BerlanggananBerlangganan Artikel Gratis Langsung Di Email Anda

Pengertian Dan Cara Membangun Brand Awareness Yang Wajib Anda Tahu

Pengertian Dan Cara Membangun Brand Awareness – Halo saya Abdul Muhajir, Untuk orang biasa mungkin brand awareness itu terdengar sedikit asing, namun untuk para pelaku bisnis pasti sudah mengerti dan paham apa itu brand awareness, fungsinya untuk apa dan bagaimana membangun brand awareness itu sendiri.

Pengertian Dan Cara Membangun Brand Awareness

Pertama tama tama apa dan bagaimana Pengertian Dan Cara Membangun Brand Awareness Brand dan apa bedanya dengan branding ? Brand adalah sebuah merek, sedangkan branding adalah upaya dari perusahaan untuk memperkenalkan atau membesarkan nama dari Brand/merek mereka kepada dunia.

Lalu apa itu Brand Awareness ? Brand awareness adalah kemampuan konsumen dalam mengenali atau mengingat sebuah merek, termasuk nama, gambar, logo, dan juga slogan-slogan tertentu yang pernah digunakan oleh brand tersebut dalam mempromosikan produk-produk mereka.

Pengertian Dan Cara Membangun Brand Awareness adalah bagaimana konsumen dapat mengetahui dan mengingat bahwa produk ini adalah milik anda. Brand Awarenes sendiri dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti Logo, gambar, slogan dan nama brand yang mudah di ingat. Kemampuan konsumen dalam mengingat brand dapat mempengaruhi keputusan mereka untuk membeli.

Pengertian Dan Cara Membangun Brand Awareness

Pentingkah Brand Awareness?

Brand Awareness sangat penting karena dapat di ibaratkan sebagai nyawa dalam hal marketing dan juga brand awareness adalah tujuan utama dari promosi. Untuk mengetahui Brand Awareness berhasil atau belum adalah dengan melihat apakah banyak orang yang mengetahui Brand anda atau tidak.

Contohnya gini deh biar jelas, Saat anda ke warung atau Minimarket ingin membeli air mineral, apa yang anda ucapkan ? Beli air mineral atau beli Aqua ? saya yakin lebih banyak yang bilang beli aqua, padahal yang dibeli adalah air mineral merek lain. Itu artinya brand awareness nya sudah mantap sekali.

Keuntungan Memiliki Brand Awareness

1. Dipercaya Masyarakat

Keutungan yang pertama adalah produk anda lebih dipercaya oleh masyarakat, artinya orang orang akan dengan mudah untuk membeli produk anda tanpa ada keraguan karena merek produk anda sudah sering didengar oleh mereka.

Baca : Pentingnya Soft Skill Saat Memulai Bisnis Online Sukses

2. Profit Meningkat

Keuntungan berikutnya adalah adalah jumlah penjualan yang meningkat, karena kebiasaan konsumen adalah kalau sudah cocok dengan satu merek maka ya sudah itu saja yang dibeli, walaupun ada merek lain yang ditawarkan. Contoh kecilnya, Kalau sudah suka sama Indomie ya beli Indomie, walaupun ada mie sedap disebelahnya.

3. Loyalitas Konsumen

Keuntungan yang ketiga adalah dengan brand awareness akan membuat konsumen loyal terhadap suatu produk walaupun harganya mahal. Bukan rahasia lagi bahwa kebiasaan masyarakat adalah membeli berdasarkan atau melihat merek produk.

Contohnya merek Supreme, wah itu harganya kan mahal mahal banget ya dan desainnya juga kadang ada yang biasa saja, tapi tetap saja banyak orang beli karena merek yang dikenal banyak orang bahkan diseluruh dunia. Begitupun dengan merek merek besar lainnya, walau mahal tapi orang orang tetap loyalitas pada brand ini.

Masih banyak lagi sebenarnya keuntungan dari Brand Awareness ini, namun tidak akan saya bahas semua disini karena sesuai judul artikel ini akan membahas seputar Pengertian Dan Cara Membangun Brand Awareness. Berikut penjelasan lengkapnya

Pengertian Dan Cara Membangun Brand Awareness

Pengertian Dan Cara Membangun Brand Awareness, Pengertiannya sudah saya jelaskan diatas, maka selanjutnya adalah bagaimana cara untuk membangun brand awareness, berikut tips dan trik nya untuk anda:

1. Aktif Di Media Sosial

Beberapa tahun kebelakang media sosial memang menjadi salah satu bagian yang penting dalam membangun brand awareness. Karena pada saat ini media sosial seperti Facebook, Twitter dan Juga Instagram menjadi platform berbagi yang menjadi kebutuhan setiap orang untuk mendapatkan informasi.

Baca : Cara Membuat Video Content Untuk Promosi Bisnis GRATIS

Selain untuk membangun branding dan promosi brand anda, Dengan media sosial sebuah brand bisa lebih dekat dengan konsumennya, karena anda dapat berinteraksi dengan konsumennya secara langsung. Dengan media sosial anda pun dapat menciptakan brand experience yang tepat dengan keinginan konsumen.

Dan itu akan menjadi bagian dari brand narrative untuk anda. Artinya ini dapat membantu brand anda untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumen dengan lebih mudah, yang mana hal ini akan lebih sulit jika dilakukan dengan teknik marketing standart.

Gunakan media sosial yang paling banyak digunakan oleh orang orang, seperti Facebook, Instagram, Twitter ataupun Youtube sekalaipun. Bangun brand anda melalui media sosail dengan membuat akun media sosial dengan nama dari brand anda sendiri dan lakukan posting secara berkala untuk mendapatkan interaksi dari konsumen anda.

2. Buat Tagline Yang Human Interest

Setiap brand pasti memiliki tagline mereka masing masing, jadi jangan anggap remeh sebuah tagline/slogan untuk brand anda. Tagline ini biasanya berisi 3-4 kata tapi ada juga yang lebih sehingga akan memudahkan konsumen untuk mengingat slogan sebuah brand.

Selain itu memiliki tagline yang simple akan lebih membekas di kepala konsumen. Contoh coba kita lihat tagline dari beberapa perusahaan besar yang ada di Indonesia yang terkenal dan saya yakin anda akan tahu brand ini dari tagline nya :

  • Life Is Good ( LG )
  • Satu Hati ( Honda )
  • Orang Pintar Minum Tolak Angin ( Tolak Angin )
  • Apapun Makanannya, Minumnya Teh Botol Sosro ( Sosro )
  • Cintailah Produk Produk Indonesia ( Maspion )

Saya yakin anda pasti mengenal semua tagline yang saya sebutkan diatas, itulah mengapa sebuah tagline juga mempengaruhi konsumen untuk bisa mengingat brand anda. So sekali lagi, jangan anggap remeh sebuah tagline untuk brand anda.

3. Menggunakan Influencer Marketing

Apa sih Influencer Marketing? Influencer Marketing adalah menggunakan jasa orang orang yang memiliki jumlah pengikut yang banyak untuk mempromosikan sebuah brand, dimana mereka memiliki pengaruh terhadap followernya, contohnya seperti selebgram, Buzzer, Youtuber dan lain sebagainya.

Baca : Cara Memulai Dan Mengembangkan Channel Youtube Untuk Bisnis

Influencer seperti selebgram, youtuber, buzzer dan lain sebagainya ini biasanya akan membuat followernya tertarik untuk menggunakan sebuah brand yang direkomendasikan olehnya. Itulah mengapa artis artis banyak di Endorse oleh brand brand besar karena ia dapat mempengaruhi followernya untuk mencoba brand tersebut.

Contohnya saja Dian Sastro deh, pemeran cinta dalam film ada apa dengan cinta ini bekerja sama dengan samsung untuk mempromosikan produk terbaru mereka. Dengan follower dian sasto yang berjuta juta pasti sangat dengan mudah untuk membuat banyak orang membeli produk dari brand samsung ini.

4. Menggunakan Brand Ambasador

Brand Ambasador adalah orang orang yang akan mewakilkan atau mempromosikan sebuah brand. Brand Ambasador menjadi iklan berjalan dari sebauh brand yang menggunakan jasanya. Mereka akan membicarakan brand anda kepada teman teman, forum, dan didepan banyak orang lah pastinya.

Biasanya sebuah brand akan menunjuk artis artis untuk menjadi brand ambasador mereka, karena beranggapan bahwa dengan kepopuleran artis dapat mengangkat kepopuleran dari brand anda. Namun anda wajib waspada saat memilih Brand Ambasador, jika salah maka targetnya mungkin tidak akan goal.

5. Content Marketing

Content Marketing berbeda dengan menulis artikel lalu menjual produk anda di akhir artikel. Tapi content marketing ini bertujuan untuk memberikan informasi selengkap mungkin terhadap calon konsumen tentang perusahaan atau brand anda dan juga tentang produk anda.

Untuk membuat content marketing anda perlu memperhatikan beberapa hal seperti artikel yang anda buat harus menarik, relevan dan memiliki value kepada calon konsumen anda. Jadi dalam membuat content marketing anda juga butuh memikirkan apa yang harus anda tulis untuk menggambarkan brand atau produk anda ini.

Untuk menggunakan Content Marketing ini anda harus memiliki sebuah website ataupun blog untuk mempublish artikel anda.  Dimana nantinya blog anda akan menjadi tempat calon konsumen anda untuk mencari tahu tentang produk atau brand anda.

Itulah beberapa Pengertian Dan Cara Membangun Brand Awareness Yang Wajib Anda Tahu . Sebenarnya masih ada banyak lagi, Namun jika dijadikan satu artikel maka akan terlalu panjang. Jadi mungkin akan saya lanjutkan pada postingan postingan saya berikutnya.

Agar anda tidak ketinggalan, silahkan berlangganan email newslater dari Indonesian Blogger. Baiklah saya rasa cukup untuk sekarang, Jika terdapat kesalahan dalam artikel ini saya mohon maaf dan jika terdapat kekurangan silahkan menambahkan di kolom komentar, Terima Kasih.