Menu Close

Panduan Lengkap Cara Menjadi Fashion Blogger Hingga Menghasilkan

Panduan Lengkap Cara Menjadi Fashion Blogger Yang Sukses – Halo Indonesian Blogger, perkembangan dunia fashion saat ini sangat pesat. Hal itu bisa Anda lihat di media sosial khususnya instagram, bagaimana orang orang selalu membagikan foto outfit of the day (OOTD) mereka.

Panduan Lengkap Cara Menjadi Fashion Blogger

Dengan banyaknya merek fashion yang ada di dunia, tentu saja sangat banyak kaum hawa yang membutuhkan referensi untuk memberikan mereka inspirasi dalam memadupadankan busana yang akan mereka kenanakan. Ini adalah alasan terbaik kenapa Anda harus mulai menjadi seorang fashion blogger.

Alasan lain kenapa penyuka fashion seperti Anda harus membuat blog fashion Anda sendiri adalah Anda dapat membuat brand Anda sendiri dan menggunakan blog sebagai sarana untuk mempromosikannya, menarik bukan? sekali dayung dua tiga pula terlampaui.

Beberapa Fashion Blogger Indonesia:

  1. Olivia Lazuardy – Olivialazuardy.com
  2. Sonia Eryka – soniaeryka.com
  3. Anastasia Siantar – brownplatform.com
  4. Claradevi Handriatmaja – lucedale.co
  5. Dan banyak lagi lainnya

Siapapun dapat menjadi seorang fashion blogger dan menginspirasi banyak orang, termasuk Anda. Apakah Anda sudah siap? jika iya berikut ini Indonesian Blogger akan membagikan Panduan Lengkap Cara Menjadi Fashion Blogger Yang Sukses, yuk simak dibawah ini.

Panduan Lengkap Cara Menjadi Fashion Blogger

1. Pemilihan Nama Dan Domain

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari dan menemukan nama yang tepat untuk blog Anda. Dalam tahap ini Anda harus memikirkan secara matang, karena Anda tidak hanya butuh nama yang unik tapi juga yang dapat menjadi identitas atau bahkan menjadi nama brand Anda nantinya.

Jika Anda ingin menggunakan nama sendiri untuk blog Anda, maka boleh boleh saja dan tidak ada masalah dengan itu. Pastikan Anda menggunakan top level domain (TLD) seperti .com, .net, dan lain lain. Jika domain yang Anda inginkan tersedia, maka daftarkan hari ini juga sebelum diambil orang lain.

Untuk membeli domain yang murah, berkualitas dan juga memiliki team support yang siap membantu Anda 24/7 bisa Anda dapatkan disini, asiknya mereka akan membantu untuk installasi dan perbaikan blog Anda jika Anda mengalami kendala.

2. Tentukan Platform Yang Ingin Digunakan

Panduan lengkap cara menjadi fashion blogger berikutnya adalah Anda harus menentukan jenis platform yang akan Anda gunakan. Ada 2 jenis platform yang saya sarankan yaitu Blogger.com dan juga wordpress self hosted, pilihan ditangan Anda.

Perbedaan mendasar dari kedua platoform adalah gratis dan berbayar. Jika di Blogger.com Anda tidak perlu menyewa hosting untuk situs Anda karena semua dihosting oleh google, Sedangkan di wordpress self hosted Anda harus menyewa hosting sendiri dengan durasi sewa yang beragam.

Baca ini : Perbedaan Blogger dan WordPress

Perbedaan lainnya dari kedua platform tersebut adalah untuk urusan mengatur tampilan blog. Pada blogger.com Anda mungkin akan sedikit kesulitan untuk menemukan template/theme yang sesuai dengan Anda.

Namun jika di wordpress self hosted, ada ratusan ribu theme yang siap untuk digunakan pada blog Anda. Namun balik lagi, dalam dunia blogging tidak perduli apa platformnya tapi yang penting konten yang dibagikan itu menarik atau tidak.

Hosting murah unlimited
Gunakan kode kupon a-kode50 untuk mendapatkan tambahan diskon 5%

3. Install WordPress

Point ini di khususkan untuk Anda yang menjadikan WordPress self hosted sebagai platform blog Anda. Bahkan Anda tidak perlu menjadi seorang programmer atau menyentuh kode kode alias bahasa pemgrograman untuk memulai install dan menjalankan wordpress Anda.

Namun jika Anda mengalami kendala atau sama sekali tidak paham cara install wordpress, Anda dapat meminta bantuan kepada team support hosting diatas untuk membantu Anda dalam meng-install wordpress Anda. Semua itu hanya memakan waktu beberapa menit saja hingga blog Anda diluncurkan.

Akan banyak sekali kemudahan yang akan Anda dapat dengan menggunakan wordpress, selain yang saya sebutkan diatas “ada ratusan ribu theme yang siap pakai” Anda juga akan dengan mudah mengatur berbagai kebutuhan situs Anda dengan ribuan plugin yang tersedia.

4. Pikirkan Apa Yang Berbeda Dari Anda?

Membuat blog memang sangat mudah, Namun untuk mengembangkan dan eksis di Internet tidaklah semulus wajah Chelsea Islan. Sekarang saya ingin bertanya kepada Anda, berapa banyak blog yang Anda lihat di hasil pencarian google ataupun media sosial? Banyak kan?

Apakah Anda ingin sama persis dengan kebanyakan fashion blogger lainnya? tentu tidak dong! Maka dari itu Anda harus memiliki style khusus yang membedakan Anda dengan fashion blogger lainnya. Anda harus bisa menampilkan sesuatu yang berbeda dengan yang sudah ada.

Baca Juga : Cara Membuat Travel Blog Untuk Pemula

5. Mulai Membuat Konten Pertama Anda

Saya pribadi sudah cukup lama berada dalam dunia blogging dan ada satu hal yang tidak pernah berubah dari masa ke masa yaitu Content Is King. Kualitas konten atau isi blog Anda adalah sebuah aset yang akan menentukan apakah blog Anda akan sukses atau stagnan.

Konten yang Anda bagikan haruslah yang memberikan manfaat kepada para pembaca blog Anda. Gaya penulisan juga bisa mempengaruhi mood pembaca Anda, jika pembawaan Anda asik didalam setiap tulisan tulisan Anda kemungkinan pembaca akan terus kembali ke blog Anda.

Selain itu, dengan memberikan konten fresh alias bukan hasil copas blog lain tentu akan membuat konten yang Anda bagikan lebih memberikan pengalaman yang baru kepada pembaca blog Anda. Originalitas juga dibutuhkan dalam dunia blogging, khususnya dalam hal SEO.

6. Melatih Kemampuan Photography

Tugas seorang fashion blogger tidak hanya membuat konten yang menarik dan informatif, tapi juga harus memiliki gambar atau foto foto yang bagus untuk digunakan kedalam setiap blogpost. Seorang fashion blogger tapi tanpa memiliki foto yang bagus itu hambar.

Untuk memiliki foto yang professional tentu saja membutuhkan skill photography yang baik juga. Maka dari itu, teruslah melatih diri Anda untuk menghasilkan foto yang baik atau jika memiliki budget yang berlebih bisa membayar seorang photographer lepas ataupun professional untuk membantu Anda.

7. Aktif Menggunakan Instagram

Panduan lengkap cara menjadi fashion blogger adalah dengan selalu aktif di media social instagram, kenapa harus instagram?

Instagram adalah media berbagi foto dan video yang paling populer di Indonesia bahkan dunia. Mungkin Anda sudah sering lihat foto foto seorang fashion blogger di akun instagram nya, coba perhatikan berapa banyak jumlah like pada setiap fotonya, banyak.

Hal itulah yang membuat instagram adalah media social terbaik untuk mempromosikan blog Anda secara gratis, caranya pun beragam. Anda dapat menambahkan situs anda pada bio, membuat stories ataupun postingan yang mengarahkan viewer ke blogpost Anda.

Baca juga : Cara Membuat Bio Instagram Yang Menarik Untuk Bisnis

Anda pun bisa dengan mudah menambahkan foto instagram ke dalam setiap tulisan blogpost Anda. Cukup dengan upload foto Anda ke instagram lalu embed ke postingan blogpost yang Anda inginkan. Jadi saling menguntungkan, Anda dapat pembaca dari instagram dan Anda juga dapat follower baru dari blog.

8. Membangun Networking Sesama Blogger

Membangun networking sesama blogger adalah hal penting yang harus Anda lakukan karena dengan memiliki networking, kesempatan untuk mendapat visitor baru, klien, teman baru dan lain lain menjadi semakin luas. Hal simple yang dapat Anda lakukan untuk membangun networking antar blogger adalah Blogwalking.

Selain itu, Anda pun dapat saling bekerja sama antar blogger dengan cara menjadi guest post atau penulis tamu pada situs masing masing. Apa yang didapat? tentu saja visitor baru dan juga backlink, apa itu backlink tidak saya jelaskan disini maka dari itu silahkan search di google.

9. Mulai Menghasilkan Uang

Setelah blog Anda cukup dikenal, sudah mendapatkan traffic organik yang lumayan, dan juga jumlah subscriber yang cukup, Kini saatnya Anda mulai memikirkan berbagai cara untuk menghasilkan uang dari blog atau situs yang sudah Anda bangun dengan kerja keras tadi.

Banyak sekali cara untuk menghasilkan uang dari blog seperti berikut ini

Afiliasi

Anda dapat menjadi affiliate dari berbagai e-commerce yang ada di Indonesia, atau perusahaan lain yang bergerak di bidang fashion dan menyediakan program afiliasi. Cara kerjanya anda hanya perlu mempromosikan link afiliasi Anda di postingan blog Anda saja.

Dan apabila terjadi transaksi pembelian yang berasal dari link afiliasi yang Anda bagikan di postingan blog, maka Anda akan mendapatkan persenan yang sesuai dengan kesepakatan yang telah ditetapkan oleh perusahaan ataupun e-commerce tempat Anda mengikuti program afiliasi.

Menjadi Publisher Google Adsense

Pada google adsense, setiap klik yang terjadi pada iklan yang tampil, maka Anda akan dibayar sesuai cost per clik yang telah di tentukan oleh advertiser. Jadi tugas Anda hanya pasang script iklan dari Google Adsense di blog Anda dan biarkan orang orang untuk klik iklan tersebut.

Baca : Pengertian Dan Cara Kerja Google Adsense

Menulis Artikel Berbayar

Jika blog Anda sudah cukup dikenal, maka tak jarang perusahaan yang bergerak di bidang yang sama dengan niche blog Anda akan mengajak untuk bekerja sama dengan cara membayar Anda untuk membuat tulisan yang membahas atau mengulas produk atau jasa mereka.

Namun terkadang juga perusahaan sudah menyiapkan kontennya sendiri, jadi tugas Anda adalah publish konten tersebut ke blog Anda. Setelah tugas selesai maka Anda akan mendapatkan bayaran dengan jumlah yang sudah disepakati diawal.

Penutup

Masih banyak sekali cara menghasilkan uangnya namun tidak dapat saya bahas disini karena artikel ini sudah terlalu panjang. Tapi akan saya bahas khusus dilain kesempatan atau jika Anda tidak sabar bisa menggunakan google untuk mencari informasi tersebut.

Ya saya rasa cukup demikian tulisan tentang Panduan Lengkap Cara Menjadi Fashion Blogger tapi, semoga tulisan kali ini dapat bermanfaat dan jika Anda suka dengan artikel ini silahkan dibagikan kepada teman teman lainnya agar lebih memberikan lebih banyak manfaat lagi, terima kasih.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *