BerlanggananBerlangganan Artikel Gratis Langsung Di Email Anda

Prilaku Merokok Remaja

KrocoNet.com – Prilaku Merokok Remaja, Seseorang yang merokok sangat mudah dijumpai dimanapun baik lingkungan tempat anda beraktifitas seperti Kantor, Pasar, Warung makan, dan berbagai tempat umum lainnya. Yang membuat kita wajib terheran heran karena sekarang bukan hanya orang dewasa yang merokok namun anak dibawah umur juga sering di jumpai. Saya sangat yakin mereka merokok secara sembunyi sembunyi dari orang tua mereka.

Prilaku Remaja Perokok

Asal mula remaja ingin merokok karena Rasa ingin tau terhadap rokok itu sendiri dan juga karena dorongan teman bermainnya yang mulai mengajarkan merokok. Rokok pertama itu lah yang banyak membuat para Remaja menjadi perokok yang aktif karena rasa ingin merokok lagi dan ingin terus. Remaja merokok juga karena ingin terlihat keren dan gaul dimata teman teman mereka.

Intensitas Perokok Remaja akan selalu meningkat sesuai dengan perkembangannya, Jika dalam perkembangannya dia berteman dengan orang orang yang tidak merokok maka kebiasaan merokok tersebut dapat hilang namun jika sebaliknya maka kebiasaan merokok akan berjalan terus bahkan hingga dewasa. Dengan ketergantungan Nikotin ini para remaja akan selalu ingin menghisap rokok baik itu membeli, meminta, bahkan mencuri.

Di daerah saya sendiri ( Tanah Grogot ) kurang lebih saya menjumpai 20 Anak yang merokok di dekat saya. Usia perokok Anak anak biasanya berusia 11-15 tahun. Dengan usia yang masih belia mereka sangat mudah terpengaruh dengan teman sebayanya. Disini lah peran orang tua untuk mengawasi anak mereka dalam bergaul. Jujur saya juga seorang perokok aktif yang diawali dengan coba coba.

Stop Smoking

Awal saya mulai merokok adalah saat saya duduk di bangku SMP yaitu saat saya kelas 3 SMP kurang lebih usia saya 15 tahun. saya melihat teman teman saya merokok saat ada tugas kelompok bersama disitulah saya ditawarkan oleh teman dan disitu pula awal mula saya mulai merasa bahwa rokok dapat membuat saya tenang.

  • Tipe Prilaku Merokok
  1. Prepatory, Yaitu seseorang mendapatkan gambaran yang menyenangkan tentang rokok baik dari Mendengarkan, Membaca, atau Melihat.
  2. Initiation, Yaitu tahapdimana Remaja tersebut ingin terus merokok atau tidak setelah dia mencobanya.
  3. Be Coming Smoker, Yaitu Jika seseorang telah menghisap sebanyak kurang lebih 4 batang dalam sehari maka seseorang tersebut dapat menjadi perokok yang aktif.
  4. Maintance Of Smoking, Yaitu rokok sudah menjadi kebutuhan yang wajib terpenuhi untuk mendapatkan efek Fisiologis yang menyenangkan.
Klasifikasi Perokok Menurut Para Ahli
  1. Perokok Berat, yaitu yang menghisap sekitar 15 batang atau lebih dalam sehari
  2. Perokok Sedang, Yaitu yang menghisap 4-16 batang perhari
  3. Perokok Ringan, Yaitu yang menghisap 1-4 batang dalam sehari
Beberapa Pengaruh Remaja Mulai Merokok
  • Orang Tua
Beberapa remaja perokok adalah dari keluarga yang kurang harmonis atau kurang bahagia sehingga anak menjadi bebas dan kurang perhatian dari orang tuanya. Faktor orang tua yang perokok juga menjadi pengaruh buruk terhadap anak nya yang dekat dengan nya.
  • Teman
Pengarus teman adalah faktor yang menurut saya adalah faktor utama karena saya mulai merokok juga karena Faktor teman bukan karena orang tua. Semakin banyak teman seorang remaja yang merokok maka semakin besar pula kemungkinan anak tersebut untuk mulai merokok.
  • Pribadi Sendiri
Dengan sifat remaja dengan rasa ingin tau yang tinggi mereka sangat mungkin untuk mulai mencoba menghisap sebatang rokok. Selain karena rasa ingin tahu juga karena ingin terlihat keren dan gaul dimata teman teman dan lawan jenisnya. karena mereka beranggapan Merokok adalah lambang kejantanan dan glamour.
Sangat banyak dampak buruk dari rokok ini, Pasti anda sudah tidak asing lagi dengan kata kata seperti ini “Merokok dapat menyebabkan kanker, Jantung, Impotensi, Gangguan kehamilan dan Janin.” kata kata tersebut terletak dibelakang bungkus rokok. Rokok pada saat ini sudah terdapat gambar gambar efek dari merokok namun tetap saja tidak berpengaruh besar terhadap prilaku merokok itu sendiri.

Pesan saya jika anda merokok maka segeralah berhenti karena rokok akan membunuhmu dan jika anda bukan perokok dan ada niat untuk mencoba maka saya sangat tidak menganjurkannya. Say No To Smoking.

Mungkin hanya itu yang dapat saya berikan semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi bacaan untuk teman, Kerabat, atau keluarga anda untuk memulai berhenti merokok. Jika ada kekurangan dalam artikel ini silahkan anda menambahkan pada kolom komentar yang tersedia, Terima Kasih.