BerlanggananBerlangganan Artikel Gratis Langsung Di Email Anda

Panduan Cara Mempromosikan Blog

Panduan Cara Mempromosikan Blog – Sudahkan Anda membuat blog dan mengisinya dengan konten? sekarang saatnya anda baca Panduan Cara Mempromosikan Blog ini. Jika blog anda sepi oleh pengunjung maka lanjutkan membaca.

Berikut mari kita uraikan bersama-sama bagaimana sih Panduan Cara Mempromosikan Blog agar cepat mendatangkan traffic atau pengunjung ke blog kita ?

Panduan Cara Mempromosikan Blog

1. Buat Desain Template Blog yang Menarik

Panduan Cara Mempromosikan Blog yang pertama adalah Desain, dengan desain blog yang menarik tentu akan memiliki daya pikat tersendiri bagi pengujung yang melihatnya. Buatlah sebuah desain tata letak blog yang sederhana, tetapi nyaman untuk dilihat pengunjung.

Jangan terlalu banyak memasang pernak-pernik blog agar pengunjung kita tetap merasakan kenyamanan saat membaca. Sebab, inti dari kedatangan pengunjung dalam blog kita adalah membaca bukan untuk melihat tampilan blog anda.

Jadi, jangan terlalu banyak menampilkan pernak-pernik yang tidak begitu dibutuhkan dalam blog kita. Selain menimbulkan rasa risih untuk pengunjung, hal ini juga akan berpengaruh terhadap loading blog nantinya.

Baca : Template Blogger Responsive

2. Aktifitas Posting

Aktifitas posting maksudnya adalah memberikan jadwal atau kapan sebuah artikel baru akan keluar dari blog anda. Dengan cara ini sebagian pengunjung akan mengetahui kapan akan ada artikel terbaru dari blog anda.

Rutinlah update blog anda minimal 1 minggu atau 3 hari sekali dengan jadwal yang telah anda tetapkan sebelumnya.

  1. Modal Dasar Menulis Artikel
  2. Tips Menulis Artikel Yang SEO Friendly

3. Berikan Postingan yang Berkualitas dan Menarik

Pernah dengar “Konten Adalah Raja”, Konten adalah nyawa dari blog kita. Jika pengunjung untuk pertama kalinya melihat postingan kita dan langsung kagum dengan kualitasnya, maka akan membuat mereka merasa tertarik dan akan rutin mengunjungi blog anda.

Akan tetapi, coba kita bayangkan jika blog kita memiliki kualitas postingan yang rendah apalagi hasil dari copas , tentunya hal ini akan membuat pengunjung merasa “ah saya sudah baca ini di blog sebelah” kemudian pergi dari blog anda.

Begitu vital peranan sebuah kualitas konten dalam blog kita. Maka dari itu, mulailah untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas konten dalam blog kita dengan mencari banyak referensi, pendapat ahli, dan saran dari pihak yang lebih berkompeten terhadap suatu bidang terntentu yang sedang kita tulis.

4. Mendaftarkan Blog ke Search Engine

Panduan Cara Mempromosikan Blog berikutnya adalah mendaftarkan blog ke search engine seperti google, bing, yahoo. 3 Search engine ini wajib karena paling banyak digunakan orang di dunia. Jika blog anda tidak didaftarkan maka mustahil bisa muncul di halaman satu google.

Untuk cara bagaimana mendaftarkan blog ke search engine bisa anda cari di goole, karena sudah banyak sekali yang share tutorial ini. Hal ini sangat diwajibkan agar blog anda dapat ditemukan di mesin pencari dan mendatangkan pengunjung

5. Cantumkan ke Situs Jejaring Sosial

Jika Anda memiliki akun di situs jejaring sosial yang cukup populer seperti facebook dan twitter, cantumkanlah alamat blog Anda pada profil dalam akun tersebut. Mengapa? Hal ini sangat berguna sekali dalam menginformasikan blog yang kita miliki kepada teman-teman kita.

Karena pada umumnya banyak sekali blog-blog populer karena banyak pengujung yang bersumber dari teman-teman mereka di situs jejaring sosial. Jadi, jika Anda sudah memiliki akun di beberapa situs jejaring sosial tersebut, maka cantumkanlah alamat blog Anda.

6. Daftarkan ke Social Bookmarking

Fungsi utama dari social bookmarking adalah apabila ada postingan yang menarik, makan akan mudah bagi pembaca untuk membookmark postingan kita tersebut kedalam social bookmarking.

Sign Up ke Social Bookmarking Site dan dapatkan plugin untuk dipasang di blog anda. Jika artikel Anda disukai oleh pembaca maka mereka dapat mensubmit artikel Anda ke Social Bookmarking Site melalui plugin tersebut.

7. Daftarkan ke Blog Direktori

Blog direktori merupakan sebuah situs yang menyediakan fasilitas bagi kita untuk melihat berbagai jenis situs yang terdaftar di dalamnya sebagai sebuah satu kesatuan komunitas dan terbagi ke dalam beberapa kategori. Blog direktori ini layaknya seperti sebuah gudang blog-blog yang terdaftar di dalamnya.

Apa manfaat jika kita mendaftarkan blog kita di sana? Manfaatnya adalah setiap postingan yang telah terpublikasikan dalamblog kita akan secara otomatis terjaring dalam pencarian search engine. Karena pada dasarnya situs blog direktori ini mendapat semacam hak previlege atau mendahului dalam hal publikasi konten-konten postingan dari blog-blog yang terdaftar di dalamnya.

8. Bergabung Didalam Forum

Bergabunglah dalam sebuah forum diskusi yang membahas topik permasalahan yang sama dengan tema dalam blog kita. Jika kita mampu untuk menjadi anggota yang berkompeten di dalamnya, bukan tidak mungkin akan banyak orang yang akan sering mengunjungi blog kita.

Jika ada yang mengalami kendala didalam forum tersebut, berikanlah solusi yang dimana bisa anda arahkan menuju ke artikel blog anda.

9. Tingkatkan Blogwalking dan Komentar

Blogwalking adalah kegiatan saling mengunjungi antar sesama blogger. jangan lupa untuk mengujungi blog milik orang lain dan meninggalkan komentar bermutu di setiap postingan mereka. Komentar yang baik akan membuat orang tertarik untuk klik profile anda.

Selain itu, jangan lupa untuk mengisi buku tamu atau kontak percakapan jika disediakan oleh pemilik blog. Tulislah secara lengkap terutama alamat blog kita dalam form kontak identitas kolom komentar. Perlu di ingat, hindarilah melakukan tindakan spam saat blogwalking.

10.Lakukan Blogroll (Link Exchange)

Apa itu Blogroll? Blogroll adalah sebuah kegiatan untuk saling bertukar link alamat blog kita dengan alamat blog milik orang lain yang masing-masing ditempatkan di halaman blognya. Lalu, apa manfaatnya? Sederhananya menambahkan pagerank, traffic, kualitas blog di search engine.

Kegiatan ini adalah saling mempromosikan blog, tapi update terbaru tahun ini seperti nya blogroll sudah tidak terlalu efektif lagi dalam mendatangkan pengunjung dan juga kredibilitas blog dimata search engine.

11. Menggunakan Domain Untuk Blog

Jika anda belum mengerti tentang domain silahkan baca ini Pengertian Dan Fungsi Domain Menggunakan nama domain sendiri akan membuat blog anda tampak lebih profesional, misalnya http://NamaAnda.com.

Banyak penyedia domain dengan harga yang terjangkau dan bisa berkolaborasi dengan blog Anda. Anda tidak harus membeli paket hosting, karena banyak layanan Hosting yang memberikan hostingnya secara cuma-cuma alias gratis.

12. Meta Keywords

Edit template blog Anda dengan memberi meta keywords pada title, keywords dan descriptions. Ini sangat berguna untuk SEO.

13. Link Internal

Link-lah postingan Anda antara yang satu dengan yang lain yang mempunyai topik sama. Kalo bisa gunakan anchor text yang relevan agar hasilnya lebih maksimal untuk SEO.

14. Subscribe Feedburner

Gunakan layanan feedburner untuk pengunjung yang ingin berlangganan artikel blog anda via email. Ini menjaga pengunjung blog Anda agar selalu tahu tentang update blog Anda dan menarik mereka kembali.

15. Belajar SEO

Untuk mendapatkan traffic dari search engine, SEO mutlak diperlukan. Perdalam kemampuan optimasi content dengan belajar SEO ke blog-blog yang tenar dan sudah terbukti kehebatan ilmu SEO-nya.

16. Maksimalkan Google

Gunakan layanan yang diberikan oleh google secara maksimal seperti google webmaster tools, google analytic, dan google alert untuk mempermudah index google dan membantu memonitor perkembangan blog Anda.

17. Submit Postingan ke Article Directory

Submit postingan Anda ke article directory seperti GoArticles, ArticleBiz, dan sebagainya. Selain mendapat backlink, blog Anda juga bisa cepat terkenal jika memang postingan Anda benar-benar berkualitas.

Sekian Panduan Cara Mempromosikan Blog yang dapat saya berikan semoga bermanfaat dan bisa anda terapkan pada blog anda. Jika ada kritik dan saran silahkan berikan masukan anda pada kolom komentar yang tersedia, Terima Kasih.