BerlanggananBerlangganan Artikel Gratis Langsung Di Email Anda

Memulai Bisnis Warnet Yang Menjanjikan

Memulai Bisnis Warnet Sendiri, Warung internet atau sering disebut Warnet adalah salah satu Bisnis yang menjanjikan dan memiliki omset berkepanjangan. Pada saat ini internet sudah menjadi sebuah kebutuhan yang sangat wajib untuk terpenuhi bagi umat manusia di dunia ini.

Internet memiliki banyak sekali kegunaan dan manfaatnya semisalnya saja dapat membantu banyak orang untuk mencari informasi, berbagi informasi, ladang Bisnis maupun banyak hal lainnya. Dengan beberapa manfaat dari internet diatas saya akan mengambil salah satu manfaatnya yaitu sebagai Ladang Bisnis yaitu dengan membuka Warung Internet ( Warnet ).

Baca : Pengertian Internet Dan Manfaatnya

Memulai Bisnis Warnet
Saat internet kini sudah sangat mudah di jumpai di kota besar maupun perkotaan kecil. Hal ini tentu dapat menjadi salah satu peluang untuk anda dalam meraup omset keuntungan besar dan berkepanjangan. Mengapa saya katakan berkepanjangan ? karena Internet akan selalu ada dan tidak akan pernah mati. Dimana sekarang lebih banyak orang membaca berita atau mendapatkan informasi melalui media internet bukan lagi dengan menonton TV atau membaca koran.

Baca : Kemajuan Internet Di Pelosok

Dengan beberapa hal yang saya sebutkan diatas, Hal ini akan membuat bisnis internet akan memiliki peluang yang besar untuk anda meraup omset atau keuntungan yang besar setiap harinya. Namun untuk membuka usaha ini anda terlebih dahulu harus mempertimbangkan , merencanakan, dan pengelolaan yang baik kedepannya. Bisnis internet tidak dimulai dengan modal yang sedikit. Untuk membangun sebuah warung internet anda harus mengetahui tentang dunia komputer dan jaringan, Internet, modal dan kerja keras.

Mengapa harus seperti itu ? karena Internet dan Komputer akan selalu berkembang dan harus mendapatkan Update terbaru agar warung internet anda tidak ketinggalan zaman. Yang mengakibatkan pengunjung anda sepi. Pelayanan yang baik juga menentukan kemajuan usaha anda, Pelayanan yang buruk akan membuat orang akan malas untuk kembali ketempat anda. Pelayanan adalah nomor 1 dalam segala urusan bisnis karena kepuasan pelanggan adalah nomor 1.

Tidak seperti beberapa tahun belakangan, Warung internet adalah salah satu bisnis yang sangat menjanjikan karena omset yang besar setiap harinya. Namun seiring mudahnya setiap orang untuk mengakses internet dari mana saja dan kapan saja menggunakan ponsel cerdas mereka membuat bisnis kini agak kurang diminati.

Tapi anda tidak perlu khawatir karena Internet tidak pernah mati dan seperti yang saya sebutkan di paragraf kedua bahwa Warnet adalah bisnis berkepanjangan. Berikut ini beberapa hal yang harus anda pertimbangkan sebelum memulai bisnis internet :

Tips Memulai Bisnis Warnet

1. Jenis Warung internet

Hal pertama yang harus anda pikirkan adalah jenis yang seperti apakah yang akan anda kembangkan. Pada saat ini ada 2 jenis warung internet yaitu khusus game dan Non-Game atau standar ( Print, Browing dan Percetakan ). Tentunya kedua jenis ini memiliki jumlah budget yang berbeda.

Kesalahan memilih jenis warnet yang akan dikembangkan akan berakibat fatal kedepannya misalkan anda memiliki warung internet dengan spesifikasi komputer standar dan jaringan yang juga tidak kencang kencang amat tapi nekat buka warnet game online yang berakibat akan membuat game menjadi Lag dan crash, bisa jadi akan membuat anda merugi.

2. Spesifikasi Komputer Dan Jaringan Internet

Untuk Spesifikasi komputer dan jaringan internet di kedua jenis warung internet yang akan anda kembangkan memang sangat berbeda. Dimana Warnet game harus memiliki Spesifikasi komputer dan jaringan yang mumpuni dan memenuhi syarat dari penyedia game online.

Untuk warung internet standar atau non game hanya memerlukan jaringan yang baik dan Beberapa Software pendukung seperti word, exel, power point dan lain lain. Tujuannya untuk memberikan pelayanan yang optimal bagi pengguna dari usaha anda ini.

Baca : Perbedaan Internet Marketing Dan Bisnis Online

3. Lokasi Yang Strategis

Untuk membuka sebuah warung internet anda juga harus terlebih dahulu menentukan lokasi yang pas dengan jenis yang akan anda kembangkan. jangan sampai anda membuka warung internet game online di pedesaan yang cinta ketenangan, yang sudah jelas jelas akan terjadi kegaduhan karena teriakan teriakan dari para gamers yang sedang bermain.

Jika masih nekat tentunya warnet anda akan mendapatkan teguran dari para warga sekitar sehingga anda bisa mengalami kerugian yang cukup besar. Jadi sebaiknya pilih lokasi yang ramai misalkan di tengah tengah kota atau jalan jalan yang sering dilalui banyak orang.

4. Daya Listrik Yang Cukup

Komputer adalah salah satu jenis alat elektronik yang sudah sangat jelas membutuhkan daya listrik untuk mengoperasikannya. Daya listrik yang tidak sebanding dengan jumlah komputer yang tersedia diwarnet tentunya akan berakibat sering terjadinya jeglek dan akibatnya para pengunjung akan merasa kecewa dengan pelayanan yang ada pada warnet anda. Jadi sebelum memulai usaha sebaiknya anda berkonsultasi kepada pihak PLN untuk biaya penaikan daya listrik pada warnet anda.

5. Fasilitas Dan Pelayanan

Fasilitas yang sebaiknya anda tambahkan pada warnet anda adalah seperti menjual minuman dingin, snake, roko*, Printer, Scan, Toilet dan tempat ibadah. Dengan begitu selain anda dapat menambah omset penghasilan dengan berjualan makanan,minuman dan scan printer juga memberikan pelayanan yang baik terhadap pengunjung warnet anda.

6. Operator Yang Mengerti Komputer

Satu hal lagi yang dibutuhkan adalah seorang Operator, Sebaiknya pada awal awal anda mengelola sendiri warnet anda. Setelah berkembang anda sudah dapat mengambil Operator untuk membantu kerja anda.Carilah operator yang dapat mengoperasikan komputer , berpengalaman dengan komputer , Ramah senyum dan Jujur.

Dengan memiliki operator yang mengerti komputer tentunya akan dapat membantu anda untuk hal perawatan komputer atau perbaikan jika terjadi trouble saat pelanggan sedang bermain.

7. Tarif Internet

Tarif internet dapat anda sesuaikan sendiri seseuai fasilitas yang anda berikan. Fasilitas dan pelayanan yang baik tentunya anda dapat mematok harga sedikit mahal dari warnet sebelah. tapi jika kurang maka sesuaikan saja dengan fitur yang anda berikan kepada pengunjung.

Itu dia Tips Memulai Bisnis Warnet Yang Menjanjikan yang dapat saya berikan. Semoga dapat bermanfaat dan jika ada pertanyaan silahkan lontarkan pada kolom komentar yang tersedia. Jika ada kritik dan saran untuk artikel atau blog ini silahkan langsung menghubungi saya dari menu Contact. Semoga artikel ini membantu , Terima Kasih.