BerlanggananBerlangganan Artikel Gratis Langsung Di Email Anda

Persiapan Menyambut Bulan Ramadhan

KrocoNet.com – Persiapan Menyambut Bulan Ramadhan, Tidak terasa sebentar lagi kita akan memasuki bulan yang penuh berkah yaitu bulan suci ramadhan. Tinggal beberapa minggu saja lagi kita sudah memasuki bulan suci ramadhan yaitu 17 atau 18 juni 2015 ( maaf jika terjadi kesalahan ). Bulan ramadhan sangat dinanti nanti oleh umat  islam diseluruh alam semesta karena inilah waktu yang tepat untuk mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Ada satu hal lagi yang saya suka di bulan ramadhan yaitu Kulinernya, Makanan bulan ramadhan dan makanan sehari hari walaupun sama tapi rasanya berbeda entah kenapa bisa terjadi seperti itu.

Persiapan Menyambut Ramadhan

Bersyukurlah kita yang masih bisa menikmati dan menemui bulan suci ramadhan ini, karena di bulan penuh pengampunan inilah waktu kita untuk berbenah diri, membersihkan hati dari hal hal buruk, dan menjalin keeratan silaturahmi antar sesama umat manusia. Sekarang saya menjadi blogger maka dari itu mari kita eratkan silaturahmi antar sesama blogger. Datangnya ramadhan akan lebih indah lagi jika kita menyambutnya dengan keadan hati yang suci, bersih, fisik dan mental yang siap. Rasulullah sendiri selalu meningkatkan kualitas ibadahnya dalam menyambut ramadhan. Bulan Ramadhan juga memiliki keutaman tersendiri daripada bulan bulan lainnya, Adapun keutaman tersebut sebagai berikut :

  • Bulan Diturunkannya Al-Quran
Diturunkannya Al-Quran pada bulan suci ramadhan semakin menjadi bukti nyata atas kemuliaan, keberkahan, dan keutamaan bulan ramadhan. Jadi sebaiknya kita memperbanyak lagi bacaan al-quran kita daripada hari biasanya. Selain membacanya kita juga sebaiknya dapat mengerti arti, paham dan mengamalkannya.
  • Ramadhan Adalah Bulan Keberkahan
Berkah bulan ramadhan sudah tidak dapat di ganggu gugat dan di pertanyakan lagi, mengapa ? karena Rasulullah pernah bersabda “Sungguh telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah, Pada bulan ini diwajibkan puasa kepada kalian.”. Setiap ibadah yang dilakukan pada saat bulan ramadhan maka akan dilipatgandakan pahalanya .

Rasulullah Bersapda :
Setiap amal yang dilakukan oleh anak adam adalah untuknya, dan satu kebaikan itu dibalas sepuluh kali lipat bahkan tujuh ratus kali lipat.

 

Allah Swt Berfirman :
Kecuali Puasa, Itu untukku dan aku yang akan langsung membalasnya. Karena sesungguhnya ia telah meninggalkan syahwat, makan dan minumnya karenaku.

  • Dibukanya Pintu Surga, Ditutupnya Pintu Neraka Dan Diikatnya Syaitan 
Saya rasa sodara sekalin sudah mengetahui hal ini , dimana saat bulan ramadhan semua pintu surga akan terbuka. Dimana Allah SWT memberi kesempatan kepada umatnya untuk masuk surga dengan amal dan ibadah yang mereka perbuat di bulan ramadhan.
  • Pengampunan Dosa
Saat bulan ramadhan perbanyaklah ibadah seperti shalat 5 waktu, sedekah, mengaji dan shalat jumat yang tak ditinggalkan karena dengan ibadah Allah SWT semoga dapat mengampuni dosa dosa besar ataupun kecil yang telah kita perbuat.

Lalu apasaja persiapan yang harus kita siapkan untuk menghadapi bulan ramadhan agar mendapatkan semua keutamaan dalam bulan suci Ramadhan ? .Dengan persiapan yang matang dan mendapatkan izin dari Allah SWT semoga kita dapat menjalani bulan suci ramadhan dengan lebih baik. Baiklah berikut Persiapan Menyambut ramadhan yang musti kita siapkan :

A. Siapkan Keimanan

Keimanan memang tidak hanya pada bulan ramadhan saja tapi hari hari biasa juga. Persiapan keimana yang dimaksud disini adalah menghindari perbuatan maksiat, menjaga pandangan mata, dan hal yang dilarang lainnya. Dengan persiapan menahan hawa nafsu kita semoga dapat berlanjut hingga kita menghadapi bulan ramadhan.
 

B. Siapkan Jasmani

Saat bulan ramadhan dimana setiap ibadah akan mendapatkan pahala yang berlipat lipat ganda. Jika sudah tiba saat bulan ramadhan kita malah mengalami penurunan kesehatan pasti kita akan kesusahan dalam mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Kesempatan untuk mendapatkan pahala yang berlipat ini datang 1 tahun sekali dan belum tentu kita akan menemuinya pada tahun depan, apakah kita akan menyia nyiakannya.
 

C. Persiapkan Ilmu

Ilmu yang saya maksud seperti tata cara ibadah yang bener , seperti shalat, puasa,zakat dan ibadah lain. Saya rasa anda sudah mengerti dan paham karena selalu mengerjakan setiap harinya.
 
D. Persiapkan Harta
Mengapa Harta ? harta disini bukan berarti anda harus menguras habis kekayaan anda tapi sisihkanlah 2.5% dari kepemilikan anda kepada anak yatim, orang tak mampu, dan orang membutuhkan. karena 2,5% adalah milik mereka. Anda dapat memberikan ke BAZ ( Badan Amil Zakat ) atau panitia mesjid atau lembaga lainnya.

Mungkin itu dia ilmu yang dapat saya bagikan, Pengetahuan ini saya dapatkan saat dibangku SMA yaitu SMA Muhammadiyah. Jika ada kesalahan dalam artikel ini harap di benarkan dan jangan biarkan kesalahan itu menjadi terus meneruh. Akhir kata dari saya Nun Walkolami wama yasturun summa salamualaikum warahmatullahi wabarokatuh .