BerlanggananBerlangganan Artikel Gratis Langsung Di Email Anda

Mobilegeddon Tidak Pandang Bulu

Mobilegeddon Tidak Pandang Bulu, Tertanggal 21 April 2015 google telah melakukan Update Algoritma terbaru . Algoritma pencarian google mengalami pembaruan karena semakin berkembangnya dunia teknologi didunia. Algoritma baru google ini dinamakan zaman Mobilegeddon.

Pada zaman Mobilegeddon ini google tidak akan pandang bulu terhadap site owner. Jika sebuah website tidak Mobile Friendly maka bersiap siaplah mengalami penurunan traffic dan bahkan dapat terdepak dari hasil pencarian google. Tetapi walaupun begitu Mobilegeddon tidak akan berpengaruh terhadap hasil pencarian di dekstop.

Walaupun pada zaman Mobilegeddon google memaksa site owner untuk membuat halaman website mereka menjadi Mobile Friendly tapi itu untuk tetap mempertahannkan sebuah halaman pada hasil pencarian google.

Dengan Algoritma baru ini google bertujuan untuk memberikan kemudahan akses untuk mendapatkan Konten Yang Berkualitas dan juga google ingin memberikan pengalaman berselancar di internet dengan situs yang tampil dengan cepat dan mudah di navigasi.

Mobilegeddon Google

Tetap Optimis dan santai karena walaupun terdengar menakutkan untuk para site owner. Namun ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh pemilik web untuk menghadapi zaman Mobilegeddon ini untuk tetap bertahan di hasil pencarian yaitu sebagai berikut.

Baca : Pengertian Dan Penjelasan Lengkap Apa Itu Algoritma

Update Algoritma Google “Mobilegeddon”

1. Responsive Design

Mengapa Desain responsive, alasannya sangat gampang karena dengan menggunakan tampilan yang responsive tampilan web akan menyesuaikan secara otomatis dengan lebar perangkat mobile yang digunakan. Selain itu jika menggunakan template responsive tidak akan membuat dua salinan web karena hanya menggunakan satu Url saja. Adapun alasan lainnya adalah sebagai berikut :

A.Disukai Pengunjung

Web dengan Responsive disukai pengunjung karena desain tampilan dekstop dan mobile tidak jauh berbeda dengan kata lain pengunjung tidak kehilangan begitu banyak fitur yang ada pada web tersebut.

B.Disukai Google

Google menyukai web dengan desain yang ringan atau fast loading dengan konten yang berkualitas yang memberikan pengalaman terbaik terhadap pengunjung web tersebut.

Baca : Kelebihan Dan Kekurangan Template Responsive

2. Dynamic Serving

Cara kerja dari metode ini adalah dengan menggunakan user-agent untuk mendeteksi jenis perangkat yang digunakan untuk mengakses sebuah web. Deteksi User-Agent rentan terhadap error sehingga menjadi titik rawan kesalahan dan jika sebuah web terdapat kesalahan/error maka google akan mengenyampingkannya dari hasil pencarian.

Template yang responsive sudah pasti mobile friendly namun pemuatan atau loadingnya cepat. Biasanya karena terlalu banyak widget yang membuat tampilan versi web lambat. Tampilan web saja lambat apalagi mobile sudah pasti sangat lambat.

Jadi kurangi tampilan widget pada tampilan mobile dengan begitu akan menambah kecepatan akses pada web anda . Pahami lah kecepatan akses yang ada pada mobile tidak secepat akses menggunakan laptop atau pc.

Untuk menambah kecepatan akses pada tampilan mobile sebaiknya anda menghilangkan sidebar pada tampilan mobile dan juga minimalkan lah penggunaan jquery dan javascript pada web anda.

Karena hinga saat ini belum ada solusi yang tepat untuk mengatasi bloking-render  js. Jadi meminimalisir adalah jalan terbaik untuk sekarang. Mungkin itu yang dapat saya berikan semoga bermanfaat dan jika ada kritk dan saran silahkan berikan pada kolom komentar yang tersedia, Terima Kasih.