WhatsApp Bisnis dirilis pada tahun 2018 dengan tujuan memenuhi kebutuhan pemilik bisnis untuk terhubung dengan pelanggan. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memang dikhususkan untuk pemilik bisnis, terlebih lagi bisnis online.

Dengan kata lain, WA Bisnis adalah aplikasi yang tepat sebagai alat komunikasi untuk para pelaku bisnis. Selain itu, aplikasi ini juga didukung dengan beragam fitur pendukung bisnis Anda.

BACA JUGA: Google Bisnisku: Pengertian, Manfaat, Cara Daftar dan Verifikasi

Fitur-fitur tersebut tidak dapat Anda temukan pada WhatsApp Messenger alias WA pada umumnya. Agar lebih jelas, berikut ini pengertian, perbedaan, manfaat, dan juga cara untuk membuat WA Bisnis.

1. Pengertian WhatsApp Bisnis

WA Bisnis adalah aplikasi gratis yang disesuaikan dengan kebutuhan pemilik bisnis kecil. Namun, pada dasarnya juga dapat digunakan oleh bisnis skala menengah hingga besar.

Secara fungsi serupa dengan WhatsApp Messenger, yaitu akan memudahkan Anda dalam membangun komunikasi. Namun, seperti yang disebutkan di awal, ada fitur khusus yang hanya tersedia di WhatsApp Bisnis.

BACA JUGA: Cara Memulai Bisnis Online dari Nol Tanpa Modal untuk Pemula

Beberapa fitur tersebut seperti membuat pesan otomatis, menambahkan katalog, menyoroti produk dan layanan; dan menjawab pertanyaan pelanggan untuk meningkatkan pengalaman berbelanja.

2. Fitur-Fitur WhatsApp Bisnis

Sudah disebutkan sebelumnya bahwa WA Bisnis dan WA Messenger adalah 2 aplikasi yang cukup berbeda dari segi fitur. Di mana fitur-fitur tersebut akan mempermudah Anda mengelola bisnis.

Berikut ini beberapa fitur yang dapat Anda temukan di WA Bisnis:

2.1 Profil Bisnis

Dengan menggunakan WhatsApp Bisnis, Anda dapat membuat profile bisnis yang profesional dan membantu pelanggan untuk menemukan informasi penting dari bisnis Anda seperti alamat, email, bahkan website.

Tidak hanya itu saja, Anda pun dapat menambahkan informasi bisnis lainnya seperti kategori bisnis, deskripsi, katalog, jam operasional, dan lain sebagainya. Anda pun dapat menyinkronkan Profile Facebook Page Anda dengan WA Bisnis dengan sangat mudah.

Tapi, jika di WhatsApp Messenger Anda dapat mengganti nama sesuka hati beda hal dengan WA Bisnis. Ada aturan-aturan yang mesti Anda taati dalam pembuatan nama akun pengguna.

Berikut ini beberapa aturan tersebut:

2.2 Pesan Otomatis

Dengan menggunakan WhatsApp Bisnis maka Anda akan mendapatkan fitur pesan otomatis yang dapat membantu Anda memberikan layanan pelanggan secara lebih cepat.

BACA JUGA: Bisnis Online Tanpa Modal yang Bisa Dikerjakan dari Rumah

Di WA Bisnis terdapat beberapa fitur pesan otomatis dengan fungsi yang berbeda-beda. Berikut ini beberapa pesan otomatis yang dapat Anda gunakan:

2.2.1 Quick Replies

Pesan otomatis yang satu ini memungkinkan Anda untuk membuat balasan cepat seputar hal yang sering ditanyakan pelanggan Anda. Untuk membuatnya Anda bisa ikuti langkah berikut:

Masuk ke Business Tools > Messaging > Quick Replies > Klik tanda + dan isikan pesan Anda. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu tekan simbol “/” maka pesan yang sudah Anda buat akan tampil.

buat quick replies WA Bisnis

Silahkan lihat gambar di atas agar lebih jelas. Fitur ini pastinya akan sangat menghemat waktu Anda untuk menjawab pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pelanggan Anda.

2.2.2 Away Message

Untuk yang satu ini memungkinkan Anda untuk membuat pesan otomatis ketika Anda sudah tutup atau berada di luar jam kerja. Untuk membuatnya ikuti langkah-langkah berikut ini.

BACA JUGA: Tips Memulai Bisnis Fashion dengan Modal yang Kecil

Masuk ke Business Tools > Messaging > Send Away Message > Isi pesan Anda > Atur jadwal kirim > Atur penerimanya. Silahkan lihat gambar di bawah untuk lebih jelasnya.

buat pesan otomatis di WA

Setelah Anda setup semuanya, maka ketika Anda diluar jam kerja atau waktu yang sudah di “Schedule” maka pesan akan otomatis akan segera terkirim begitu ada pesan masuk dari pelanggan Anda.

2.2.3 Greeting Message

Pesan otomatis yang terakhir adalah Anda bisa membuat ucapan selamat datang untuk pelanggan baru Anda. Untuk setupnya masih serupa dengan sebelumnya yaitu sebagai berikut:

Masuk ke Business Tools > Messaging > Greeting Message > Aktifkan send greeting message > Isi pesan > Penerima pesan.

Jika sudah, maka secara otomatis pesan yang sudah Anda buat akan terkirim kepada pelanggan Anda.

2.3 Katalog di WhatsApp Bisnis

Dengan menggunakan WA Bisnis, Anda dapat menampilkan produk yang Anda jual kepada pelanggan dengan fitur katalog ini. Sehingga ketika pembeli membuka profile Anda, mereka disuguhkan list produk yang Anda jual.

BACA JUGA: Bisnis Online vs Offline, Mana yang Lebih Menguntungkan?

Tidak hanya foto produk saja, pelanggan juga bisa dengan mudah untuk melihat nama, deskripsi, harga, link produk/semacamnya, dan juga melihat kode item dari produk tersebut.

buat katalog di WA Bisnis

Cara untuk menggunakan katalog di WA Bisnis sangat mudah, yaitu dengan masuk ke Business Tools > Catalog > Klik tanda “+”, dan mulailah menambahkan katalog Anda.

2.4 Kategori Bisnis

Untuk mempermudah pelanggan mengetahui layanan atau bisnis Anda, maka Anda perlu menambahkan kategori atau jenis bisnis Anda. Contohnya di sini kami menggunakan kategori “Marketing Agency“.

Jika Anda melakukan sinkronisasi dengan Facebook Page dari bisnis Anda, maka bagian ini akan terisi secara otomatis. Jika tidak, ada banyak pilihan kategori lain yang dapat Anda gunakan.

Namun apabila tidak ada kategori yang sesuai, maka Anda bisa pilih kategori “Other” untuk digunakan.

2.5 Label

Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat melakukan pengelompokan chat berdasarkan kriteria tertentu. Misalnya saja prospek, pembeli, menunggu pembayaran, dan sebagainya.

Anda bisa setup sendiri label yang Anda inginkan, mulai dari penggunaan warna label dan juga nama labelnya. Untuk menggunakan fitur ini, masuk ke Business Tools > Labels > Dan pilih “+”.

Setelah itu, Anda hanya perlu membuat label sesuai yang Anda inginkan. Bagaimana mudah bukan?

3. Manfaat Menggunakan WhatsApp Bisnis

Setelah mengetahui fitur-fiturnya apa saja, sekarang Anda pun harus tahu bagaimana WhatsApp Bisnis dapat membantu bisnis Anda untuk berkembang.

Berikut ini manfaat WA Bisnis yang bisa Anda dapatkan:

3.1 Sarana Komunikasi yang Lengkap

Menjaga komunikasi dengan pelanggan adalah hal yang wajib dilakukan oleh setiap pebisnis. Komunikasi yang baik jadi salah satu faktor yang dapat meningkatkan penjualan Anda.

Dengan menggunakan WhatsApp Bisnis, Anda dapat berkomunikasi dengan cara yang lebih mudah. Adanya fitur-fitur pesan otomatis pun akan membantu Anda mengoptimalkan layanan pelanggan.

Tidak hanya itu saja, memanfaatkan fitur label juga akan mempermudah Anda melakukan sortir atau untuk melakukan follow up pelanggan.

3.2 WhatsApp Bisnis untuk Kepercayaan Pelanggan

Salah satu masalah dalam bisnis online adalah maraknya tindakan penipuan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab. Hal ini juga tentu berimbas kepada penjual online lainnya.

Maka dari itu, sebagai pemilik bisnis online yang jujur Anda harus berusaha untuk meyakinkan pelanggan Anda. Cara untuk membangun kepercayaan pelanggan pun beragam.

Misalnya saja membuat website untuk bisnis Anda, membangun branding, dll. Jika Anda terbatas dengan budget, Anda bisa manfaatkan WA Bisnis untuk membantu Anda membangun trust pelanggan.

Dengan WhatsApp Bisnis, Anda bisa menampilkan semua informasi bisnis Anda secara detail dan valid. Hal ini akan meningkatkan rasa percaya dari pelanggan untuk berbelanja di toko Anda.

3.3 WhatsApp Bisnis Sebagai Media Promosi

Apakah Anda sering merasa kerepotan harus mencari gambar produk ketika ada pelanggan yang bertanya? Hal ini tidak akan Anda rasakan jika menggunakan WhatsApp Bisnis.

BACA JUGA: Manfaat Social Media Marketing untuk Bisnis Online

Karena Anda hanya perlu membuat katalog produk Anda. Ketika ada pelanggan yang butuh informasi produk, Anda hanya perlu mengirim detail produk yang mereka butuhkan. Lihat gambar:

cara kirim katalog di WhatsApp

Jika Anda memiliki basis pelanggan yang loyal, Anda bisa melakukan broadcast produk terbaru langsung dari katalog Anda. Sangat mudah sekali, bukan.

4. Cara Membuat WhatsApp Bisnis

Tibalah kita pada pembahasan utama di artikel ini, yaitu bagaimana cara membuat atau mendaftar WA Bisnisku. Berikut ini tutorial step-by-step untuk mulai menggunakan WhatsApp Bisnisku:

4.1 Download Aplikasi WhatsApp Bisnisku

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan install aplikasi ini di Play Store untuk pengguna Android ataupun App Store untuk pengguna iOS. Sangat tidak disarankan download versi MOD atau yang tidak resmi.

4.2 Mendaftarkan Nomor Telepon

Setelah proses installasi selesai, sekarang Anda perlu mendaftarkan nomor telepon dari bisnis Anda. Caranya sama saja ketika Anda melakukan pendftaran di WhatsApp Messenger.

Namun, Anda sebaiknya membedakan nomor untuk urusan pribadi Anda dan juga nomor untuk keperluan bisnis. Hal ini dimaksudkan agar Anda bisa dengan mudah memfilter urusan pribadi dan bisnis.

4.3 Melengkapi Profile Bisnis

Setelah proses pendaftaran selesai, selanjutnya Anda hanya perlu untuk melengkapi profile bisnis Anda. Mulai dari nama, foto profie, alamat, kategori, dan lain sebagainya.

BACA JUGA: Cara Mendapatkan Ribuan Kontak WhatsApp dengan Mudah

Jika Anda memiliki website, Anda bisa sematkan link website dari bisnis Anda di profile. Jika tidak ada, bisa dikosongkan atau isi dengan link toko Anda di marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, dan sebagainya.

4.4 Menambahkan Produk

Jangan lupa juga untuk menambahkan katalog produk atau layanan yang Anda miliki. Sehingga ketika pelanggan membuka profile Anda, mereka bisa menemukan produk yang mereka inginkan dengan mudah.

Saat Anda telah selesai menambahkan produk, WhatsApp akan butuh waktu beberapa menit untuk review produk Anda. Jika lolos review, maka produk Anda akan tampil di katalog.

Namun, jika tidak lolos maka Anda perlu melakukan sedikit editing baik dari gambar, deskripsi, harga, atau link tujuan dari produk Anda.

4.5 Membuat Pesan Otomatis

Jika semua proses di atas telah selesai Anda lakukan, sekarang waktunya Anda membuat pesan otomatis. Silahkan gunakan pesan otomatis yang Anda butuhkan saja.

Kami sendiri hanya menggunakan 1 dari 3 pesan otomatis tersebut, yaitu hanya menggunakan Away Message. Bukan tidak penting, tapi memang kami hanya butuh itu saja.

5. Penutup

Itulah tadi pengertian WhatsApp Bisnis, manfaat, fitur, serta bagaimana cara untuk mendaftar atau membuatnya. Jadi tunggu apalagi, segera buat profile bisnis Anda sekarang.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan apabila Anda suka dengan artikel ini, silahkan di share ke teman-teman, keluarga, atau media sosial Anda agar lebih bermanfaat lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *