Pentingnya Soft Skill Saat Memulai Bisnis Online Sukses

Pentingnya Soft Skill Saat Memulai Bisnis Online – Halo Indonesian Blogger, Sebagai seorang pebisnis, baik itu online ataupun offline, karyawan dan lainnya. Maka patutlah untuk mengetahui terlebih dahulu apa itu hard skill dan soft skill. Skill berikut ini dapat mengarahkan anda mencapai kata sukses.

Pentingnya Soft Skill Saat Memulai Bisnis Online

Pengertian Hard Skill Dan Soft Skill

Apa Itu Hard Skill

Hard skill adalah suatu kemampuan  teknis seseorang dalam hal kecerdasan atau memiliki IQ yang tinggi. Lebih simplenya, orang yang memiliki hardskill adalah tipe yang lebih suka berfikir secara logis. Contoh hardskill seperti, Memiliki kemampuan berbahasa asing, memiliki sertifikat atau piaga, dan mengikuti perkembangan teknologi.

Apa Itu Soft Skill

Soft Skill adalah suatu kemampuan untuk mengelola diri sendiri ataupun orang lain, untuk memberikan kenyamanan saat bekerja baik bagi diri sendiri, rekan kerja, ataupun pelanggan. Nah pada artikel ini saya akan fokus untuk membahas Soft Skill, Karena  80 % soft skill akan berpengaruh terhadap kemajuan bisnis online seseorang.

Pentingnya Soft Skill Saat Memulai Bisnis Online

1. Kejujuran

Dalam suatu bisnis apapun, sifat jujur sangat di utamakan. Apalagi dalam hal bisnis online dimana penjual dan pembeli tidak melakukan transaksi secara langsung. Sehinga memiliki sifat juju akan sangat di utamakan agar memberikan kepercayaan kepada pelanggan.

Sangat sulit untuk meyakinkan calon pelanggan. Jika sudah mendapatkan kepercayaan oleh pelanggan anda, maka apapun yang anda tawarkan pasti mereka akan tertarik untuk membeli dan hasilnya yang didapat pun akan menjadi berkah untuk bisnis dan keluarga anda.

Baca : Panduan Lengkap Cara Memulai Bisnis Online Paling Sukses

2. Kemampuan Berkomunikasi

Komunikasi adalah anugrah tuhan untuk manusia agar dapat menyampaikan suatu hal antara dua orang atau lebih. Komunikasi bisnis dapat dilakukan antara anda dan staff, anda dan client, dan lain sebagainya. Lalu apa pentingnya komunikasi bisnis dan Pentingnya Soft Skill Saat Memulai Bisnis Online ? Berikut ini jawabannya

  1. Memberikan Informasi, Dalam berkomunikasi sejatinya kita pasti mendapatkan suatu informasi. Contohnya sebuah toko online memberikan deskripsi pada produk yang dipublish, agar calon pelanggan dapat mengetahui spesifikasi produk yang akan dibeli.
  2. Memberikan Persuasi, Setelah memberikan Informasi, tujuan berikutnya adalah memberikan persuasi. Agar apa yang disampaikan dapat dipahami dengan baik dan benar. Sehingga memberikan manfaat bagi anda dan calon pelanggan, Sehingga tidak ada yang dirugikan antara keduanya.
  3. Sopan Dan Santun, Walaupun hanya berkomunikasi secara online dengan media internet, Patutlah anda untuk berkomunikasi secara sopan terhadap pelanggan anda. Sebab tidak jarang komunikasi melalui jejaring sosial media menciptakan persepsi yang berbeda dari apa yang akan anda sampaikan.

3. Kejelian

Untuk dapat sukses dalam bisnis online, seseorang dituntut untuk pandai dan jeli dalam melihat peluang, menemukan ide baru, riset pasar, dan seo sekalipun. Terutama anda harus tahu apa yang sedang digemari dan dibutuhkan orang atau target pasar saat ini.

Salah satu kunci sukses dalam berbisnis online adalah kejelian dalam menemukan produk yang akan dijual melalui internet. Cobalah untuk melihat sekeliling anda, apa yang mereka butuhkan dan cobalah untuk melakukan riset. ini juga termasuk dalam Pentingnya Soft Skill Saat Memulai Bisnis Online

4. Konsisten Dan Fokus

Konsisten adalah suatu aktifitas yang dilakukan oleh seseorang secara berulang ulang dan dilakukan secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama. Sedangkan Fokus adalah mengikuti satu tujuan dan tidak melakukan hal yang lain sebelum tujuan tersebut berhasil dicapai.

Lebih baik anda gagal 1000x dalam 1 hal saja dibandingkan anda gagal 10x dalam berbagai macam hal. Segala sesuatu membutuhkan proses, begitu pula dalam bisnis online. Manfaatnya memang tidak akan terasa begitu saja. Melainkan melalui berbagai tahapan dan pada saatnya nanti, anda akan merasakannya sendiri.

Seseorang tidak akan disebut seorang profesor jika tidak konsisten dan fokus dalam pendidikannya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, cobalah untuk konsisten dan fokus pada satu jenis bisnis atau usaha, pikirkan tujuannya dan jangan berhenti sebelum tujuan tersebut anda capai.

Baca : Rahasia Cara Sukses Promosi Di Facebook Paling Efektif

5. Keberanian

Berbisnis online kini menjadi salah satu ladang besar yang siap dipanen saat ini. Apakah anda sudah siap untuk menanam benih, merawat dan memanennya? Memulai sebuah bisnis berarti anda sudah siap untuk berbagai kemungkinan yang terjadi.

Anda butuh sikap berani dan mental bagaikan satria untuk memulai bisnis online yang sesungguhnya. Jika tidak, semua itu hanya akan menjadi angan angan saja. Lalu berani seperti apa yang saya maksud ?

  1. Berani Untuk Berinvestasi ( Mengeluarkan Modal )
  2. Berani Alami Kegagalan
  3. Berani Bertanggung Jawab Terhadap Produk Anda
  4. Berani Mengikuti Perkembangan Zaman
  5. Berani Dalam Bersaing Dengan Kompetitor

6. Kesabaran

Setelah anda berani untuk memulai bisnis, berikutnya ada apakah anda bisa sabar dalam menjalankan bisnis anda. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya bahwa semua butuh proses tidak ada yang instan. Bahkan Mie instan saja butuh di seduh terlebih dahulu sebelum disajikan.

Ada kalanya suatu bisnis tidak berjalan sesuai keinginan anda, dan ada sebagian orang yang menyerah dengan keadaan dan ada pula yang sabar untuk terus menjalankan bisnisnya. Berikut Tips Meningkatkan Kesabaran :

A. Pikirkan Masa Depan Bisnis

Layaknya pepatah mengatakan “Bersakit sakit dahulu, bersenang senang kemudian” apakah anda tidak mau memperjuangkan investasi atau modal yang telah anda keluarkan ? Cobalah untuk berfikir jangka panjang bukan hanya kesenangan sesaat dan jangan menyerah pada keadaan.

B. Fokus Pada Tujuan

Walaupun anda dalam tekanan berat, cobalah untuk tetap berada pada tujuan awal anda. Jangan terburu buru dalam mengambil keputusan dan tindakan, yang dimana dapat berakibat fatal pada kemajuan bisnis anda nantinya. Untuk sukses harus fokus dan konsisten ( Pada Point 4 )

C. Mendekatkan Diri Pada Yang Maha Esa

Salah satu cara paling efektif untuk sabar adalah meningkatkan intensitas ibadah kita kepada allah. Jika kita mendekatkan diri pada yang maha kuasa, senantiasa kita akan diberi kesabaran untuk setiap hal atau masalah yang kita alami. Cara ini salah satu hal Pentingnya Soft Skill Saat Memulai Bisnis Online

7. Kemampuan Menyelesaikan Masalah

Masalah bisa terjadi dan datang kapan saja pada bisnis yang anda kelola. Bahkan hal yang kita anggap sepele bisa membuat masalah yang lebih besar dan berbuntut panjang. Anda dituntut untuk harus bereaksi dengan cepat terhadap masalah yang datang, Itulah kenapa skill pemecahan masalah atau problem solving sangat dibutuhkan.

Lalu bagaimana cara agar dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah ? Caranya adlah dengan belajar dari kesalahan yang pernah terjadi sebelumnya. Fokus pada satu masalah terlebih dahulu, dan miliki lebih banyak kemungkinan untuk memperbaiki situasi.

Baca : Panduan Lengkap Belajar Copywriting Handal

8. Pengelolaan Waktu

Bisnis online biasanya dilakukan dirumah saja tanpa memiliki kantor atau sebagainya. Sehingga andalah boss pada bisnis ini, tidak ada yang melarang anda untuk melakukan berbagai hal atau kegiatan. Hal inilah yang akhirnya membuat anda menjadi tidak produktif dalam berbisnis.

Bekerja dari rumah bukan berarti suka suka gue. INGAT !!! Waktu adalah uang. Jika anda tidak mengelola waktu dengan baik, artinya anda tidak produktif, alhasil bisnis online anda mangkrar disitu situ saja tidak ada kemajuan. Berikut ini sedikit tips bagaimana mengelola waktu :

A. Membuat Jadwal Kerja

Buatlah jadwal anda sendiri, dimana jadwal tersebut menjadi kegiatan wajib atau rutin anda setiap harinya. Pada saat jadwalnya anda untuk bekerja maka fokuslah untuk bekerja, jangan melakukan hal yang lain. Jadwal kegiatan anda sesuai keinginan anda misalnya mulai senin sampai jumat, pada sabtu dan minggu anda bisa libur.

Tetapkan berapa jam anda harus bekerja dan istirahat setiap harinya misalkan :

Waktu bekerja : Pukul 08.00 – 11.00

Waktu Istirahat : Pukul 11.00 – 15.00

Waktu Bekerja Lagi : Pukul 15.00 – 18.00

Ini hanya gambaran kasarnya saja, anda bisa membuat jadwal anda sendiri.

B. Mentaati Jadwal Sendiri

Walupun anda sendiri yang menyusun jadwal tersebut, anda wajib untuk mengikutinya. Jika jadwal tersebut sudah anda buat tapi tidak dijalankan toh buat apa ? Jika tidak ada hal yang begitu mendesak atau penting diluar jadwal, Maka taatilah jadwal kerja yang telah anda susun.

Saya rasa hanya itu yang dapat saya berikan seputar Pentingnya Soft Skill Saat Memulai Bisnis Online , Intinya anda harus memiliki beberapa dari soft skill diatas untuk mengelola bisnis online. Oke cukup sekian dan semoga artikel ini dapat bermanfaat, kurang dan lebihnya saya mohon maaf, Terima Kasih.