Home » Strategi Bisnis » Google Bisnisku: Pengertian, Manfaat, Cara Daftar dan Verifikasi
Tips Bisnis

Google Bisnisku: Pengertian, Manfaat, Cara Daftar dan Verifikasi

Google My Business atau lebih sering disebut dengan Google Bisnisku merupakan salah satu layanan dari Google. Lalu apa sih pengertian, manfaat, dan cara membuat Google Bisnisku?

apa itu google my business

Apakah Anda pernah melihat bisnis yang muncul di Google saat Anda mencari sebuah layanan atau jasa. Tampilannya seperti gambar di atas, nah itulah yang dinamakan Google Bisnisku.

BACA JUGA: Cara Memulai Bisnis Online dari Nol Tanpa Modal untuk Pemula

Apakah Anda ingin membuat Google My Business juga seperti yang IDBlog Media miliki? Tenang! kami akan pandu Anda di artikel ini. Sebelum itu mari simak sedikit penjelasan berikut:

1. Pengertian Google Bisnisku

Google My Business adalah sebuah layanan atau fitur gratis yang disediakan oleh Google untuk para pelaku bisnis agar dapat mempromosikan bisnis mereka di hasil pencarian Google.

Tidak hanya di hasil pencarian saja, tapi bisnis Anda juga akan ditemukan dengan mudah di Google Maps. Tidak hanya menampilkan saja, tapi Anda pun bisa membuat listingan di sini.

Profile bisnis yang dimaksud adalah seperti nama bisnis Anda, alamat, gambar toko/kantor, penawaran terbaru dan lain sebagainya. Intinya semua fitur-fitur yang dapat mempromosikan bisnis Anda.

Seperti yang disebutkan di awal, layanan ini bisa Anda gunakan secara gratis tanpa dibebankan biaya sepeserpun. Jadi, sangat rugi jika Anda tidak memanfaatkannya.

2. Manfaat Google Bisnisku

Setelah mengetahui pengertian apa itu Google Bisnisku, sekarang Anda pastinya penasaran apa saja manfaatnya. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan.

2.1 Sumber Informasi Bisnis Anda

Saat ini, pengguna internet semakin banyak dan teliti sebelum mereka memutuskan untuk bertransaksi. Hal ini juga berlaku di Indonesia, maka dari itu hal ini sangat penting.

BACA JUGA: 5 Peluang Usaha Rumahan yang Menjanjikan dan Cepat Laku

Karena Anda dapat memberikan semua informasi bisnis Anda kepada calon pelanggan. Sehingga pelanggan mendapatkan informasi yang jelas dan terpercaya.

Berikut ini beberapa informasi yang bisa Anda tambahkan ke Google My Business:

  • Alamat lengkap bisnis
  • Jam buka dan tutup
  • Nomor telepon
  • Website
  • Layanan yang Anda sediakan
  • Produk yang Anda jual
  • Ulasan/Review
  • Deskripsi bisnis
  • Foto kantor, produk, dll
  • Penawaran
  • dan sebagainya

2.2 Membuat Bisnis Mudah Ditemukan

Dengan berbagai informasi yang Anda input di Google My Business, maka otomatis bisnis Anda akan mudah untuk ditemukan. Terlebih lagi jika Anda memiliki toko fisik.

BACA JUGA: Ide Bisnis Modal Kecil Bahkan Tanpa Modal yang Bisa Anda Coba

Sedangkan dalam hal pencarian lokal (Daerah tertentu) maka bisnis Anda akan di tampilkan terlebih dahulu. Anda bisa lihat contohnya pada gambar di bawah ini:

cara lokal  SEO

Artinya, ini akan memberikan keterlihatan bisnis kepada orang-orang yang membutuhkan layanan Anda. Sehingga memperbesar peluang Anda mendapatkan pelanggan baru.

2.3 Bisnis Muncul di Google Maps

Selain muncul di hasil pencarian, bisnis Anda pun akan ditampilkan di Google Maps. Sehingga memudahkan orang-orang yang ingin mengunjungi toko Anda tanpa takut salah alamat.

Pelanggan Anda akan dipandu dengan rute yang tepat dari Google Maps. Durasi perjalanan, jenis kendaraan, detail lengkap lainnya akan di infokan kepada pelanggan Anda.

2.4 Mendapatkan Review Pelanggan

cara mendapatkan review pelanggan

Sebelum memutuskan untuk berbelanja atau menggunakan suatu layanan, biasanya orang-orang akan melihat review terlebih dahulu. Pasti, Anda adalah salah satunya.

Semakin baik review yang Anda dapatkan, maka semakin besar pula peluang untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan. Tidak hanya itu saja, Anda pun dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan produk/layanan Anda.

2.5 Melihat Performa Bisnis

Dengan menggunakan Google Bisnisku, Anda akan mendapatkan fitur analytics untuk mengetahui performa bisnis Anda. Beberapa data yang bisa Anda lihat seperti:

BACA JUGA: Fungsi Laporan Keuangan untuk Bisnis Skala Kecil

  • Statistik total bisnis Anda dilihat
  • Jumlah orang yang mengunjungi, meminta rute, dan menelepon bisnis Anda
  • Berapa kali foto Anda dilihat
  • Dan banyak lagi lainnya

3. Cara Daftar Google Bisnisku

Setelah mengetahui pengertian dan manfaatnya, sekarang waktunya Anda untuk membuat Google Bisnisku. Berikut ini langkah-langkahnya:

Pertama-tama silahkan Anda kunjungi Google My Business terlebih dahulu. Anda akan melihat tampilan seperti di bawah ini, klik “Kelola Sekarang”.

cara daftar google bisnisku

Selanjutnya, Anda perlu mengisi informasi seputar bisnis Anda, mulai dari nama, kategori bisnis, lokasi, jam buka, kontak dan lain sebagainya. Silahkan isi semua informasi dengan data-data yang benar.

Google my business

Mengisi data dengan benar adalah wajib, karena nantinya Google akan mengirimkan kode verifikasi ke alamat Anda. Jadi pastikan Anda mengisi alamat dengan jelas dan benar.

4. Melakukan Verifikasi Google Bisnisku

Setelah Anda menerima kodenya, sekarang waktunya untuk melakukan verifikasi, caranya dengan masuk ke Google Bisnisku > Bisnis > dan klik “Verifikasi”.

verifikasi Google my business

Setelah itu, masukan kode yang telah Anda terima ke dalam kotak yang tersedia. Sampai di sini, Anda telah berhasil melakukan verifikasi dan Google Bisnisku yang Anda miliki sudah dapat digunakan sepenuhnya.

5. Penutup

Jika Anda tidak ingin repot, kami bisa membantu Anda untuk mendaftarkan bisnis Anda ke Google Bisnisku. Kami juga dapat membantu Anda untuk membuat website, toko, online, desain, dan lain sebagainya.

Anda hanya perlu menghubungi kami dan Anda hanya tinggal terima beres tanpa perlu repot. Demikian artikel kali ini, semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa di share agar lebih banyak lagi yang mengetahuinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *