Menu Close

Tips Menjawab Pertanyaan Saat Sidang Skripsi dengan Baik

Menjawab Pertanyaan Sidang Skripsi – Halo Indonesian Blogger, apakah saat ini Anda sudah memasuki fase mahasiswa tingkat akhir yang sebentar lagi akan menghadapi sidang skripsi? Jangan terlalu panik dan resah, karena Anda pasti bisa untuk melakukannya.

menjawab pertanyaan sidang skripsi

Suka atau tidak suka, Anda harus tetap maju. Karena itulah syarat utama agar Anda bisa lulus dan mendapatkan gelar Anda. Berikut ini beberapa tips untuk menjawab pertanyaan saat sidang skripsi, semoga dapat bermanfaat.

Tips Menjawab Pertanyaan Sidang Skripsi

Ucapkan Terima Kasih

Tips pertama bagaimana menjawab pertanyaan saat sidang skripsi adalah dengan mengucapkan terima kasih setelah mendapatkan pertanyaan.

Jadi Anda tidak perlu menjawab dengan mengatakan “pertanyaan Bapak/Ibu bagus sekali” karena Anda bukanlah seorang motivator.

Baca juga: Tips Mencari Jurnal Ilmiah Untuk Skripsi, Mudah dan Gratis!

Bisa dengan Mengulang Pertanyaan

Tips menjawab pertanyaan sidang skripsi berikutnya, Anda bisa menjawab pertanyaan dengan cara mengulang pertanyaan yang diajukan, hal ini dimaksudkan sebagai pembuka dan penyambung.

Contohnya “Berhubungan dengan metode yang saya gunakan di dalam skripsi ini, ada dua point utama yaitu seperti blablabla”.

Hindari Kesan Membantah/Menentang

Meskipun pertanyaan dari dosen terkadang hanya sekedar menyalahkan, tapi sebisa mungkin Anda hindari untuk memulai jawaban dengan kesan membantah atau menentang pertanyaan dari dosen Anda.

Contohnya hal yang tidak boleh Anda ucapkan menjawab pertanyaan yang kurang baik; “tapi kan”, “bukan begitu bu”, “oh tidak seperti itu pak”, atau “sebenarnya tidak demikian”.

Membantah dengan Positif

Pada point ketiga “tidak boleh membantah” tapi sebenarnya Anda bisa melakukan bantahan namun dengan cara yang lebih cantik dan terkesan positif.

Baca juga: Tips Menghemat Uang Bulanan Untuk Seorang Mahasiswa

Contohnya; “Pada awalnya, saya juga sempat menduga seperti demekian saat melakukan penelitian sebelumnya. Namun setelah melakukan banyak percobaan, ternyata ada perbedaan hasil. Setelah saya melakukan analisa, ternyata perbedaan tersebut terjadi karena hal blablabla.

Mengatakan Tidak Tahu dengan Cerdas

Mengatakan tidak tahu memang memberikan kesan yang buruk didepan dosen, tapi Anda tetap bisa mengatakan tidak tahu namun dengan cara yang lebih cerdas.

Contohnya dengan mengatakan “Maaf penelitian ini tidak membahas aspek X sehingga saya tidak dapat menjelaskannya”.

Atau Anda juga dapat mengatkan seperti ini “Saya baru sadari bahwa aspek X punya pengaruh penting. Sayang sekali, fokus penelitian ini adalah aspek A dan B saja Pak.

Menghindar dengan Kreatif

Tips menjawab pertanyaan sidang skripsi berikutnya adalah dengan menjawab pertanyaan yang tidak dapat Anda jawab dengan cara menghindari pertanyaannya.

Bagaimana bisa?

Contohnya “Maaf, tapi saya kurang mengerti atau tidak paham dengan persoalan A tersebut, tapi saya menemukan dan berfikir bahwa ada faktor lain yang memiliki efek besar yaitu soal B yang blablabla”.

Dengan cara ini Anda bisa menjawab pertanyaan yang sebenarnya tidak dapat Anda jawab.

Baca juga: Portal Investasi Untuk Mahasiswa Dengan Modal 10 Ribu

Bertanya Pada Kakak Tingkat

Saat sidang skripsi, terkadang akan ada pertanyaan komprehensif yang bersifat mendasar tapi tidak terkait langsung dengan skripsi Anda.

Untuk hal ini, Anda perlu menyiapkan beberapa hal penting. Anda bisa mencoba bertanya kepada kakak tingkat Anda yang pernah diuji oleh dosen yang sama.

Fokus Pada Pertanyaan

Saat Anda mendapatkan pertanyaan dan Anda yakin dan tahu benar jawabannya, maka fokus dan utamakan jawaban tersebut.

Anda bisa menambahkan informasi tambahan sebagai pelengkap dan pemanis. Jangan sampai terbalik antara jawaban dan juga informasi tambahan/pemanis.

Menjawab dengan Penjelasan Mendasar

Ada kalanya dosen Anda belum sempat membaca apa isi dari skripsi yang Anda buat. Jadi sebisa mungkin Anda menjawab dengan penjelasan yang mendasar tapi singkat dan mudah untuk dipahami.

Latihan

Terkadang penguji skripsi itu tidak ahli di bidang skripsi Anda. Jika dosen tersebut sadar, maka biasanya penguji akan lebih fokus pada metode dan penulisan atau ada juga yang berlagak dengan membahas substansi.

Jadi sebaiknya Anda harus lebih sering berlatih, baik dengan teman atau pasangan Anda.

Penutup

Itulah dia beberapa tips untuk menjawab pertanyaan sidang skripsi, semoga dapat bermanfaat dan jika ingin menambahkan silangkan berikan komentar dibagian bawah.

JIka artikel ini bermanfaat, silahkan dibagikan kepada teman teman dekat atau media social Anda agar bisa memberi lebih banyak lagi manfaat, terima kasih.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *