Menu Close

Pengertian Algoritma Dan Perbedaan Algoritma Beserta Contohnya

Pengertian Algoritma Dan Contohnya – Halo Indonesian Blogger,kali ini saya aka berbagi sedikit tentang definisi atau Pengertian Algoritma. Untuk sebagian orang yang sudah lama menggeluti dunia programming pasti sudah paham dan mengerti betul tentang apa itu Algoritma.

Pengertian Algoritma Dan Contohnya

Saya akan mengulas secara singkat apa sih Pengertian Algoritma Dan Contohnya itu seperti apa. Sebenarnya didalam kehidupan sehari hari kita sudah menerapkan sistem algoritma itu sendiri tanpa kita sadari.jadi apakah sebenarnya Algoritma ini ?

Sebuah komputer dapat bekerja dengan semestinya apabila didukung dengan adanya Hardware, Software dan Brainware. Saya akan mencontohkan sedikit dari Algoritma dengan contoh Software, Software terbangun atas sususan program dan syntax ( Cara penulisan/Pembuatan Program).

Baca Juga : Langkah Awal Untuk Menjadi Seorang Programmer

Dalam proses menyusun program atau syntax diperlukan langkah langkah yang sistematis dan logis untuk dapat menyelesaikan masalah atau tujuan dalam proses pembuatan suatu software. Maka, Algoritma berperan penting disini dalam penyusunan program atau syntax itu sendiri.

Pengertian Algoritma Dan Contohnya

Pengertian Algoritma adalah Urutan langkah langkah dalam penyelesain masalah atau tujuan tertentu yang tersusun secara logis dan sistematis. Kata kunci dari Algoritma adalah “LOGIS“.

Langkah langkah didalam algoritma harus logis dan harus dapat ditentukan bernilai benar atau bernilai salah. Algoritma yang baik harus mampu memberikan hasil yang sedekat mungkin dengan nilai sebenarnya.

Efesiensi Algoritma, Efesiensi Algoritma dapat ditinjau dari 2 hal yaitu Efesiensi Waktu dan Efesiensi Memori. Walaupun Algoritma memberikan keluaran yang benar atau yang paling mendekati, tetapi jika kita diharuskan menunggu dengan waktu yang relatif lama untuk mendapatkan hasilnya maka algoritma itu tidak akan terpakai.

Begitupun dengan memori,semakin besar memori yang terpakai maka semakin buruk pula algoritma tersebut. Setiap orang bisa membuat algoritma yang berbeda untuk menyelesaikan permasalahan tertentu,walaupun terjadi perbedaan dalam susunan algoritmanya.

Baca: Tips Sukses Menjalankan Blog Tahun Ini yang Perlu Anda Ketahui

Contoh penggunaan algoritma dalam kehidupan sehari hari, silahkan perhatikan table dibawah ini

NoProsesAlgoritmaLangkah Algoritma
1.Membuat KueResep KueMasukan telur kedalam baskom, kocok telur hingga mengembang.
2.Membuat PakaianPola PakaianGunting kain dari pinggir kiri bawah ke arah kanan sepanjang 5cm
3.Merakit MobilPanduan MerakitSambungkan komponen A dengan B
4.Daily RoutineJadwal HarianPukul 06.00 : Mandi
Pukul 07.00 : Berangkat Kerja
5.Mengisi Vouce GamePanduan To UpKlik Top Up, Masukan kode voucernya

Ringkasan Pengertian Algoritma Dan Contohnya:

Algoritma adalah Urutan langkah langkah dalam penyelesain masalah atau tujuan tertentu yang tersusun secara logis dan sistematis. Setiap orang bisa membuat algoritma yang berbeda untuk menyelesaikan permasalahan tertentu,walaupun terjadi perbedaan dalam susunan algoritmanya.

Mungkin itu dia Pengertian Algoritma menurut definisi saya,Jika ada kekurangan bisa bantu memperbaiki dengan mengisi kolom komentar atau menghubungi saya di Contacy Us,Komentar anda adalah motivasi kami dalam memberikan yang terbaik.

Related Posts

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *