bisa menghadapi berbagai masalah kedepannya.

5. MULAI DARI SEKARANG

Point paling penting dari semua adalah apakah anda akan memulai atau hanya akan merencakanan, karena pada dasarnya kebanyakan manusia sangat mudah berencana tapi sangat sulit untuk memulai. Karena terlalu takut dengan berbagai kemungkinan.

Tapi jika anda tidak memulai dari sekarang, terus kapan? Jangan terlalu menunda nunda karena biasanya yang ditunda tunda tidak akan pernah terjadi/terealisasi. Jadi intinya MULAI saja dulu, hasilnya akan anda lihat setelah anda memulai.

Baca : Pengertian Dan Cara Membangun Brand Awareness Yang Wajib Anda Tahu

Itulah beberapa tips atau cara bagaimana untuk Mengubah Hobi Sebagai Bisnis Untuk Menghasilkan Uang. Bekerja dengan hobi yang kita sukai adalah impian, jadi kenapa harus takut untuk memulai. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Jika terdapat kesalahan atau kekurangan pada artikel ini, saya mohon maaf dan silahkan berikan masukan anda pada kolom komentar dibawah ini. Jika anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan di share juga ke teman teman anda, Sekain dan terima kasih.