/ / Strategi Bisnis untuk Menghadapi Era Digital yang Ketat
Tips Bisnis

Strategi Bisnis untuk Menghadapi Era Digital yang Ketat

strategi bisnis di era digital
Strategi Bisnis di Era Digital

Saat ini kita telah berada di era digital, dimana semua bentuk transaksi bisa dilakukan tanpa repot. Dalam pengertian ini, sebagai wirausahawan Anda memiliki peluang besar untuk mengembangkan strategi bisnis Anda.

Ini berarti jumlah kompetitor atau pesaing Anda akan meningkat juga. Maka dari itu, menerapkan strategi bisnis menjadi suatu hal yang dan wajib di terapkan agar bisa tetap bersaing dalam dunia digital.

Namun, pada realitanya tidak semua pelaku bisnis paham dan mau mengikuti, terutama untuk pelaku bisnis yang belum melek teknologi. Banyak dari mereka belum melakukan perubahan dan akhirnya omzetnya menurun.

Era digital, yang harusnya menjadi peluang, malah menjadi ancaman bagi mereka. Maka diperlukan suatu langkah perubahan, salah satunya melalui strategi bisnis.

Strategi Bisnis untuk Menghadapi Era Digital

Apakah Anda sudah bersiap dengan strategi bisnis untuk menghadapi persaingan ini? Jika belum, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk membantu bisnis berkembang sukses di era digital.

Manfaatkan Kecanggihan Teknologi

Era digital tak terlepas dari yang namanya teknologi. Sehingga menjadi sangat penting untuk memanfaat kecanggihan teknologi dalam strategi bisnis. Anda pun pasti telah menggunakan teknologi.

Entah itu memanfaatkan kartu elektronik, pesan makanan secara online, dan sebagainya. Jadi sebenarnya tanpa sadar Anda sudah menggunakan teknologi. Tinggal menerapkan itu ke bisnis Anda.

Padahal, teknologi bukanlah sesuatu yang membingungkan manusia, teknologi dirancang untuk membantu dan memudahkan tindakan manusia. Jadi, mulailah memanfaatkan teknologi dalam bisnis Anda.

BACA JUGA: Bisnis Online vs Offline, Mana yang Lebih Menguntungkan?

Misalnya anda bisa melakukan aktivitas internet marketing atau bisa juga melakukan pembukuan dengan menggunakan komputer dan banyak hal lainnya.

Strategi Bisnis di Media Sosial

Di Indonesia banyak pengguna media sosial seperti Twitter, Instagram, Facebook, Line, dll. Bahkan data terakhir yang kami lihat sekitar 64% penduduk Indonesia itu sudah memiliki media social.

Data tersebut tentu saja bisa menjadi pemicu utama mengapa Anda harus memanfaatkan media sosial. Jadikan media sosial ini sebagai satu alat untuk menerapkan strategi bisnis.

Media sosial bisa Anda terapkan langsung melalui strategi pemasaran bisnis Anda. Selain murah, penggunaannya juga mudah.

Anda tidak memerlukan keahlian khusus untuk menggunakan media sosial, tetapi Anda dapat memasarkan produk atau layanan Anda.

Anda juga dapat memanfaatkan media sosial untuk membuat konten-konten yang menarik. Dengan begitu, secara tidak langsung Anda mengumpulkan banyak followers yang berpotensi jadi pembeli.

Menggunakan Digital Marketing

Selain media sosial, Anda juga bisa menerapkan digital marketing. Pemasaran digital atau digital marketing adalah kegiatan promosi suatu merek atau produk/layanan yang menggunakan sarana elektronik atau digital.

Apabila Anda sangat awam dalam dunia digital marketing, Anda tidak perlu khawatir. Ada banyak sekali penyedia layanan/jasa digital marketing di Indonesia. Salah satunya adalah IDBlog Media.

Para penyedia jasa ini akan membantu Anda melakukan research, optimasi, dan menerapkan strategi yang tepat untuk bisnis Anda. Sehingga, Anda tidak perlu lagi pusing dan ribet.

Kompatibel dengan Perangkat Seluler

Anda juga harus memperhatikan banyaknya pengguna smartphone dan perangkat lainnya. Sangat di perlukan bagaimana bisnis Anda bisa tampil sempurna pada berbagai perangkat khususnya smartphone.

Dengan tampilan yang responsive dan mobile friendly, maka membuka peluang yang lebih besar untuk toko Anda di sambangi banyak orang. Selain itu, mereka juga akan menghabiskan banyak waktu.

BACA JUGA: 5 Alasan Mengapa Anda Perlu Memiliki Website

Maksudnya, mereka akan di permudah dalam menjelajah di toko online Anda. Karena tidak perlu membuka laptop atau PC untuk menjelajah di toko Anda. Semakin repot pembeli, mereka pasti akan kabur.

Triknya, tentu saja, adalah membuat situs web Anda ramah seluler atau mobile friendly. Kemudian atur informasi di situs web Anda agar selalu mutakhir, menarik, dan tampak segar.

Strategi Bisnis dengan Memberikan Inovasi

Sudah bukan rahasia lagi bahwa salah satu strategi bisnis agar bisa tetap berkembang dan bertahan adalah dengan berinovasi. Pada hakikatnya, dunia ini sangat cepat sekali mengalami perubahan.

Oleh karena itu, diperlukan inovasi agar dapat bersaing dengan kompetitor Anda. Salah satu caranya adalah membuat produk yang unik dan berbeda dari kebanyak bisnis lainnya.

BACA JUGA: Strategi untuk Meningkatkan Penjualan

Meskipun terkesan sepele, tapi pada kenyataan membuat inovasi bukanlah hal yang mudah. Terkadang kita sudah membuat satu inovasi baru, bukannya jadi untuk tapi malah tidak di butuhkan masyarakat.

Sehingga dalam berinovasi, tidak ada ilmu pastinya. Semua kemungkinan bisa saja terjadi, tetaplah berproses yang terbaik, Anda pasti bisa menciptakan inovasi yang sangat keren.

Tawarkan layanan terbaik Anda

Seperti yang kita ketahui adalah kepuasan konsumen merupakan target atau pencapaian berharga bagi seorang pebisnis. Tidak hanya untuk bisnis offline, hal ini juga berlaku untuk dunia digital.

BACA JUGA: Elemen Penting Social Media Marketing, WAJIB TAHU!

Apabila Anda bisa memanfaatkan peluang ini dengaN baik, maka Anda akan sangat bisa memberikan layanan terbaik Anda kepada pelanggan. Dan tentu saja dengan biaya yang jauh lebih terjangkau.

Penutup

Itulah dia beberapa strategi bisnis yang dapat Anda terapkan agar bisnis Anda bisa bertahan dan berkompetisi dengan bisnis yang lainnya. Semoga dapat bermanfaat dan silahkan di share agar lebih bermanfaat lagi.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *