Mengapa Website Bisnis Sangat Penting untuk UKM? Ini Alasannya!

Pertanyaan mengapa website bisnis itu penting untuk yang mau usaha online. Jawabannya sebenarnya ada pada diri Anda sendiri, apakah Anda membutuhkannya atau tidak.

Namun, seperti yang kita ketahui bahwa tidak dapat dipungkiri saat ini kita sudah mulai bergerak ke era informasi. Hal ini pun dapat kita lihat dengan jelas bagaimana transisi gaya hidup menjadi “selalu terhubung”.

Situasi ini mengarah pada beberapa perubahan dalam cara hidup, yang tentu saja mengharuskan perusahaan atau lembaga pemerintah menyadari saat-saat ini dan tidak tertinggal oleh zaman.

Baca juga: Tips Cara Menentukan Nama Domain untuk Website Bisnis Anda

Aplikasi, seperti email, situs web, jejaring sosial dan semua aplikasi berbasis Internet, telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari. Bahkan sangat sulit untuk dilepaskan.

Kompatibilitas dengan smartphone dan internet yang berada di tangan, membuatnya semakin mudah untuk diakses. Mulai orang dewasa, anak-anak, bahkan remaja pun bisa mengaksesnya.

1. Apakah Website Bisnis itu Penting?

Munculnya website dalam berbagai jenis penggunaan menunjukkan kemampuan orang yang berhasil mengeksploitasinya. Kami yakin bahwa tidak semua orang ingin melewatkan kesempatan ini.

Sehingga jawaban untuk pertanyaan ini sebenarnya ada di diri Anda sendiri. Apakah Anda perlu ingin membangun branding, ingin memiliki media promosi sendiri, atau memiliki toko online Anda sendiri.

BACA JUGA: WhatsApp Bisnis: Pengertian, Manfaat, dan Cara Membuat WA Bisnis

Jika Anda membutuhkannya, maka Anda perlu untuk membuat website. Hal ini pun akan memberikan banyak sekali manfaat untuk bisnis Anda. Jika tidak, tentu saja tidak wajib.

Dengan memiliki website, Anda mendapatkan akses tanpa batas untuk memberikan informasi kepada semua orang. Sehingga informasi yang didapatkan itu cepat dan akurat.

2. Manfaat Website Bisnis dan Mengapa Membutuhkannya

Tidak hanya akses yang tanpa batas, ada banyak sekali manfaat dari menggunakan atau memiliki website bisnis. Berikut ini kami telah merangkum beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan.

2.1 Meningkatkan Kredibilitas

Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini penyebaran informasi terjadi dengan sangat cepat. Sehingga banyak orang yang memanfaatkan internet untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan.

BACA JUGA: Google Bisnisku: Pengertian, Manfaat, Cara Daftar dan Verifikasi

Bahkan saat ingin membeli suatu produk atau layanan, banyak orang yang mencari informasi bisnis Anda di internet. Mungkin Anda sendiri pun pernah melakukan hal tersebut.

Dengan memiliki website Anda sendiri, calon pelanggan tersebut dapat menemukan Anda di internet. Hal ini tanpa sadar meningkatkan kredibilitas bisnis Anda di mata pelanggan.

2.2 Menghemat Uang

Banyak pebisnis online yang berpikir bahwa biaya jasa pembuatan website itu mahal. Faktanya, ada banyak sekali jasa pembuatan website yang memberikan harga yang sangat amat terjangkau.

Salah satunya adalah kami (IDBlog Media), Anda dapat memiliki website ataupun landing page dengan harga yang sangat terjangkau. Mulai dari 600 ribuan saja untuk satu tahunnya.

Sehingga kata “Mahal” adalah sebuah kesalahan besar. Justru pembuatan website jauh lebih murah dibandingkan Anda sewa ruko pertahunnya. Bedanya pun sangat jauh, bisa 95%.

Anggaplah Anda sewa ruko dengan biaya Rp 20.000.000 per tahunnya. Dengan website, Anda hanya perlu mengeluarkan 18-19 juta per tahunnya untuk website, jauh sekali bukan.

2.3 Website Bisnis Merupakan Sumber Informasi

Memiliki website memberikan Anda akses untuk membagikan informasi terbaru yang Anda miliki. Pelanggan pun akan mendapatkan informasi yang valid dari website resmi dari bisnis Anda.

BACA JUGA: Strategi Bisnis untuk Menghadapi Era Digital yang Ketat

Informasi-informasi tersebut dapat dengan mudah dan cepat untuk disalurkan kepada pelanggan Anda. Jauh lebih cepat dibandingkan Anda harus mencetak brosur atau katalog secara manual.

Anda dapat membagikan informasi apa saja di website Anda. Mulai dari artikel seputar produk, artikel tips, katalog, sampai dengan memberikan penawaran khusus atau promosi.

2.4 Website Bisnis Bekerja 24 Jam

Pelanggan membutuhkan kecepatan layanan pelanggan. Mereka butuh membeli produk yang mereka inginkan saat itu juga. Jika mereka tidak bisa mendapatkannya pada Anda, mereka beli di tempat lain.

BACA JUGA: Strategi Instagram Marketing yang Tepat untuk Bisnis Kecil

Dengan memiliki website, Anda bisa membuat bisnis Anda bekerja 24 jam untuk Anda. Bahkan saat Anda tidur, website tetap dapat diakses dan menerima order dari pelanggan Anda.

2.5 Target Pasar yang Luas

Menggunakan cara konvensional atau memiliki toko fisik, artinya Anda hanya bisa menjual di daerah tersebut. Bisnis Anda tidak dapat diakses atau diketahui oleh orang lain di daerah lainnya.

Namun, dengan memiliki website bisnis maka Anda bisa menjangkau target pasar yang lebih luas. Tidak hanya di daerah Anda, tetapi Anda dapat menjangkau satu Indonesia bahkan dunia.

2.6 Website Bisnis Sebagai Tempat Promosi

Website adalah saran atau media gratis yang Anda miliki sendiri untuk promosi. Anda bisa promosi apa saja yang Anda inginkan tanpa ada aturan seperti syarat dan ketentuan yang berlaku di marketplace.

BACA JUGA: Strategi Promosi agar Penjualan Meningkat yang Efektif di Era Digital

Tidak hanya itu, Anda pun dapat memasukan sertifikat atau galeri foto dari bisnis Anda di sini. Sehingga dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan Anda bahwa Anda lebih unggul dari pesaing.

2.7 Siapapun Bisa Share Produk Anda

Orang-orang cenderung lebih percaya kepada review dari orang yang sudah pernah membeli dan mencoba. Dengan website, Anda dapat membangun tingkat kepercayaan orang-orang tersebut.

Bahkan Anda tidak perlu repot-repot untuk membangunnya sendiri. Anda akan dibantu oleh pelanggan-pelanggan Anda yang membagikan produk Anda ke media sosial atau grup mereka.

Namun, tentu saja dengan catatan “Pelanggan yang Puas”. Sehingga Anda wajib untuk memastikan bahwa pelanggan Anda puas dengan produk atau layanan yang Anda berikan.

3. Saya Mau Buat Website Bisnis

Seperti yang sudah disebutkan di awal, Anda dapat memiliki website untuk bisnis Anda sendiri tanpa perlu repot. Anda pun tidak perlu khawatir jika tidak tahu bagaimana cara membuat website.

Anda dapat menggunakan jasa pembuatan website dari IDBlog Media untuk membantu Anda memiliki website. Harga yang kami tawarkan pun sangat terjangkau bahkan terbilang sangat murah.

Anda hanya perlu menyampaikan ide-ide atau jenis website yang Anda inginkan. Sisanya, biarkan kami yang mengeksekusinya menjadi website yang bekerja untuk bisnis online Anda.

Apa yang peru Anda siapkan?

Sebelum membuat website ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan yaitu, gambar, text, ataupun informasi produk. Semua informasi tersebut diperlukan untuk ditampilkan ke website Anda.

Bagaimana proses pengerjaannya?

  1. Diskusi projects
  2. Menerima brief
  3. Melakukan content survey/strategy
  4. Proses desain (Penambahan assets, media, dll)
  5. Laporan
  6. Review website
  7. Approve/Revisi
  8. Website siap digunakan.

4. Penutup

Itulah beberapa alasan mengapa bisnis Anda membutuhkan website untuk terus mengikuti perkembangan zaman. Jadi jangan sampai pesaing Anda unggul jauh daripada Anda. Buat website Anda sekarang.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *