BerlanggananBerlangganan Artikel Gratis Langsung Di Email Anda

Panduan Penting untuk Blog Baru Selft Hosting

Self Hosting

Berdasarkan pengalaman yang sudah saya lakukan hampir 2 minggu ini terkait dengan pembuatan blog di selft hosting, maka ada beberapa saran yang bisa saya bagi di sini, harapan ini akan menjadi manfaat bagi kita semua khususnya bagi teman-teman yang ingin terjun ke dunia blog selft hosting. Adapun saran tersebut adalah:

1. Pilihlah Theme yang tepat

Biasanya bagi mereka yang membangun blog selft hosting, maka pilihan platformnya sering jatuh ke WordPress.org, kalau untuk platform joomla biasanya digunakan untuk portal berita.

Sebelum membuat posting atau yang lainnya, maka tentukanlah thema yang tepat untuk blog anda. sebaiknya, template-nya merupakan template dari rekomondasi wordpress itu sendiri, mengapa?

Saya ada membaca jika para Hacker juga bisa menyusupkan beberapa kode virus yang bisa menghancurkan blog anda melalui theme (bukan pembuat theme yang melakukannya, tapi ada theme yang bisa disusupkan jenis file pemanggil untuk menghack blog).

2. Pilihlah Plugin yang tepat dan maksimal 10 Plugin penting

Plugin berfungsi untuk mempermudah kerja anda. Jika anda mahir di bidang PHP, maka plugin sebenarnya tidak perlu di Install, tapi kebanyakan mereka tidak bisa melakukannya dikarenakan tingkat kerumitan yang luar binasa, termasuk saya yang sama sekali ndak paham mengenai PHP.

Maka dari itu, sebaiknya gunakan Plugin yang memang penting. Saya merekomondasikan beberapa plugin dari sisi jenisnya yaitu:

  • Anti Spam (Akismet)
  • WordPress SEO (Rekomondasi menggunakan SEO dari Yoast)
  • WP Smush.it (Berfungsi untuk Memperkecik size gambar tanpa mengurangi kualitasnya, bagus untuk loading blog)
  • WP Cache (Berfungsi untuk mempercepat blog dengan sistem Cache nya)

Tambahan Plugin sekunder

  • WP Statistics (mengetahui Statistik blog anda)
  • Font Awesome 4 Menus (Mempercantik tampilan font berupa Icon)
  • Contact Form 7 (Form untuk pengunjung yang ingin menghubungi anda)

3. Pelajari dahulu bentuk fitur Secara Mendasar

Sebelum memposting konten, file atau apalah itu, sebaiknya utak atik dahulu fitur-fitur di blog yang baru anda buat, baik itu terkait dengan plugin, theme atau fitur dari wordpress nya.

Hal ini akan memudahkan anda nantinya ketika melakukan sesuatu tanpa harus dipusingkan dengan segala sesuatu yang bisa saja terjadi dan itu mengejutkan anda ketika ada kesalahan.

4. Update WordPress

WordPress selalu memberitahukan Update secara rutin, hal itu dilakukan agar performa WordPress tetap eksis. Selain itu, fitur Update ini juga bagus untuk keamanan blog, baik dari sisi virus maupun Hacker.

Mungkin ini saja yang bisa saya jelaskan, jika ada perkembangan selanjutnya, maka akan saya share ke sini. Mudah-mudahan tulisan ini sedikit memberi manfaat bagi kita semua. Jika ada saran yang lain, mohon ditambahkan. Terima Kasih