Penipuan Bermodus Phising Yang Wajib Di Waspadia

Penipuan Bermodus Phising Yang Wajib Di Waspadia – Halo Indonesian Blogger, Saya Abdul Muhajir. Walaupun zaman sudah berkembang pesat, tidak serta merta beberapa orang memanfaatkannya untuk kebaikan malah sebaliknya dengan berbuat kejahatan.

Penipuan Bermodus Phising

Kejahatan yang saya maksud adalah melakukan penipuan, karena memang di dunia internet kita tidak butuh saling tatap muka untuk menjalankan transaksi, Hanya butuh internet, rekening, dan kepercayaan masing masing pembeli ataupun penjual.

Baru saja saya mendapatkan email dari Mandiri E-Banking yang berisi tentang Waspadai Penipuan Bermodus Phising. Setelah mendapat email tersebut saya jadi tertarik untuk membuat artikel yang membahas tentang Phising.

Sebenarnya apasih Phising itu? Untuk para programmer pasti sudah mengerti dan paham tentang hal sepele semacam ini tapi untuk orang yang awam saya rasa mereka membutuhkan informasi ini untuk kemamanan mereka dalam bertransaksi dalam dunia perbankan.

Dalam artikel ini saya akan membahas 3 materi yaitu

  1. Pengertian Phising Itu Apa
  2. Bagaimana Phising Dilakukan
  3. Cara Menghindari Phising

Penipuan Bermodus Phising

1. Pengertian Phising

Phising adalah tindakan untuk memperoleh informasi pribadi seseorang baik itu seperti User ID, PIN, Nomor Rekening Bank, Nomor Kartu kredit dan infromasi penting lainnya yang didapatkan secara tidak sah dengan tujuan penipuan atau untuk kejahatan dunia maya.

Baca : Mengubah Hobi Sebagai Bisnis Untuk Menghasilkan Uang

2. Bagaimana Phising Dilakukan

Ada banyak sekali teknik dalam dunia Phising yang tidak dapat saya tuliskan semua , Jadi saya akan memberikan 3 contoh teknik Phising yang mungkin banyak digunakand oleh orang orang penipu kampret di Indonesia, Yaitu antara lain sebagai berikut :

  1. Menggunakan alamat email palsu untuk meminta data rekening dengan alasan perbaikan/Upgrade system
  2. Menggunakan Website replika atau website palsu yang sangat serupa dengan website asilnya
  3. Mengirimkan formulir isian melalui email yang meminta user Id, Password atau pun secara tidak sah
    Permintaan sinkronisasi token pada saat login di internet banking.

Teknik ini dilakukan untuk mendapatkan data User seperti User ID , Password atau pin secara tidak sah atau illegal.

3. Cara Menhindari Phising

Selalu Periksa alamat website yang anda kunjungi di address bar browser anda, Pastikan jika bertransaksi melalui internet banking pastikan anda berkunjung ke website resminya. Jangan pernah Memberikan User ID atau Pin anda kepada orang lain bahkan staff bank sekalipun.

Bank tidak pernah menanyakan nomor PIN untuk alasan apapun. Jangan terpancing untuk mengikuti anjuran melakukan transfer ke rekening tertentu dengan tujuan mendapatkan hadiah dari Bank atau media lain.

Jika anda mendapatkan email yang berisi pemberitahuan dari bank bahwa sedang meng-upgrade system dan meminta anda melakukan konfirmasi dengan data data pribadi anda, Jangan replay atau klik tautan link yang berada di email tersebut.

Baca : Tips Bagaimana Menghindari Penipuan Online

Jika anda sudah terlanjur terkena hack, segeralah menghubungi pihak bank tempat anda menjadi nasabah untuk melakukan penghapusan fasilitas internet banking dan silahkan mendaftar ukang melalui atm atau cabang terdekat.

Mungkin itu yang dapat saya bagikan semoga bermanfaat sehingga tidak ada lagi yang tertipu dengan tekhnik Phising. Sehingga membuat anda aman dalam bertransaksi dalam internet Banking. Jika ada kritik dan saran silahkan berikan komentar dan masukan anda pada kolom yang tersedia, Terima Kasih.

Tags: