BloggerSEO

Pengertian Bounce Rate Dan Penyebabnya

Pengertian Bounce Rate РHalo saya Abdul Muhajir, Apakah anda bertanya tanya mengapa blog anda sepi pengunjung padahal anda sudah menulis banyak artikel dan sudah mengoptimasikan SEO. mungkin blog anda memiliki bounce rate yang tinggi.

Pengertian Bounce Rate

Tapi apasih bounce rate itu , Apa yang menyebabkan bounce rate tinggi dan apa efeknya terhadap blog kita? Mari kita ulas satu persatu kali ini. Simplenya Bounce Rate adalah rasio jumlah pengunjung yang meninggalkan halaman blog anda.

Baca : Mindset Blogger Sukses, WAJIB DITIRU.

Semakin besar bounce rate yang dimiliki sebuah blog maka google akan beranggapan situs anda tidak relevan dan layak untuk tampil di halaman pertama google. Sehingga bisa saja halaman situs anda didepak dari hasil pencarian.

Agar kinerja blog anda terjalin baik maka anda harus membatasi jumlah bounce rate itu sendiri dengan satuan persen 0-100% ,semakin rendah bounce rate atau persennya maka semakin baik blog anda. Baik dari segi konten, loading dan lain lain.

Pengertian Bounce Rate Dan Penyebabnya

Loading Blog

Penyebab utama dari tingginya bounce rate adalah karena loading blog anda lelet. Karena orang malas untuk menunggu blog anda terbuka sepenuhnya. Jadi semakin cepat loading dari blog anda maka hal ini akan meminimalisir meningkatnya bounce rate blog anda.

Tata Letak

Agar Bounce Rate tidak tinggi, anda juga harus memperhatikan tata letak dari blog anda, Pastikan tata letak seperti widget, iklan dan lain lain tidak menghalangi konten ataupun navigasi blog anda. Siapa sih yang mau masuk ke kamar yang berantakan?

Jadi intinya buat tata letak dari blog anda membuat pengunjung itu betah untuk stay di blog sobat, baca beberapa artikel lalu pergi. Dengan begitu bounce rate anda tidak akan melonjak langsung ke puncak, tapi stack disitu situ saja.

Konten

Apasih yang anda sajikan di blog anda untuk dibaca oleh orang banyak? tentunya tulisan tulisan yang memang mereka cari kan. Jika konten yang anda tulis di blog itu sama sekali tidak membantu masalah mereka, tidak membuat mereka terkesan, mau apa?

Baca : Cara Membuat Artikel Berkualitas

Pastinya mereka akan pergi untuk mencari artikel lain yang lebih informatif dan juga bisa membantu memecahkan masalah mereka. Kualitas konten memang menjadi nomor satu, jadi perbaiki kualitas konten yang anda bagikan di blog.

Dengan konten yang bagus, walaupun tampilan blog anda sederhana pasti mereka akan stay dan baca. karena mereka memang butuh bacaan itu untuk memecahkan masalah mereka. Yang perlu di ingat adalah content is king.

Internal Link

Internal link termasuk dalam salah satu teknik SEO, dimana digunakan untuk membuat orang membaca artikel lain dARI blog kita dengan tema yang sama dan tanpa harus berpindah tab. Intinya kita buat orang baca beberapa artikel dalam sekali berkunjung.

Jika tidak ada internal link pada sebuah artikel maka kemungkinan besar pengunjung akan pergi setelah membaca artikel yang mereka cari. Namun perlu diingat, jangan menambahkan internal link yang saling berdempetan karena itu tidak baik dalam hal seo.

External Link

Kebalikan dari internal, external link merupakan link yang berada dalam artikel kita namun menuju ke halaman lain diluar blog. Hal ini juga bisa menambah jumlah bounce rate dari blog anda, jadi sebaiknya gunakan hanya 1-2 external link pada post anda.

Baca : Pengaruh SEO Untuk Meningkatkan Omset Bisnis

Demikian pengertian bounce rate dan apa saja penyebabnya, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda dan jika anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan di bagikan di media sosial kalian. Namun jika terdapat kesalahan silahkan berikan masukan anda di kolom komen, terima kasih.

Tags

Abdul Muhajir

I am a Blogger and Internet Marketer who wants to learn, grow and share some knowledge and my experience about Blogging and Internet Marketing to help other Creative Individuals find their passion and share it to the world.
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker