Skill Wajib Seorang Freelancer Yang Harus Kamu Miliki

Skill Wajib Seorang Freelancer – Halo Indonesian Blogger, Saya Abdul Muhajir; Dengan semakin majunya perkembangan dunia sekarang ini, Kerja tidak melulu pergi kekantor setiap hari senin sampai dengan jumat, Mulai jam delapan pagi hingga sore menjelang malam.

Terutama bagi kaum milenial seperti saat ini, Dimana tidak terlalu suka dengan pekerjaan yang mengikat. Jadi salah satu solusinya adalah dengan menjadi Freelancer. Anak milenial lebih menyukai pekerjaan yang fleksibel alias bisa bekerja dimana saja seperti freelancer contohnya.

Freelancer jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah pekerja lepas. Artinya pekerjaan paruh waktu atau lebih tepatnya adalah seseorang yang bekerja sendiri tanpa berkomitmen atau terikat pada sebuah perusahaan atau kantor.

Kenapa menjadi freelancer itu menyenangkan ? Salah satu alasannya adalah yang saya sebut diatas “Tidak ada Komitmen” selain itu juga anda bisa mengatur jadwal bekerja untuk anda sendiri. Beberapa bidang yang sering dimanfaatkan para freelancer adalah :

  • Website Developer
  • Programmer
  • Marketing
  • Penulis
  • Editing
  • Dan lain sebagainya

Perlu diketahui juga, Seorang freelancer bukanlah pekerja serabutan tanpa memiliki keahlian apapun dalam bidangnya. Seorang freelancer tetaplah orang yang memiliki kemampuan yang mumpuni dalam suatu bidang tertentu.

Namun untuk menjadi seorang freelancer itu tidak semudah bayangan yang ada dipikiran anda. Anda juga butuh pengalaman yang baik dalam bidang yang ingin anda ambil. Karena biasanya perusahaan yang mencari freelancer akan lebih memilih orang yang berpengalaman.

Baca Juga : Panduan Cara Mendapatkan Endorse Di Sosial Media

Selain “Pengalaman” ada beberapa aspek lagi yang perlu anda ketahui sebelum benar benar terjun menjadi seorang freelancer. Seperti judul yang saya tulis “Skill Wajib Seorang Freelancer” berikut ini beberapa skill atau kemampuan yang harus anda miliki:

Skill Wajib Seorang Freelancer

1. Mengatur Jadwal Jam Kerja

Hal pertama yang wajib anda miliki adalah skill untuk mengatur jadwal kerja anda sendiri. Jangan karena anda bekerja sendiri lantas berfikir ah nanti saja kerjainnya masih ngantuk. Setiap client itu menentukan tenggat waktu  juga untuk pekerjaan yang diberikan kepada anda.

Itulah mengapa anda tetap harus memiliki jadwal sendiri dalam bekerja sebagai freelancer. Bukan berarti bebas seenak jidat dalam bekerja, Mentang mentang anda yang buat jadwal lalu bisa seenaknya melanggar jadwal yang anda buat sendiri.

Buatlah jadwal apa saja yang perlu anda lakukan hari ini atau 7 hari kedepan atau bahkan juga untuk bulan ini. Jika ingin jadwal yang lebih detail anda bisa menambahkan jam berapa anda mulai bekerja, jam berapa anda bisa pergi keluar dan jam berapa anda harus istirahat.

2. Lebih Dekat Dengan Internet

Untuk menjadi seorang freelancer anda tidak bisa jauh jauh dari yang namanya internet. Karena biasanya di Internet lah bagaimana calon client bertemu dengan anda sebagai freelancer. Sebuah perusahaan atau usaha juga biasanya akan mencari freelancer dari Internet.

Baca Juga : Mengapa Ragu Jadi Berbeda Dari Orang Lain

Maka sebaiknya anda selalu terkoneksi dengan internet, agar anda dapat mengetahui peluang kerja apa saja yang tersedia hari ini yang sesuai dengan bidang yang anda minati. Jangan malas untuk membuka email anda, karena client yang tertarik dengan anda akan mengirimi anda email bukan sms.

3. Memiliki Inisiatif Yang Tinggi

Walaupun anda bekerja dirumah dan tidak saling bertatap muka dengan client, namun anda tetap harus memiliki inisiatif yang tinggi, contohnya jika anda tidak paham dengan apa yang diinginkan client maka bertanyalah. Jangan buat client anda kecewa menggunakan jasa anda.

Terkadang client juga akan bersikap seolah olah ia paham segalanya. Walaupun begitu, anda sebagai seorang yang memang profesional dibidang itu juga harus bisa menghargai pendapat client anda. Berikan masukan atau ide ide anda kepadanya, jika ditolak pun tidak masalah.

4. Menentukan Bayaran Sesuai Kemampuan

Point ini juga bisa saya bilang sangat penting, karena berurusan dengan bayaran anda sebagai freelancer. Jika anda masih pemula dalam suatu bidang maka jangan mematok harga yang terlalu tinggi. Namun jika sudah memiliki jam terbang maka anda bisa menaikan bayaran anda.

Jika sudah memiliki jam terbang yang cukup banyak, pastinya dibarengi dengan meningkatnya skill anda dalam bidang tersebut. Saat inilah anda sudah bisa mulai meningkatkan bayaran yang anda ajukan kepada client. Analoginya gini deh:

Siapa sih orang yang mau bayar orang 5 juta untuk jadi supir tapi tidak bisa menyetir, gak ada yang mau kan ? Rugi lah, sudah bayar mahal tapi resikonya mati kecelakaan. Jadi intinya semakin tinggi pengalaman anda maka semakin tinggi juga kemampuan anda.

Baca Juga : Mengubah Hobi Sebagai Bisnis Untuk Menghasilkan Uang

5. Sesuaikan Pekerjaan Yang Diambil

Kebiasaan buruk beberapa freelancer, terutama yang baru saja memulai adalah mengambil semua jenis pekerjaan karena ingin menghasilkan banyak rupiah dengan waktu singkat. Padahal belum tentu ia sanggup dan belum tentu ia ahli atau mampu dibidang itu.

Itulah beberapa Skill Wajib Seorang Freelancer yang wajib anda miliki, Dengan seiring jam terbang anda di dunia freelance pasti anda akan menemukan skill skill lain yang mampu menambah pengetahuan dan kemampuan anda. Tidak terlalu sulit bukan ?

Sekian artikel Skill Wajib Seorang Freelancer ini, semoga dapat bermanfaat untuk anda dan silahkan di share keteman teman lainnya agar lebih memberi manfaat kepada banyak orang. Selalu semangat guys dan apapun pilihan karirmu, tetap lakukan yang terbaik.

Share Article
Tags: